8 Perdana Menteri Perempuan di Dunia, Jacinda Ardern hingga Sanna Marin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin, saat menghadiri rapat perdananya di Helsinki, Finlandia, 10 Desember 2019. Sanna Marin resmi dilantik menjadi Perdana Menteri (PM) Finlandia usai Antti Rinne yang mengundurkan diri. Lehtikuva/Jussi Nukari via REUTERS

Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin, saat menghadiri rapat perdananya di Helsinki, Finlandia, 10 Desember 2019. Sanna Marin resmi dilantik menjadi Perdana Menteri (PM) Finlandia usai Antti Rinne yang mengundurkan diri. Lehtikuva/Jussi Nukari via REUTERS

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perdana menteri adalah pemimpin pemerintahan suatu negara dengan sistem parlementer yang berbentuk monarki konstitusional, seperti Australia, atau republik seperti India dan Taiwan. 

Dilansir dari laman Encyclopedia Britannica, seorang perdana menteri harus mampu memimpin mayoritas legislatif. Dalam sistem parlementer, perdana menteri menetapkan agenda nasional, menunjuk pejabat kabinet, dan memerintah atas perintah sebuah partai atau koalisi partai.

Berikut ini adalah daftar perdana menteri perempuan yang terkenal. Yuk, simak informasinya!

Perdana Menteri Perempuan di Dunia

1. Jacinda Ardern

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern berbicara kepada awak media selama konferensi pers bersama yang diadakan dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, di Sydney, Australia, 8 Juli 2022. Perjalanan ia di dunia politik cukup panjang. Jacinda telah mengikuti Partai Buruh Selandia Baru sejak usia 18 tahun, dan menjadi pemimpin partai tersebut di usia 37 tahun. REUTERS/Loren Elliott

Jacinda Ardern menjadi Perdana Menteri Selandia Baru ke-40 pada 2017. Ketika dilantik, usianya baru 37 tahun. Karena kinerjanya yang baik, ia kembali memimpin Selandia Baru di tahun 2020 hingga 2023. Namun sebelum masanya berakhir, Jacinda mengundurkan diri pada Kamis, 19 Januari 2023.

Jacinda Ardern lahir pada 26 Juli 1980 di Hamilton dan besar di wilayah rural Waikato, Selandia Baru. Perempuan yang memiliki nama lengkap Jacinda Kate Laurell Ardern ini pernah besar di kota kecil bernama Murupara selama satu tahun.

Ardern merupakan perdana menteri termuda di Selandia Baru sejak tahun 1856 kala itu dipegang oleh Edward Stafford. Perjalanan ia di dunia politik cukup panjang. Jacinda telah mengikuti Partai Buruh Selandia Baru sejak usia 18 tahun tepatnya pada 1999.

2. Sheikh Hasina

Seorang petugas membubuhkan tanda tinta di ibu jari Sheikh Hasina, Perdana Menteri Bangladesh dan Ketua Liga Awami Bangladesh, saat pemilihan umum ke-12 di Dhaka, Bangladesh, 7 Januari 2024. REUTERS/Handout provided by Prime Minister's office/Handout via REUTERS

Sheikh Hasina adalah Perdana Menteri Bangladesh yang terlama. Dia terus menjabat mulai dari Januari 2009 sampai sekarang. Sosok Sheikh Hasina ini termasuk perempuan kuat yang berpengaruh di dunia. 

3. Mette Frederiksen

Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen berbicara dalam acara Konferensi pers terkait Virus Corona di Copenhagen, Denmark, 6 April 2020. Ritzau Scanpix/Martin Sylvest via REUTERS

Mette Frederiksen menjadi Perdana Menteri Denmark sejak Juni 2019 dan menjadi perempuan kedua yang menjabat. Mette adalah perdana menteri termuda dalam sejarah Denmark.

4. Sanna Marin

Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin. [valtioneuvosto.fi]

Sanna Marin adalah perdana menteri termuda Finlandia. Dia juga menjadi pemimpin termuda keempat di dunia, yakni memimpin saat usianya 35 tahun. Dia terpilih sebagai perdana menteri pada 8 Desember 2019.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."