4 Langkah yang Perlu Dilakukan setelah Operasi Caesar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi operasi caesar. Shutterstock

Ilustrasi operasi caesar. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Operasi caesar adalah prosedur bedah umum untuk melahirkan melalui sayatan di perut dan rahim. Dokter akan menyarankan pasiennya untuk menjalani operasi caesar ketika persalinan normal dapat membahayakan ibu atau anak.

Alasan umum dipilih operasi caesar adalah posisi bayi sungsang, yang menempatkan bayi pada posisi berbahaya selama persalinan vagina karena posisi bayi berada pada posisi kaki atau bokong terlebih dahulu, bukan kepala terlebih dahulu.

Ketika persalinan tidak berjalan sesuai rencana, yang dapat terjadi jika serviks tidak cukup melebar atau jika bayi tidak turun melalui jalan lahir, juga termasuk alasan operasi caesar dipilih. Alasan lain dilakukannya operasi caesar adalah masalah kesehatan yang mungkin terjadi pada ibu atau anak.

Jika prosedurnya memerlukan sayatan, pemulihan dari operasi caesar sangat berbeda dengan pemulihan melalui persalinan vagina. Memahami apa yang diharapkan dan menerapkan strategi pemulihan yang efektif dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

Langkah-langkah Perlu Dilakukan setelah Operasi Caesar

1. Ketahui Perubahan Fisik

Banyak perubahan fisik yang terjadi setelah melahirkan, seperti rahim berkontraksi dan menimbulkan nyeri pasca persalinan, pembengkakan payudara, keluarnya cairan lokia, vagina kering, diastasis recti, rambut rontok, perubahan kulit, migrain, dan keringat malam.

Beberapa kondisi, seperti lochia dan nyeri setelahnya, dapat hilang dengan sendirinya, namun perawatan dan obat-obatan yang dijual bebas menargetkan kondisi lain, sehingga meredakan nyeri dan memulihkannya.

2. Menopang Sayatan

Dianjurkan untuk menopang area sayatan operasi caesar, terutama saat batuk, tertawa, atau bergerak. Menggunakan bantal atau pengikat perut dapat memberikan dukungan tambahan. Menjaga lokasi sayatan tetap bersih dan kering membantu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan.

3. Pentingnya Hidrasi dan Makan Bergizi

Mempertahankan hidrasi yang tepat dan mengonsumsi makanan seimbang yang tinggi vitamin dan protein mendorong penyembuhan umum dan perbaikan jaringan. Memasukkan berbagai buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian ke dalam menu makanan harian bermanfaat untuk penyembuhan.

4. Jangan Melewatkan Cek Rutin

Penting untuk menghadiri semua janji pasca operasi sesuai jadwal untuk melacak kemajuan penyembuhan dan menangani masalah apa pun. Dokter dapat menilai kemajuan pasien dan memberikan panduan khusus.

Untuk memastikan pemulihan yang sehat dari operasi caesar, seseorang perlu memahami prosedurnya, merawat tubuh dengan baik, dan meminta bantuan bila diperlukan. Para ibu dapat melewati fase ini dengan mudah dan fokus menikmati momen tak ternilai yang mereka miliki bersama bayi baru lahir jika mereka mengambil pendekatan yang tepat.

Pilihan Editor: Ini yang Terjadi selama Operasi Caesar dan Proses Pemulihannya

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."