7 Arti Bunga Matahari dan Makna yang Tersimpan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Pengunjung berfoto dengan sebuah piano di tengah hamparan bunga matahari dalam Festival Bunga Matahari di Davis Family Farm, Caldedon, Ontario, Kanada, 2 Agustus 2021. Ribuan bunga matahari ini bermekaran di area perkebunan seluas 18,2 hektare. Xinhua/Zou Zheng

Pengunjung berfoto dengan sebuah piano di tengah hamparan bunga matahari dalam Festival Bunga Matahari di Davis Family Farm, Caldedon, Ontario, Kanada, 2 Agustus 2021. Ribuan bunga matahari ini bermekaran di area perkebunan seluas 18,2 hektare. Xinhua/Zou Zheng

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bunga matahari mampu memiliki warna kuning terang cerah dan memberikan kesan sangat indah untuk dipajang atau ditanam. Selain indah, ternyata ada beberapa arti bunga matahari serta filosofi yang positif di balik bunga itu loh. 

Berikut 7 arti bunga matahari dan makna yang tersimpan di dalamnya khusus untuk sahabat Cantika.

1. Keceriaan 

Baca Juga:

Filosofi bunga matahari dapat memberikan keceriaan bagi yang melihatnya. Dengan warna yang cerah serta bau yang harum, siapapun yang menanam ini di pekarangan rumah maka otomatis hidupnya juga akan penuh keceriaan. Dengan kelopaknya yang besar, dapat memberikan rasa kekaguman dan kehangatan yang tulus.

2. Simbol Keberuntungan

Dalam budaya Cina, makna bunga matahari melambangkan keberuntungan dan kebahagiaan abadi. Itulah sebabnya tumbuhan ini sering diberikan pada acara wisuda atau acara perayaan lainnya.

3. Loyalitas

Bunga matahari melambangkan loyalitas atau kesetiaan karena tumbuhan ini selalu mengikuti arah matahari. Setiap pagi, menghadap ke sisi timur mengikuti arah matahari. Sedangkan pada sore hari akan berotasi ke mengikuti terbenamnya matahari. 

4. Harapan

Baca Juga:

Dilansir dari lellavictoria.com, fakta bahwa bunga ini selalu menghadap ke arah matahari dapat menjadi simbol memiliki kepercayaan kepada Tuhan yang besar. Hal itu mengingatkan kita untuk selalu melihat cahaya bahkan di saat-saat sulit sekalipun. Terus bertahan dan yakin bahwa akan selalu ada harapan dan tanpa sadar keadaan sulit tersebut akan terlewati.

Ilustrasi perempuan mencium bunga matahari. Unsplash.com/Thought Catalog

5. Panjang Umur

Selain loyalitas, arti dari bunga matahari pada budaya China juga melambangkan panjang umur. Karena tumbuhan dengan nama ilmiah Helianthus annuus ini tahan lama dari kekeringan karena memiliki sistem akar yang luas.

6. Arti Bunga Matahari Dalam Cinta

Menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan kepada orang yang dicintai karena latar belakang kisah mitologi Yunani. Bercerita tentang kisah cinta seorang dewa matahari dengan dewi bernama Clytie. Berawal dari sang dewa berpaling dan mencintai dewi lain bernama Leucothoe dan membuat Clytie cemburu lalu melaporkan hal tersebut kepada ayah Leucothoe. Sebagai hukuman, ayah Leucothoe mengubur anaknya hidup-hidup.

Sang dewa tentu sangat marah kepada Clytie, hingga Clytie merasa bersalah sangat dalam. Karena rasa bersalahnya itu, Clytie terus duduk dan terus-menerus menatap ke arah sinar matahari, sampai akhirnya Dia berubah menjadi bunga matahari yang selalu mengikuti sinarnya setiap hari. Itulah mengapa tumbuhan ini dapat melambangkan kesetiaan yang sangat cocok untuk diberikan kepada orang yang kamu cintai.

7. Arti Bunga Matahari untuk Sahabat

Bunga matahari bisa menjadi pilihan tepat sebagai hadiah untuk sahabat tercinta. Makna bunga matahari menunjukkan bahwa layaknya bunga matahari yang mempunyai warna cerah dan terang merupakan bentuk rasa syukur kepada sahabat yang selalu menerangi duniamu dan juga kesetiaan, yaitu menunjukkan bahwa kamu akan selalu berada di sisinya dalam keadaan apapun. Dijamin Dia akan langsung suka dan terharu ketika diberikan hadiah ini. 

Baca: Kiat Menanam dan Merawat Bunga Matahari

LINTANG OLIVIA | FLOWERADVISOR | BLOOMANDWILD | LELLAVICTORIA

Iklan

Berita Terkait

Berita terkait tidak ada


Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."