Benarkah Perawatan Wajah Asal Korea Ini Pakai Sperma Salmon?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Industri perawatan kulit, khususnya wajah terus berinovasi dengan bahan-bahan yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Contoh, serum dari lendir bekicot, perawatan wajah vampire facial, cryotherapy, dan masker wajah magnetis. Tak berhenti di situ, ada pula perawatan wajah sperma salmon atau juga dikenal Rejuran SkinBooster dari Korea Selatan. 

Popularitas perawatan kulit tersebut kian disorot setelah aktris Jennifer Aniston—yang tetap berseri-seri di usia 55 tahun—mengatakan telah menerima perawatan wajah tersebut. Dia mengatakan kepada Vanity Fair bahwa dia selalu siap bereksperimen dalam hal kecantikan.

“Meskipun Jennifer Aniston mungkin telah menempatkan Rejuran SkinBooster dalam sorotan, Rejuran sebearnya telah menjadi salah satu perawatan estetika terbaik di Asia selama lebih dari 10 tahun,” kata Eunice Park, ahli bedah plastik wajah dan rekonstruksi wajah bersertifikat ganda di New York, Amerika, dikutip dari Real Simple, 9 Juni 2024.

Apa Itu Perawatan Wajah Sperma Salmon?

Oke, jadi apa sebenarnya perawatan wajah sperma salmon itu? Apakah benar ada sperma salmon di dalamnya? Dan apa manfaat perawatan kulit itu?

“Rejuran mengandung polinukleotida (PN), komponen DNA yang diekstraksi dari salmon,” kata dokter Park memberi tahu kami. Dengan kata lain, ini bukanlah sperma salmon yang sebenarnya, melainkan bahan yang lebih halus yang berasal dari bahan tersebut.

“Sebagai salah satu skin booster nomor satu di Korea, perawatan ini menghidrasi kulit secara intens dari dalam sekaligus menstimulasi produksi kolagen alami tubuh untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit secara efektif,” ucapnya.

Manfaat Perawatan Wajah Sperma Salmon

- Meningkatkan kadar asam hialuronat

- Meningkatkan kadar fibroblas kulit

- Merangsang produksi kolagen baru

- Memperbarui dan menghaluskan tekstur kulit

- Memperbaiki kerusakan sel

- Menciptakan cahaya glowing yang didambakan

Skin Booster Semakin Diminati

Perawatan wajah Rejuran sperma salmon hanyalah salah satu jenis skin boosters yang bisa Anda dapatkan. Kategori ini sudah sangat besar di Korea Selatan, dan juga menjadi lebih umum di Amerika Serikat dan budaya barat.

“Perawatan ini meningkatkan kualitas dan penampilan kulit secara keseluruhan dengan menghidrasi, merevitalisasi, dan meningkatkan tekstur dan warna kulit,” kata dokter Park. Perawatan tersebut sering digunakan untuk mengatasi masalah seperti kekeringan, garis-garis halus, kusam, dan warna kulit tidak merata.

Skin booster dapat dikategorikan sebagai topikal atau suntik. Booster suntik disuntikkan langsung ke kulit dengan jarum, sebuah teknik yang saat ini lebih umum dilakukan di Asia dan lebih baik bagi mereka yang sudah mencoba versi topikal.

Variasi topikal, sebaliknya, diterapkan langsung di atas kulit melalui serum atau gel setelah perawatan microneedling atau laser yang membantu “membuka” penghalang kulit. Hal ini memungkinkan penyerapan dan penetrasi booster terkonsentrasi lebih dalam.

Perawatan SkinBooster topikal biasanya dimulai dengan mengoleskan krim wajah yang mematikan rasa, yang membantu meminimalkan ketidaknyamanan akibat microneedling atau laser. Kemudian dilakukan perawatan yang dilanjutkan dengan pengaplikasian SkinBooster. Waktu hentinya minimal—sekitar satu atau dua hari dengan kemerahan ringan dengan instruksi untuk tidak memakai riasan atau produk perawatan kulit lainnya selama 24 jam.

Jika Anda tidak menyukai perawatan wajah sperma salmon, SkinBooster populer lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah exosome. Dokter Park menjelaskan bahwa nanopartikel ini dilepaskan oleh hampir semua sel dalam tubuh manusia. “Exosome mengandung lipid, protein, asam amino, peptida dan faktor pertumbuhan,” katanya.

Anda dapat menganggap kandungan tersebut sebagai pembawa pesan yang mengirimkan sinyal ke sel, memicu sel untuk beregenerasi dan mendorong proses penyembuhan alami tubuh. Manfaat perawatan ini adalah mempercepat regenerasi kulit, memicu proses penyembuhan alami tubuh, mengurangi waktu henti prosedur, dan meningkatkan hasil perawatan Anda.

Apakah Anda tertarik mencoba perawatan wajah sperma salmon seperti Jennifer Aniston?

Pilihan Editor: Tips Merawat Kulit dengan Metode Skin Booster yang Aman, Perhatikan Bahan Aktifnya

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."