5 Tips Memilih Warna Foundation Sesuai Skin Tone

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan pakai foundation. (Cheatsheet)

Ilustrasi perempuan pakai foundation. (Cheatsheet)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Alas bedak atau foundation adalah produk riasan yang wajib bagi kebanyakan perempuan. Foundation dapat membantu menutupi jerawat, meratakan warna kulit, dan membuat kulit Anda bersinar. Menemukan formula dan warna foundation yang cocok untuk Anda bisa menjadi proses yang memakan waktu dan melalui sejumlah tahapan mencoba. Bagi Anda pemula, berikut sejumlah tips memilih warna foundation yang sesuai warna kulit atau skin tone.

1. Identifikasi Jenis dan Masalah Kulit

Pusatkan pencarian foundation yang sempurna pada tujuan spesifik kulit Anda. Apakah Anda memiliki masalah kulit seperti eksim atau sekadar ingin kulit Anda terlihat lebih bercahaya dan bersinar.

“Pikirkan masalah kulit Anda dan atasi, bukan melupakannya,” kata Jenna Menard, penata rias selebriti Hollywood Kate Winslet dan Kerry Washington.

    Perlu kita ingat, foundation bukanlah sesuatu yang bisa diterapkan untuk semua orang. Influencer yang Anda percayai mungkin merekomendasikan merek tertentu, tetapi hanya Anda yang dapat memutuskan apakah merek tersebut cocok untuk jenis kulit Anda.

    Perhatikan juga jenis kulit Anda, seperti kering, berminyak dan kombinasi. Ingat pula kondisi kulit spesifik lainnya seperti kulit kusam, dehidrasi, berjerawat, dan sensitivitas. Pikirkan tentang apa yang Anda butuhkan dari suatu produk dan pastikan alas bedaknya sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Misalnya, sebuah alas bedak mungkin dapat menutupi kemerahan, tetapi memiliki formula yang bersifat komedogenik. Hal itu dapat menimbulkan jerawat jika Anda memiliki kulit yang rentan berjerawat.

    2. Tentukan Undertone

    Langkah selanjutnya adalah menentukan rona kulit atau undertone hangat, dingin, atau netral. Ini salah satu kunci dalam memilih warna alas bedak yang cocok dengan kulit Anda, sehingga Anda tidak terlihat oranye atau merah muda yang tidak wajar.

    “Saya merekomendasikan untuk melihat area tubuh yang terbuka terlebih dahulu,” kata Victor Henao, penata rias selebriti.

    Jika dada dan bahu Anda cenderung lebih merah dan merah muda, bisa dikatakan Anda memiliki rona kulit merah muda. Bila Anda berwarna emas, peach, dan kuning, Anda memiliki rona kulit yang lebih hangat. 

    Ingatlah bahwa rona kulit tidak ada hubungannya dengan terang atau gelapnya kulit Anda. “Warna kulit apa pun bisa memiliki rona dasar dingin, hangat, atau netral,” kata dokter kulit bersertifikat Hadley King.

    Jika tidak ada warna yang terkait dengan rona kulit yang terlihat jelas, Anda memiliki rona kulit netral.

    Anda juga dapat menggunakan warna ini untuk mengoreksi warna pada masalah tertentu. Misalnya, jika Anda mengalami kemerahan, alas bedak dengan dasar kuning (dan bahkan produk pengoreksi warna berwarna hijau) dapat mengimbanginya.

    Jika Anda memiliki lingkaran hitam menonjol yang condong ke biru atau ungu, menggunakan produk dengan warna dasar peach atau emas dapat mengurangi tampilannya.

    3. Cek Shade sebelum Anda Membeli

    Anda mungkin harus menguji beberapa alas bedak untuk menemukan yang paling cocok dengan warna kulit Anda. Singgahlah ke toko kecantikan terdekat dan mencari beberapa warna potensial pada diri Anda.

    Jika Anda menguji produk sendiri, pastikan untuk membaurkan alas bedak sepenuhnya dan lihat hasilnya dalam pencahayaan alami.

    “Mencari warna foundation memang menantang, tetapi Anda dapat bereksperimen dengan warna berbeda di sepanjang garis rahang dan melihat mana yang hilang, itu pertanda cocok,” kata Menard.

    4. Pilih Formula Cair dan Bebas Minyak

    Pemilihan formula yang tepat seperti alas bedak cair, bedak, atau krim tergantung pada warna kulit. Kecuali jika Anda menginginkan tampilan matte, cairan atau krim biasanya merupakan pilihan yang baik untuk awalan

    “Saya menyukai hasil akhir yang diberikan alas bedak cair pada kulit,” kata Henao. "Jika Anda kulit berminyak, saya akan memilih yang cair. Sebab air dan minyak adalah bahan dasar yang diproduksi dan dimiliki kulit Anda secara alami, jadi ketika minyak alami itu keluar, cairan akan lebih menempel di kulit Anda daripada bedak,” ucapnya.

    Alas bedak berbentuk bubuk atau mineral dapat digunakan untuk kulit berminyak, tetapi Anda harus menghindarinya jika Anda memiliki kulit kering.

    Bila Anda lebih menyukai bedak tabur, Henao menyarankan hanya menggunakannya di iklim tertentu seperti lingkungan yang kering dan sejuk karena bedak menjadi lebih gelap saat basah.

    Untuk alas bedak cair dan krim, formula bebas minyak adalah pilihan yang baik jika Anda memiliki kulit sensitif dan rentan berjerawat.

    “Carilah produk yang nonkomedogenik,” kata King. Nonkomedogenik berarti produk diformulasikan untuk tidak menyumbat pori-pori. Anda juga dapat menemukan riasan dengan bahan aktif pelawan jerawat seperti asam salisilat.”

    Jika Anda memiliki kulit kombinasi atau kering, minyak pada alas bedak Anda tidak masalah. Faktanya, banyak penata rias berpendapat bahwa hal ini penting untuk rutinitas perawatan kulit yang baik, terutama karena manfaat pelembap dan anti penuaannya.

    5. Tentukan Kebutuhan Coverage 

    Tanyakan pada diri Anda seberapa besar Anda ingin tekstur kulit alami Anda terlihat saat memilih tingkat cakupan atau coverage dari foundation. Jika Anda ingin hasilnya terlihat seperti versi kulit yang lebih baik, pilihlah alas bedak yang ringan atau bahkan pelembap dengan warna yang sesuai.

    Jika jawabannya tidak banyak, pilihlah foundation dengan cakupan medium. Anda dapat memperoleh hasil akhir tekstur yang berbeda-beda dalam setiap tingkat cakupan baik lebih penuh atau lebih tipis tergantung kebutuhan Anda.

    Itulah sedere tips memilih warna foundation untuk pemula. Semoga membantu.

    Pilihan Editor: Cara Mengaplikasikan Foundation dengan Spons, Jari atau Kuas

     

    BYRDIE

    Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

    Iklan

    Berita Terkait

    Rekomendasi Artikel

    "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."