Benarkah Rutin Melakukan Yoga Bisa Redakan Masalah Kesehatan Mental?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi posisi keseimbangan tubuh atau yoga. Shutterstock

Ilustrasi posisi keseimbangan tubuh atau yoga. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Yoga menjadi pilihan olahraga atau aktivitas fisik bagi banyak orang saat masa pandemi. Kini, kebiasaan itu berlanjut menjadi salah satu kebiasaan gaya hidup sehat. Terdapat banyak alasan untuk menambahkan yoga ke dalam rutinitas olahraga Anda. Yoga dapat meningkatkan kekencangan otot, kelenturan, dan keseimbangan, serta membantu Anda rileks dan mengurangi stres. Dan, yoga juga bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak serta meningkatkan kesehatan mental dan kualitas hidup. 

Apa itu yoga dan bagaimana cara kerjanya?

Yoga muasalnya ialah praktik kuno dan kompleks, yang berakar pada filsafat India dimulai sebagai latihan spiritual namun kini menjadi populer sebagai cara untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental.

Meskipun yoga klasik juga mencakup unsur-unsur lain, yoga seperti yang dipraktikkan di Amerika Serikat biasanya menekankan postur fisik (asana), teknik pernapasan (pranayama), dan meditasi (dyana).

Ada banyak gaya yoga yang berbeda, mulai dari latihan yang lembut hingga latihan yang menuntut fisik. Perbedaan jenis yoga yang digunakan dalam penelitian dapat mempengaruhi hasil penelitian. Hal ini membuat sulit untuk mengevaluasi penelitian tentang efek yoga terhadap kesehatan.

Apa manfaat yoga bagi kesehatan?

Menurut National center for Complementary and Integrative Health atau NCCIH menunjukkan bahwa yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan secara umum dengan menghilangkan stres, mendukung kebiasaan kesehatan yang baik, dan meningkatkan kesehatan mental atrau emosional, tidur, dan keseimbangan.

Selain itu juga bisa meringankan nyeri leher, migrain atau sakit kepala tipe tegang, nyeri yang berhubungan dengan osteoartritis lutut. Ini mungkin juga memiliki sedikit manfaat untuk nyeri punggung bawah, membantu orang yang kelebihan berat badan atau obesitas menurunkan berat badan, bantu berhenti merokok, mengelola gejala kecemasan atau depresi, meringankan gejala menopause, tambahan yang berguna untuk program pengobatan gangguan penggunaan narkoba, dan membantu penderita penyakit kronis dengan mengelola gejalanya serta meningkatkan kualitas hidup mereka.

Yoga bisa meredakan masalah kesehatan mental

Masih merujuk  NCCIH menunjukkan adanya manfaat yoga untuk beberapa aspek kesehatan, termasuk manajemen stres, kesehatan mental atau emosional, pola makan, aktivitas yang sehat, tidur berkualitas, dan keseimbangan. Yoga dalam beberapa kondisi bisa meredakan rasa sakit, termasuk nyeri punggung bawah, nyeri leher, sakit kepala, dan osteoartritis lutut. 

Melalui studi NCCIH tahun 2019 dengan 227 peserta membandingkan kelas yoga dengan kelas kesehatan umum sebagai tambahan pada program konseling konvensional yang dilakukan seminggu sekali. Orang-orang dalam kelompok yoga memiliki kemungkinan 37 persen lebih besar untuk berhenti merokok pada akhir program 8 minggu. Namun, 6 bulan setelah pengobatan, tidak ada perbedaan antar kelompok dalam hal proporsi orang yang masih tidak merokok.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2020 oleh NCCIH menunjukkan penurunan keinginan merokok setelah satu sesi yoga, dibandingkan dengan sesi pendidikan kesehatan. Partisipan penelitian adalah orang-orang yang mencoba mengurangi atau berhenti merokok.

Bagaimana yoga memengaruhi kesehatan mental? Yoga dapat menjadi tambahan yang berguna untuk pengobatan depresi. Mungkin juga berguna untuk mengatasi gejala kecemasan pada berbagai populasi, namun hanya ada sedikit bukti manfaatnya bagi orang dengan gangguan kecemasan. Yoga mungkin memiliki manfaat bagi penderita gangguan stres pasca-trauma (PTSD).

Selain itu pada penelitian  tahun 2018 oleh NCCIH terhadap 13 penelitian (lebih dari 1.300 peserta) yoga untuk gejala menopause menemukan bahwa yoga mengurangi gejala fisik seperti hot flashes serta gejala psikologis seperti kecemasan atau depresi.

Pilihan Editor: 7 Pose Yoga yang Membantu Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

NCCIH 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."