4 Tips Aman Memakai Lensa Kontak dan Rekomendasi untuk Mata Kering

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Lensa kontak/Foto: Doc. Eyesight

Lensa kontak/Foto: Doc. Eyesight

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu fungsi lensa kontak ialah menggantikan kacamata, tetap selain itu juga bisa mengubah penampilan Anda. Namun Anda disarankan untuk memperhatikan kebersihan lensa kontak dan penyimpanannya agar terhindar dari infeksi mata. 

Berikut tips aman memakai lensa kontak 

1. Ikuti instruksi pada kemasan

Lensa kontak memiliki jenis yang berbeda-beda, begitu pula perawatannya. Perhatikan dengan baik instruksi penggunaan yang tertera pada kemasan. Selain instruksi yang tertera, ikuti juga petunjuk yang diberikan oleh dokter.

2. Jaga kebersihan lensa kontak

Kebersihan lensa kontak adalah kunci utama agar tidak mengalami risiko yang terjadi.
Bersihkan lensa kontak dengan larutan khusus sesuai instruksi penggunaan maupun petunjuk dokter, rutin melakukan pemeriksaan softlens, hindari memakainya saat mandi dan berenang, serta jangan menggunakan lensa kontak yang sudah rusak.

3. Hindari menggunakan lensa kontak saat tidur

Demi keamanan, kesehatan, dan kenyamanan mata, hindari menggunakan lensa kontak saat tidur. Penting sekali untuk melepasnya sebelum tidur. Penggunaan lensa kontak saat tidur dapat meningkatkan risiko munculnya keratitis, yaitu peradangan yang terjadi pada kornea. Pada tingkat tertentu, keratitis ini dapat menyebabkan
kebutaan.

4. Rajin membersihkan tempat penyimpanan

Tidak hanya rutin mengganti larutan untuk lensa kontak, perhatikan pula kebersihan tempat penyimpanan. Setiap hari setelah penggunaan, bilas tempat penyimpanan, kemudian keringkan dengan membiarkannya terbuka. Setiap satu minggu sekali, cuci bersih tempat penyimpan dengan menggunakan larutan untuk lensa kontak dan gosok secara perlahan. Selain dibilas dan dicuci, ganti juga tempat penyimpanan dengan yang baru tiap sebulan sekali.

Selain itu, jaga pula kebersihan tangan saat akan menyentuh lensa kontak. Meski secara kasat mata terlihat bersih, bukan berarti tangan bebas dari bakteri. Ia juga menganjurkan untuk memilih lensa kontak sesuai rekomendasi dokter mata.

Lensa Kontak untuk Mata Kering dan Sensitif

Lensa kontak menjadi sebuah inovasi dalam dunia optik yang semakin mendapatkan perhatian luas, tidak hanya menjadi solusi praktis bagi kebutuhan penglihatan, tetapi juga merambah sebagai elemen penting dalam industri kecantikan global. 

Pasar lensa kontak  telah mengalami pertumbuhan yang signifikan, dengan didorong oleh permintaan konsumen akan produk yang tidak hanya efektif secara medis tetapi juga estetis. Inovasi dalam bahan dan desain memungkinkan lensa kontak untuk lebih nyaman digunakan dalam berbagai situasi, dari aktivitas sehari-hari hingga acara khusus. 

Selain itu, penggunaan lensa kontak sebagai elemen fashion telah memperluas pasar ini ke berbagai kalangan, dari remaja hingga profesional muda, yang mencari cara baru untuk mengekspresikan diri dan meningkatkan penampilan mereka. Dengan tren yang terus berkembang dan teknologi yang semakin canggih, pasar lensa kontak diharapkan akan terus berevolusi, memenuhi tuntutan konsumen yang semakin kritis akan kualitas, kenyamanan, dan gaya. 

Melissa Wijaya, Direktur Eyesight mengungkapkan, pihaknya telah  menggunakan strategi pemasaran dengan memanfaatkan influencer dan KOL untuk membangun popularitasnya di ranah digital. Mereka fokus pada platform seperti Instagram dan TikTok untuk menyebarkan konten edukatif kepada audiens mereka.

"Sebagai Multibrand Korean Contact Lens Store, Eyesight mengedepankan kualitas terbaik dalam setiap produknya, yang sudah terjamin oleh sertifikasi  Kementerian Kesehatan. Mereka juga terus berinovasi dengan menghadirkan produk-produk terbaru dan tren terkini dalam industri softlens," kata dia melalui siaran pers, Sabtu, 6 Juli 2024. 

Produk terbaru mereka, Bloominc, hadir dengan teknologi PolyHEMA yang nyaman untuk mata yang kering dan sensitif. Bloominc tidak hanya berfungsi untuk kesehatan mata, tetapi juga dirancang dengan motif dan warna menarik untuk meningkatkan keindahan pemakai.

Eyesight juga memastikan setiap produk yang mereka tawarkan memenuhi standar kualitas tertinggi, dengan mengandalkan sertifikasi dari KFDA Korea dan Kementerian Kesehatan RI. Strategi pemasaran mereka fokus pada promosi diskon, giveaways di media sosial, dan interaksi langsung dengan konsumen untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan dengan merek.

"Melihat tren terkini di industri softlens, terutama di Korea Selatan, Eyesight terus menghadirkan brand-brand unggulan yang 100% Made in Korea, mengakomodasi berbagai kebutuhan pengguna softlens di Indonesia," ujarnya.

Dia menambahkan, Eyesight tidak hanya mengejar inovasi produk, tetapi juga menjaga hubungan yang baik dengan konsumen melalui layanan pelanggan yang responsif dan interaktif. Mereka berkomitmen untuk terus mengembangkan jangkauan dan meningkatkan layanan dengan live streaming 24 jam dan konten edukasi yang relevan. "Eyesight akan terus berinovasi dalam menciptakan produk softlens berkualitas tinggi, memperkuat posisinya sebagai pilihan utama di mata konsumen Indonesia," pungkasnya.

Di antara jajaran merek lensa kontak di pasaran, Eyesight berhasil mengukuhkan posisinya sebagai brand terkemuka dalam industri softlens di Indonesia dengan menerima penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2024. 

Pilihan Editor: 10 Tips Memakai Lensa Kontak, Gunakan Pembersih yang Tepat

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."