5 Tips Jaga Kesehatan Anak Saat Libur Sekolah di Musim Pancaroba

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Berikut ini rekomendasi tempat staycation di Bogor yang kids friendly, cocok untuk liburan anak sekolah. Terdapat mini zoo juga di dalamnya. Foto: Canva

Berikut ini rekomendasi tempat staycation di Bogor yang kids friendly, cocok untuk liburan anak sekolah. Terdapat mini zoo juga di dalamnya. Foto: Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masa libur sekolah sementara berjalan. Anak-anak ada yang mulai bersekolah pekan kedua Juli 2024, ada pula di pekan ketiga.

Perubahan cuaca yang tidak tentu bahkan ekstrim membuat liburan sekolah ke luar kota menjadi sedikit terhambat. Bagaimana tetap melakukan trip liburan sekolah dengan kondisi musim pancaroba?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mengeluarkan prediksi cuaca pada 4 Juli 2024 lalu yang mengatakan sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami hujan ringan hingga lebat. Adanya sirkulasi siklonik yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi menimbulkan hujan.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan sepanjang daerah yang dilewati konvergensi tersebut,” ujar prakirawan BMKG Nurul Tazaroh.

Dengan kondisi musim pancaroba seperti saat ini terkadang dapat menghalangi Anda melakukan liburan sekolah bersama dengan keluarga. Namun, liburan ke luar kota tetap dapat Anda lakukan dengan catatan harus mempersiapkan segala kebutuhan berlibur dengan ekstra.

Tips Berlibur saat Musim Pancaroba

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan disaat ingin melakukan trip atau berlibur ke luar kota saat musim pancaroba. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Menjaga Fisik

Dengan perubahan musim yang tidak menentu tentu saja Anda dan keluarga harus memastikan kondisi fisik dalam keadaan yang sehat agar tidak sakit selama perjalanan ataupun sebelum melakukan perjalanan. Dalam kondisi ini, tubuh rentan tertular penyakit seperti flu dan batuk.

Menjaga kondisi fisik dapat dilakukan dengan cara meningkatkan imun tubuh. Imun tubuh dapat dijaga dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin dan mineral. Jika diperlukan, Anda juga bisa menambahkan suplemen penambah imun untuk mengantisipasi tubuh dari penyakit.

2. Membawa Obat-Obatan

Anda perlu membawa obat-obatan umum ataupun khusus sesuai kebutuhan sebagai antisipasi dalam perjalanan.

Obat-obatan umum yang biasanya harus siap sedia adalah obat antiseptik, minyak gosok, alkohol, kapas, balsam, dan lain-lain.

3. Kenali Tempat Tujuan Liburan

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi tempat tersebut.

Beberapa kondisi yang perlu diperhatikan adalah suhu dan curah hujan. Dengan begitu, Anda juga dapat memastikan kembali apa saja perlengkapan yang harus disiapkan.

4. Menjaga Kebersihan

Dalam situasi pancaroba seperti saat ini besar kemungkinan terjadi peningkatan penyebaran virus dan bakteri. Maka dari itu, sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan diri dan makanan agar terhindar dari virus dan bakteri.

5. Istirahat yang Cukup

Terlalu asik melakukan aktivitas selama libur sekolah terkadang membuat kita lupa untuk beristirahat dengan cukup. Pastikan waktu istirahat cukup dengan selalu tidur dalam kurun waktu 6 sampai dengan 8 jam.

Nah, itulah 5 tips menjaga kesehatan anak di masa libur sekolah dan musim pancaroba. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: 7 Manfaat Berlibur Bareng Anak saat Libur Sekolah, Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

ADINDA ALYA I | TULUS W | ERWIN P | NURHADI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."