13 Makna Mimpi Bertemu dan Bicara dengan Orang yang Sudah Meninggal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita bermimpi buruk. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bermimpi buruk. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kehilangan orang terkasih menyisakan rasa sedih yang mendalam. Kenangan bersamanya tentu sulit dilupakan. Bahkan sosoknya bisa datang ke mimpi kita. Tapi, apa arti mimpi bertemu dan bicara dengan orang yang sudah meninggal?

Dikutip dari laman Today.com, mimpi telah terbukti membantu mengatur emosi negatif dan memproses apa yang terjadi dalam hidup kita. Adriane Soehner, asisten profesor psikiatri di University of Pittsburgh di Amerika mengatakan mimpi memiliki tujuan fungsional, membantu memori, pemrosesan emosi, dan pemrosesan sensorik. 

Mimpi bertemu orang yang sudah meninggal, khususnya, sering kali dapat membantu Anda mengakhiri urusan yang belum selesai, atau sekadar menghibur duka yang lara. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui.

1. Proyeksi dari pikiran Anda

Sosok dalam mimpi adalah proyeksi psikologis dari pikiran Anda sendiri, yang semuanya mewakili berbagai aspek jiwa Anda. Ini dapat mencakup orang-orang terkasih yang sudah meninggal, sahabat, bahkan orang yang Anda kenal, yang semuanya dapat menjadi cerminan dari dorongan, keyakinan, emosi, dan dorongan bawah sadar atau tidak sadar Anda.

2. Sosok dalam mimpi adalah khayalan Anda

Apakah Anda merindukan orang tersebut, sehingga membuat Anda berkhayal dan berimajinasi untuk mimpi bertemu orang tua yang sudah meninggal dan berbicara? 

Mungkin di saat Anda terjaga, Anda selalu membayangkan dan mengingat mereka.

3. Esensi nonfisik orang yang meninggal

Sosok dalam mimpi bisa juga merupakan bagian dari esensi nonfisik mereka dan karenanya dapat memiliki perasaan.

Selain fisik, manusia mempunyai esensi nonfisik yakni hati dan perasaan.

4. Faktor masa lalu

Sosok mimpi yang Anda temui sering kali dapat menginformasikan aspek-aspek diri Anda, cerita Anda, dan pengalaman yang Anda alami dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, mimpi yang menampilkan sosok mimpi yang terus-menerus dapat menyoroti perilaku yang mungkin Anda alami (baik dalam diri Anda sendiri atau karena orang lain) dalam kehidupan nyata Anda.

5. Agar Anda Introspeksi diri

Mimpi ini dapat mengingatkan Anda akan sifat-sifat tertentu dalam diri Anda yang harus Anda soroti, atau pantau. Anda ingin melihat orang terkenal yang sudah meninggal dalam kaitannya dengan apa yang sedang Anda alami dalam hidup Anda sendiri.

Misalnya Anda bermimpi tentang presiden yang sudah meninggal. Mungkin mereka melambangkan kesetiaan, kekuatan, dan kesetiaan, yang perlu Anda gunakan sekarang juga. Jika Anda bermimpi tentang bintang film terkenal, mimpi Anda mungkin memberi tahu Anda untuk meniru kepercayaan diri atau karisma mereka.

6. Menjadikan perasaan lega

Jika Anda memiliki hubungan yang tidak akur dengan anggota keluarga semasa hidupnya lalu dia meninggal dan Anda melihat mereka hidup dan sehat dalam mimpi Anda, itu mungkin hanya cara jiwa Anda untuk memulihkan keseimbangan dengan menawarkan beberapa bentuk penutupan yang positif.

Dengan kata lain, mimpi itu datang untuk membantu Anda mengatasi ketegangan batin yang mungkin Anda alami seputar kepergian mereka.

Kesedihan itu berlapis-lapis dan kompleks, jadi mimpi seperti ini sangat membantu karena mimpi itu bertindak sebagai corong bagi pikiran bawah sadar untuk membantu menyembuhkan dan mengidentifikasi perasaan-perasaan itu. 

Anda melihat seseorang hidup dan sehat memberikan sedikit ketenangan dan kenyamanan karena Anda tidak menerima pengalaman itu saat mereka masih hidup.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."