Apa Itu Effort dalam Hubungan? Makna dan Contoh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi pasangan pillow talk. Freepik.com/Prostooleh

Ilustrasi pasangan pillow talk. Freepik.com/Prostooleh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kata "effort" dalam hubungan kerap dibahas dalam keseharian saat ini. Lantas, apa itu effort dalam hubungan

Berikut kita telusuri apa itu effort dalam sebuah hubungan dan contoh-contohnya, dari memberi pujian hingga berbagi beban kerja.

Apa Itu Effort Dalam Hubungan?

Sebuah hubungan, setelah fase awal yang menyenangkan, menjadi perjalanan dua orang yang mengalami pasang surut untuk membuat semuanya berjalan lancar. Dibutuhkan banyak usaha, kompromi, komunikasi, dan pengertian di kedua belah pihak agar hubungan tersebut berjalan lancar dalam jangka panjang. 

Apa Itu Effort dan Feedback Dalam Hubungan?

Sebuah hubungan membutuhkan usaha dari kedua pasangan untuk menjadikannya ruang yang sehat dan aman bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya untuk tumbuh secara individu dan juga bersama. Usaha dan kompromi yang dilakukan dalam suatu hubungan harus sama bagi kedua pasangan. 

"Meskipun penting untuk bertanya kepada pasangan Anda apa yang secara khusus mereka minta ketika mereka meminta Anda untuk berusaha lebih keras dalam hubungan (karena kebutuhan berbeda-beda), berikut adalah gambaran tentang seperti apa hal itu," tulis Psikoterapis Emily H Sanders pada media sosialnya yang dikutip dari Hindustan Times.

Apa Itu Less Effort Dalam Hubungan?

Less effort dalam hubungan dapat berarti kurangnya usaha dari salah satu ataupun kedua pihak suatu pasangan untuk membangun hubungan mereka.

Mereka menjalani hubungan tanpa menjadikan hubungan itu selalu hangat dan hidup. Jika dibiarkan, hal ini bisa memicu rasa hambar, datar, hingga muncul konflik.

Seperti halnya bekerja, atau mengasuh anak, dibutuhkan usaha untuk menjadikannya berhasil, kuat, dan maju.

Cara Menunjukkan Effort dalam Hubungan 

Effort dalam hubungan itu seperti apa? Berikut contoh dari Emily tentang beberapa cara yang dapat dilakukan orang untuk menunjukkan bahwa mereka berusaha keras dalam hubungan mereka:

1. Bertumbuh

Hubungan tidak berarti kita berhenti tumbuh secara individu. Terkadang menjadi pribadi yang lebih baik membuat kita lebih baik bagi pasangan kita. Kita tidak boleh berhenti berinvestasi dalam pertumbuhan kita.

2. Komunikasi

Kita pasti sering mendengar pentingnya komunikasi dalam segala hal termasuk hubungan cinta. Hal-hal yang terlintas dalam pikiran kita harus dikomunikasikan kepada pasangan kita dengan kata-kata yang jelas sehingga mereka lebih memahami kita sebagai manusia.

Hal ini penting baik untuk pasangan yang seatap maupun yang tengah LDR atau long distance relationship. Komunikasi yang baik akan mengurangi risiko salah paham hingga berdebat.

3. Berbagi beban kerja

Kesetaraan adalah istilah yang tidak dapat dinegosiasikan dalam hubungan apa pun. Oleh karena itu, kita harus belajar untuk berbagi beban kerja dalam hubungan dan berusaha secara setara.

4. Kontribusi

Dari pendapat hingga keuangan, kita harus dapat berkontribusi pada rencana dengan cara apa pun yang dituntut.

5. Tanggung jawab

Mengambil sedikit tanggung jawab atas kesalahpahaman atau konflik dapat membantu kita memilih hubungan yang harmonis sebelum memenangkan pertengkaran.

6. Hindarkan gangguan

Akan selalu ada banyak gangguan, tapi jika kita dapat menghabiskan waktu berkualitas bersama tanpa terpengaruh oleh gangguan tersebut, kita telah memenangkannya.

7. Keintiman

Kita harus belajar untuk memulai keintiman fisik – ini adalah bagian yang sangat penting dari hubungan.

8. Pujian

Melakukan hal-hal kecil untuk membuat pasangan merasa istimewa dan memuji mereka di setiap kesempatan yang kita dapatkan akan membantu mereka merasa penting dalam hubungan.

9. Beri bantuan

Menawarkan bantuan kepada pasangan dan memahami kebutuhan mereka membantu memajukan hubungan.

Nah, Sahabat Cantika, itulah makna dari kata effort dalam hubungan serta beberapa contoh dan langkah-langkah yang dapat kita jalani agar hubungan selalu harmonis dan awet. Semoga bermanfaat, ya!

Pilihan Editor: Sebelum Menikah, Apakah Kamu Sudah Menanyakan 20 Hal Ini pada Pasangan?

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."