Ragam Khasiat Minyak Lavender untuk Masalah Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi minyak lavender. Pixabay.com

Ilustrasi minyak lavender. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minyak essensial dari Lavender, Lavendula angustifolia, memiliki banyak manfaat untuk kulit. Minyak lavender dapat digunakan langsung pada kulit tanpa perlu diencerkan. Selama tidak gunakan pada bayi, ibu hamil, orang tua, atau alergi terhadap Lamiaceae yang mencakup rosemary, thyme, dan basil.

Baca juga: Hati-hati Menggunakan Minyak Kelapa untuk Kulit Berjerawat

Lavender juga merupakan antiseptic alami, dengan sifat antivirus yang membantu membersihkan kulit dari kotoran. Dengan sifat anti-inflamasi dan analgesik, tanaman berbunga ini dapat meredakan pengelupasan akibat terbakar sinar matahari, kista, dan tanda-tanda stres. Melansir laman Bustle, berikut ini beberapa manfaat yang didapat dengan memakai minyak lavender.

#1. Sengatan lebah
Mengoleskan minyak lavender pada kulit yang tersengat lebah dapat meredakan rasa gatal dan peradangan yang menyakitkan. Encerkan terlebih dulu jika Anda tidak nyaman menggunakannya langsung pada luka. Campur dengan minyak kelapa untuk menenangkan kulit yang terluka.

#2. Jerawat
Meskipun tidak diragukan lagi minyak lavender berkhasiat untuk jerawat yang parah. Jika Anda suka memakai minyak wajah di malam hari, tambahkan minyal lavender. Ini untuk memberikan beberapa sifat antiseptik yang akan membuka pori-pori yang tersumbat, juga membersihkan noda pada wajah.

#3. Pelembab rambut
Minyak lavender adalah salah satu dari beberapa minyak yang bisa digunakan ketika membuat conditioner sendiri. Minyak ini akan membersihkan, melembutkan, dan menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Menurut banyak sumber, termasuk University Of Maryland Medical Center, minyak lavender tampaknya memiliki potensi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut pada pasien alopecia.

#4. Facial mist
Facial mist sangat bagus digunakan saat kulit Anda merasa dehidrasi atau berminyak. Tambahkan minyak lavender dengan air sebagai face mist, simpan dalam botol semprot berwarna dan semprotkan saat membutuhkan. Ingat, aturan memakai lavender adalah 20 tetes untuk dua ons air untuk face mist ini.

#5. Mengobati luka
Tidak hanya membersihkan luka, tapi juga acara alami untuk menghentikan pendarahan dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka. Encerkan minyak lavender, lalu oleskan pada luka terbuka. Selain menurunkan peradangan, disinfeksi, juga menyembuhkan tanpa meninggalkan jaringan parut.

#6. Membersihkan rambut
Tambahkan beberapa tetes minyak lavender untuk membersihkan rambut secara rutin. Aroma lembut Lavender akan sangat menyenangkan pada rambut. Selain itu menjadi desinfektan kulit kepala dari minyak dan kotoran tanpa mengeringkan.

#7. Mengobati luka bakar kecil
Gunakan minyak lavender pada luka bakar seperti sengatan matahari, kulit pun akan mulai mengelupas. Lavender memiliki sifat menenangkan pada luka bakar.

#8. Eksim
Eksim adalah suatu kondisi kulit kering, gatal, meradang, dan sering juga muncul dengan bercak-bercak hitam, yang sering disebabkan oleh bakteri dan ragi sebagai lawan faktor eksternal. Lavender menjadi anti-inflamasi, antibakteri, dan menenangkan eksim.

#9. Penangkal serangga
Minyak lavender sangat luar biasa menangkal serangga. Essential oil dapat diserap ke dalam aliran darah melalui kulit sangat cepat dan tetap selama beberapa jam. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."