Tips Membangun Personal Branding saat Kuliah di Luar Negeri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi mahasiswa. Freepik.com

Ilustrasi mahasiswa. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dengan strategi yang tepat, pelajar internasional atau yang sedang kuliah di luar negeri dapat menggunakan personal branding untuk menemukan pekerjaan impian mereka dan menonjol di pasar kerja internasional.

Personal branding sangat penting bagi pelajar internasional atau sedang kulaih di luar negero karena dapat membantu mereka menonjol dari yang lain dan mencapai tujuan mereka. Personal branding memungkinkan mahasiswa internasional untuk menonjolkan keterampilan dan pengalaman mereka, sehingga memungkinkan mereka membedakan diri dari kandidat lainnya. 

Merek pribadi yang kuat dapat membantu siswa internasional mengartikulasikan kualitas, nilai, dan minat unik mereka sehingga dapat membantu mereka memberikan kesan mendalam pada calon pemberi kerja dan lembaga pendidikan.

Selain itu, personal branding dapat membantu pelajar internasional untuk membangun jaringan dengan orang-orang di bidang studi mereka, membangun reputasi profesional, dan menciptakan peluang bagi diri mereka sendiri. Pada akhirnya, personal branding dapat memberikan siswa internasional keunggulan kompetitif yang mereka butuhkan untuk sukses di pasar global.

Tips Membangun Personal Branding saat Kuliah di Luar Negeri 

1. Memanfaatkan media sosial 

Buat profil profesional di LinkedIn, Instagram, dan platform populer lainnya, dan posting secara teratur tentang pencapaian dan minat Anda.

2. Terhubung dengan para profesional di bidang Anda

Hadiri acara industri lokal dan bergabunglah dengan grup online untuk membangun jaringan dengan orang-orang di bidang studi Anda.

3. Kembangkan keterampilan teknis Anda

Baik itu coding, desain grafis, atau hal lainnya, meluangkan waktu untuk mempelajari dan mengasah keterampilan Anda akan membantu Anda menonjol.

4. Lakukan pekerjaan sukarela atau/dan magang

Menyumbangkan waktu dan keterampilan Anda untuk suatu tujuan atau organisasi yang Anda sukai dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman dan kontak yang berharga. Demikian pula, magang dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman dan jaringan dunia nyata. Lihat peluang magang kami saat ini di sini.

5. Berinvestasi dalam pengembangan profesional

Ikuti kelas, terlibat dalam proyek penelitian, dan dapatkan sertifikasi industri untuk membangun pengetahuan dan keahlian Anda.

4 Alat yang dapat membantu siswa internasional

Berikut adalah beberapa alat yang dapat membantu pelajar internasional membangun merek pribadi mereka secara online:

1. Platform Media Sosial 

Platform seperti Facebook, dan Instagram adalah tempat yang bagus untuk memulai.

2. Platform Blogging

Platform seperti WordPress, Blogger, dan Medium adalah cara yang bagus untuk menyebarkan tulisan Anda. Baik Anda menulis tentang topik yang berkaitan dengan bidang akademis Anda atau sekadar berbagi pemikiran dan pengalaman, blogging bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun diri Anda secara online.

3. Situs Jaringan Profesional

Situs seperti LinkedIn sangat bagus untuk terhubung dengan profesional di bidang Anda dan memperluas basis pengetahuan Anda. Anda juga dapat menggunakannya untuk memamerkan keahlian dan pencapaian Anda serta membuat portofolio untuk menyoroti pekerjaan Anda.

4. Platform Video

Platform seperti YouTube dan Vimeo sangat bagus untuk membuat konten video untuk membagikan pesan Anda kepada dunia. Platform seperti ini juga berguna untuk menunjukkan keahlian dan pengetahuan Anda kepada calon pemberi kerja.

Personal branding adalah alat yang sangat berharga bagi siswa internasional. Ini memberi mereka kesempatan untuk menonjol dalam persaingan, menciptakan identitas profesional, dan menunjukkan keterampilan dan pengalaman mereka. 

Personal branding memungkinkan pelajar internasional untuk menciptakan kehadiran online yang unik, membangun hubungan dengan pemberi kerja dan kontak industri, dan mendapatkan pengakuan yang mereka perlukan agar menonjol di pasar kerja. Hal ini juga memberi mereka kesempatan untuk berjejaring dengan orang-orang yang berpikiran sama, membangun kepercayaan diri, dan memanfaatkan pengalaman unik mereka.

Pilihan Editor: 7 Tips Bekerja Paruh Waktu saat Kuliah di Luar Negeri

INTERNATIONAL EDUCATION SPECIALIST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."