Manfaat Sarung Bantal Sutra untuk Kulit dan Rambut, Bisa Bantu Cegah Kerutan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kain sutra. Foto: Freepik/devmaryna

Ilustrasi kain sutra. Foto: Freepik/devmaryna

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meskipun katun adalah pilihan kain sarung bantal yang populer di pasaran, sarung bantal sutra memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut. Sarung bantal sutra mendukung kesehatan rambut dan kulit dengan memberikan efek pendinginan alami serta mengurangi gesekan. Selain itu, sarung bantal sutra juga baik untuk pemilik kulit sensitif.

“Sutra secara alami bersifat hipoalergenik, sehingga sangat bagus untuk mereka yang memiliki kulit sensitif, eksim, atau rentan alergi,” kata Lauren Penzi, dokter kulit bersertifikat dikutip dari Real Simple, Senin, 11 Maret 2024.

Sarung bantal sutra juga lebih baik dalam menyerap kelembapan. Bonus tambahannya, kain sutra memiliki kesan lembut dan mewah. Yuk, kita kulik manfaat memakai sarung bantal sutra untuk kulit dan rambut.

Manfaat Sarung Bantal Sutra untuk Kulit

1. Mencegah Kerutan 

Salah satu manfaat memakai sarung bantal sutra adalah membantu mencegah kerutan. “Sebagai bahan yang halus dan lembut, sutra meminimalkan gesekan pada kulit, yang berarti lebih sedikit tarikan, serta lebih sedikit gaya abrasif pada kulit. Hipotesis inilah yang membuat sarung bantal sutra baik dalam mencegah pembentukan kerutan,” kata Brendan Camp, dokter kulit bersertifikat.

2. Mengurangi Pembentukan Jerawat

Dengan memakai sarung bantal sutra, wajah tetap sejuk sekaligus mengurangi gesekan antara kulit dan bantal, sehingga dapat mengurangi risiko jerawat.

Baca Juga:

“Lebih sedikit keringat dan minyak yang terserap, [berarti] lebih sedikit bakteri yang dapat tumbuh di sarung bantal Anda. Hal ini berpotensi membantu mengatasi jerawat. Selain itu, pengurangan gesekan dan peradangan yang disebabkan oleh sarung bantal sutra dapat membantu mencegah memburuknya jerawat awal,” ucap dokter Penzi .

3. Kulit Terhidrasi

Banyak faktor di luar kendali yang dapat menyebabkan kulit terasa kering. Namun kita bisa mencegahnya dengan menggunakan sarung bantal sutra di malam hari. Menurut dokter Camp, bahan sutra menjaga kulit tetap terhidrasi karena menyerap lebih sedikit kelembapan dibandingkan sarung bantal katun.

Manfaat Sarung Bantal Sutra untuk Rambut

Sarung bantal sutra memiliki banyak manfaat untuk rambut Anda. Sebagai permulaan, lebih sedikit gesekan berarti lebih sedikit rambut kusut. Yuk, kita simak detailnya.

1. Rambut Bebas Kusut

Ucapkan selamat tinggal pada rambut kusut saat bangun tidur dengan sarung bantal sutra. “Permukaan sutra yang halus membatasi tarikan dan puntiran batang rambut saat Anda tidur. Hal ini berarti lebih sedikit rambut yang tercabut, lebih sedikit simpul, dan lebih sedikit kerusakan,” jelas Dr. Camp.

2. Bikin Rambut Lembut

Sarung bantal sutra juga bisa membuat rambut lebih lembut dan halus. “Sarung bantal sutra menyerap lebih sedikit kelembapan, sehingga dapat membantu mencegah rambut Anda mengering dan membantu mempertahankan minyak alaminya,” kata dokter Penzi.

3. Mendukung Rambut Kuat

Secara keseluruhan, kesehatan rambut jauh lebih kuat dengan memakai sarung bantal sutra. Dengan berkurangnya gesekan, helaian rambut Anda tidak rusak saat Anda berguling-guling saat tidur.

Pilihan Editor: 7 Kunci Perawatan Kulit Sensitif, Hindari Bahan Kimia Keras dan Melembapkan 

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."