5 Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan untuk Liburan Keluarga, Ada Curug Putri hingga Kebun Buah Naga Kuning

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Curug Putri. Instagram

Curug Putri. Instagram

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kuningan bisa menjadi salah satu pilihan destinasi liburan sekolah tahun ini. Didukung dengan alam yang indah, Kabupaten di Jawa Barat ini memiliki banyak tempat wisata yang memberikan pengalaman berbeda.

Kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata air di tengah hutan yang asri. Dari air terjun, danau, hingga perkebunan, inilah tempat wisata di Kuningan untuk liburan keluarga. 

1. Telaga Biru Cicerem 

Telaga Biru Cicerem. Shutterstock

Berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Telaga Biru Cicerem banyak dikunjungi wisatawan karena penampakannya yang unik. Telaga ini memiliki air jernih berwarna kebiru-biruan, memperlihatkan kehidupan di dalamnya. Di dalam danau ini hidup ikan-ikan berwarna putih, oranye, dan hitam yang terlihat indah. 

Sambil menikmati keindahan alam dan udara yang sejuk, pengunjung bisa menikmati ragam aktivitas di tempat ini. Ada beberapa pilihan aktivitas, seperti bermain ayunan di atas air, naik perahu, dan untuk anak-anak tersedia taman bermain untuk anak. 

2. Curug Putri 

Masih bermain dengan air, di Kuningan juga terdapat air terjun Curug Putri yang berada di kaki Gunung Ciremai. Berada di kawasan Cisantana, Cigugur, air terjun ini menyuguhkan suasana yang masih sangat asri dengan air yang segar. Di Curug Putri, pengunjung bisa menikmati suasana alam yang damai dengan suara kicau burung, desiran angin, percikan air yang lembut. 

3. Desa Wisata Cibuntu

Desa Wisata Cibuntu berada di Kecamatan Pasawahan. Desa Wisata terbaik tingkat ASEAN untuk bidang homestay pada tahun 2016 dan menjadi juara kedua Desa Wisata Terbaik dalam penghargaan bergengsi Community Based Tourism (CBT) pada tahun 2017 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Berada di kaki Gunung Ciremai, desa ini memiliki beberapa spot menari seperti Air Terjun Gongseng yang tingginya mencapai 20-25 meter ini. Air terjun ini memiliki kolam yang bisa digunakan untuk berenang atau sekadar main air.

Di sini juga terdapat situs cagar budaya Bujal Dayeuh. Situs ini memiliki beberapa peninggalan purbakala seperti peti kubur batu dan kapak genggam. 

4. Kebun Buah Naga Kuning

Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mengenalkan destinasi wisata baru yakni kebun buah naga kuning. Destinasi agrowisata ini berada di Desa Sangkanhurip, Kuningan, yang memiliki sekitar 4.500 pohon buah naga kuning pada lahan seluas 2,5 hektare.

Buah naga kuning tergolong varietas langka serta masih jarang diketahui oleh masyarakat dibandingkan buah naga merah. 

5. Situ Walukut

Situ Walukut disebut-sebut memiliki keindahan yang sama dengan Danau Ranu Kumbolo yang berada di kawasan Gunung Semeru, Jawa Timur. Berada di Desa Kertayuga Kecamatan Nusaherang, Situ Wulukut mempunyai luas 1,2 hektare yang berada di wilayah Perum Perhutani Kabupaten Kuningan. 

Awalnya danau ini merupakan sumber air untuk kebutuhan sehari-hari penduduk dan irigasi persawahan di sekitarnya. Namun, karena keindahan alamnya, danau ini banyak dikunjungi. Wisatawan pun semakin banyak yang datang untuk menikmati suasana dan pemandangan danau cantik dikelilingi hutan pinus yang asri. 

Nah, Sahabat Cantika, itulah 5 tempat wisata yang direkomendasikan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Nikmati momen libur sekolah di tengah alam yang indah dan udara yang segar bersama dengan keluarga.

Pilihan Editor: Ulang Tahun DKI Jakarta: Tarif MRT, LRT, dan Transjakarta 1 Rupiah Saja

MILA NOVITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."