Emas 18 Karat atau 22 Karat, Mana Lebih Baik untuk Investasi?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi aneka perhiasan. Unsplash.com/Tom Quandt

Ilustrasi aneka perhiasan. Unsplash.com/Tom Quandt

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaEmas telah mendapat tempat tersendiri karena keindahan dan keanggunannya yang menakjubkan selama berabad-abad. Logam abadi ini telah digunakan untuk membuat perhiasan menakjubkan yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Namun, tidak semua emas diciptakan sama, karena ada perbedaan besar antara kualitas dan beratnya. Hal ini terutama berdampak pada keputusan pembelian perhiasan banyak orang. Mari kita telusuri emas 18 karat atau emas 22 karat, jenis mana yang lebih baik untuk investasi?

Perbedaan antara emas 18 karat dan 22 karat

Emas 18 karat adalah pilihan perhiasan yang populer karena keseimbangan kemurnian dan daya tahannya. Emas ini memiliki 75 persen emas murni, dicampur dengan 25 persen logam lain seperti seng, perak, dan tembaga. Paduan yang ada memberikan kekuatan dan daya tahan emas dengan tetap menjaga kilau dan keindahannya.

Sebaliknya, emas 22 karat dianggap sebagai emas pilihan berkualitas tinggi yang memiliki tingkat kemurnian 91,67 persen, terdiri dari 22 bagian emas murni dan dua bagian logam lainnya. Bahan ini lebih lembut dan mudah ditempa dibandingkan emas 18 karat dan dikenal karena warnanya yang kaya dan dalam.

Soal kemurnian, komposisi, dan kekuatan

Perbedaan pertama dan utama antara emas 18 karat dan emas 22 karat adalah komposisi serta tingkat kemurniannya. Emas 18 karat mengandung 75 persen emas murni, sedangkan emas 22 karat mengandung 91,67 persen.

Perbedaan tingkat kemurnian ini memberikan karakteristik unik pada setiap jenis emas. Karena tingkat kemurnian 22 karat yang tinggi, emas ini lebih lembut dan mudah dibentuk dibandingkan emas 18 karat. Inilah sebabnya mengapa emas 22 karat menjadi lebih mudah untuk ditekuk dan digores saat membuat perhiasan.

Penampilan dan harga

Dari segi penampilan, emas 18 karat sedikit lebih pucat ketimbang warna kuning emas 22 karat. Perbedaan ini disebabkan oleh persentase emas murni yang lebih tinggi dalam 22K sehingga memberikan warna yang lebih pekat.

Dari segi harga, emas 22 karat lebih mahal dibandingkan emas 18 karat karena tingkat kemurniannya yang tinggi, namun harganya bervariasi tergantung harga pasar emas saat ini dan faktor lain seperti desain dan bentuknya.

Kekuatan dalam membuat perhiasan

Pilihan antara keduanya tergantung pada jenis perhiasan yang dibuat. Jika Anda ingin memilih karya desain rumit yang membutuhkan daya tahan, maka lebih baik memilih 18 karat. Cincin pertunangan atau gelang rumit sebagian besar terbuat dari emas 18 karat.

Namun, jika Anda ingin memiliki desain elegan yang ingin menampilkan keindahan logam dan kekayaan warna, lebih baik memilih emas 22 karat. Kalung, rantai panjang, gelang berat, dan lainnya dapat dibuat dengan emas 22 karat.

Kedua jenis emas ini memerlukan perawatan sehari-hari, Anda cukup merendamnya dalam campuran air hangat dengan deterjen lembut dan menggosoknya dengan sikat lembut agar tetap berkilau.

Namun, untuk penggunaan sehari-hari, emas 18 karat lebih baik karena halus dan juga ringan. Oleh karena itu, jika Anda berencana membeli emas untuk tujuan investasi, maka emas 22 karat adalah yang terbaik karena memiliki nilai intrinsik dibandingkan dengan emas 18 karat dan lebih menguntungkan.

Pilihan Editor: Mau Investasi Emas, Intip Saran Penting dari Ahli Keuangan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."