Cara Mengeluarkan Air dari Telinga, Menurut Dokter Spesialis THT

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Berenang. shutterstock.com

Ilustrasi Berenang. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Baik saat berenang di kolam renang atau mandi dalam waktu lama, telinga kemasukan air mungkin terjadi. Menurut Shawn Nasseri, ahli bedah Telinga, Hidung, Tenggorokan (THT) dan pemimpin dalam bedah sinus yang praktik di Beverly Hills, ketika ada air di telinga, Anda mungkin mengalami pendengaran teredam, atau bahkan sensasi menggelitik tidak nyaman yang menjalar ke rahang dan tenggorokan. Ketidaknyamanan itu bisa membuat Anda tergoda untuk mengambil kapas dan mulai mengeluarkan air dari telinga, tapi tunggu dulu. Metode tersebut justru dapat memperburuk masalah dan bahkan menyebabkan infeksi.

Untuk menghindari komplikasi yang tidak perlu, berikut saran dua dokter THT bagaimana cara mengeluarkan air dari telinga Anda dengan aman dan seefektif mungkin

Cara Mengeluarkan Air dari Telinga

Untuk mengeluarkan air dari telinga Anda tanpa menimbulkan masalah lebih lanjut, cobalah metode yang disetujui para ahli berikut:

1. Goyangkan Daun Telinga 

“Menggoyangkan daun telinga dan menggelengkan kepala dari sisi ke sisi membantu mengeluarkan air dari telinga Anda,” kata dokter Nasseri dikutip dari laman Pop Sugar.

Miringkan kepala Anda ke bawah ke arah sisi yang terdapat air yang terperangkap, pegang daun telinga Anda, dan goyangkan perlahan untuk mencoba mengeluarkan air.

2. Berbaring miring

Cara umum lainnya untuk melepaskan air yang terperangkap dari telinga Anda adalah dengan berbaring dan membiarkan gravitasi melakukan tugasnya.

“Anda bisa mencoba berbaring miring selama beberapa menit dengan handuk untuk mengalirkan air,” kata dokter Nasseri.

Ini adalah metode yang lebih lambat dan mungkin memakan waktu beberapa menit.

3. Gunakan Obat Tetes Telinga

Menggunakan obat tetes telinga juga merupakan cara yang efektif untuk membantu mengeluarkan air dari telinga. Ada dua jenis obat tetes telinga yang dapat Anda gunakan dalam situasi ini, yaitu obat tetes telinga hidrogen peroksida dan obat tetes berbahan dasar alkohol.

Menurut dokter Nasseri, obat tetes hidrogen peroksida baik untuk membersihkan kotoran telinga dari telinga Anda (yang dapat membuat air terperangkap), dan obat tetes berbahan dasar alkohol baik untuk mengurangi kelembapan di telinga Anda.

“Apa yang biasanya kami perintahkan kepada pasien untuk berbaring dengan posisi telinga yang kemasukan air etap berada di atas,” kata dokter Cosetti.

4. Bahan-bahan di Rumah

Jika Anda tidak memiliki obat tetes telinga, dokter Cosetti mengatakan Anda juga dapat menggunakan cuka, alkohol gosok, atau hidrogen peroksida (yang semuanya memiliki pH asam) untuk mengeringkan saluran telinga.

Oleskan seperti yang Anda lakukan pada obat tetes telinga biasa, lalu tunggu beberapa menit sebelum duduk kembali.

“Banyak orang sangat menyukai pengobatan rumahan, cuka sari apel, dan hal-hal seperti itu – sebenarnya, semuanya baik-baik saja,” katanya, meskipun obat tetes telinga yang dijual bebas juga bisa digunakan.

Yang Tidak Boleh Dilakukan

Saat telinga kemasukan air, hindari memasukkan jari atau kapas ke telinga Anda. Sebab hal itu bisa  mendorong air lebih dalam ke dalam telinga, melukai saluran telinga, atau menusuk gendang telinga, menurut dokter Nasseri.

Penggunaan taktik ini juga berisiko memasukkan bakteri ke dalam saluran telinga, yang dapat menyebabkan infeksi. Anda juga harus menghindari memasukkan lebih banyak air ke dalam telinga untuk mengeluarkannya, kata dokter Cosetti.

Kapan Harus Menemui Dokter

Jika air tetap berada di telinga Anda selama beberapa hari, cara terbaik adalah memeriksakan diri ke THT. “Jika tidak kunjung membaik dalam satu hingga tiga hari, maka Anda harus segera menemui seseorang, karena hal ini bisa sangat menyakitkan,” kata dokter Cosetti.

Dia mencatat bahwa, karena orang cenderung mengalami infeksi telinga saat liburan, biasanya tidak masalah untuk mencoba metode di rumah selama beberapa hari sampai Anda dapat menemui dokter.

Konon, air di dalam telinga juga dapat menyebabkan infeksi, yang memerlukan obat tetes telinga untuk menyembuhkannya. Infeksi telinga luar jenis ini biasanya muncul dengan rasa sakit yang lebih parah, mirip dengan sakit gigi.

“Jika Anda mengalami hal-hal tersebut berarti Anda memerlukan resep,” kata dokter Cosetti.

Orang dengan gangguan imunitas mungkin juga memerlukan pil oral selain obat tetes topikal, namun bagi sebagian besar orang, obat tetes yang diresepkan bisa membantu. Dokter Cosetti mencatat bahwa mereka yang memiliki kondisi dermatologis seperti dermatitis dan eksim juga lebih rentan terhadap infeksi telinga.

Pilihan Editor: Earbud atau Ponsel yang Kotor Bisa Sebabkan Jerawat di Telinga, Kata Dokter

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."