5 Alasan Mengapa Kandungan Kojic Acid jadi Primadona Perawatan Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Asam kojic atau kojic acid salah satu kandungan primadona kaya manfaat dalam perawatan kulit. Kojic acid berasal dari berbagai jamur. Asam ini juga merupakan hasil fermentasi beberapa makanan seperti kecap, anggur beras, dan sake Jepang. Bahan alami yang diperoleh dari jamur dan ragi tertentu ini dapat menawarkan berbagai manfaat untuk meningkatkan perawatan kulit seseorang lebih baik. Apa saja itu? Berikut lima di antaranya.

1. Membantu mengurangi hiperpigmentasi

Alasan utama mengapa kojic acid populer adalah kemampuannya untuk mengatasi hiperpigmentasi, masalah kulit umum yang ditandai dengan bercak-bercak gelap. Paparan sinar matahari, perubahan hormon, dan kondisi kulit tertentu dapat menyebabkan hiperpigmentasi, dan kojic acid berperan menangkalnya.

Asam kojic menghambat enzim yang disebut tirosinase yang bertanggung jawab untuk sintesis melanin. Dengan menghalangi enzim ini, kojic acid secara efektif mengurangi produksi melanin yang menghasilkan warna kulit yang lebih cerah dan merata.

Seluruh proses ini terjadi di sel-sel kulit yang disebut melanosit. Penelitian telah menunjukkan bahwa kojic acid jika digunakan secara konsisten dapat menunjukkan hasil positif dalam mengurangi hiperpigmentasi dan melasma.

2. Bertindak sebagai antioksidan dan anti-inflamasi

Kojic acid membantu melawan kerusakan kulit akibat lingkungan yang menyebabkan penuaan kulit dan masalah pigmentasi. Mengingat kojic acid adalah molekul berukuran kecil yang dapat menembus lapisan atas kulit. Hal itu memudahkan kojic acid bekerja pada melanosit dengan tepat dan memberikan hasil yang cepat.

3. Antibakteri dan antijamur

Kojic acid memiliki khasiat antibakteri dan antijamur. Asam kojic dan produk sampingannya memiliki khasiat mencerahkan kulit, antioksidan, antiproliferatif, antiinflamasi, dan radioprotektif. Khasiat ini dapat bermanfaat untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri dan mengobati infeksi jamur pada kulit seperti kutu air atau kurap.

Asam kojic mengandung khasiat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Asam kojic juga membantu mengendalikan produksi minyak berlebih, mengurangi peradangan, dan membuka pori-pori, ini adalah beberapa faktor penting yang berkontribusi untuk mencegah dan mengobati jerawat.

4. Antipenuaan

Kojic acid mengandung khasiat mencerahkan kulit yang membantu memperbaiki tampilan bintik-bintik penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari. Pengurangan bintik-bintik penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari ini dapat memiliki efek antipenuaan, mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan.

Selain itu, asam kojic juga mengandung khasiat antioksidan yang membantu melawan kerusakan radikal, faktor lain dalam penuaan kulit.

5. Mengatasi melasma dan memudarkan bekas luka

Kojic acid juga terbukti membantu mengurangi melasma, yaitu penggelapan kulit akibat kehamilan. Meskipun mungkin tidak sekuat retinol atau peptida lainnya, secara tidak langsung asam kojic berkontribusi untuk membuat kulit seseorang tampak lebih segar kembali.

Disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional sebelum menggunakan kojic acid selama kehamilan karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

Asam kojic terbukti bermanfaat dalam mencegah munculnya bekas luka di masa mendatang jika digunakan secara konsisten selama 7 hingga 14 hari.

Hal-hal yang harus diingat saat mulai menggunakan kojic acid

- Uji tempel: Selalu lakukan uji tempel untuk memahami sensitivitas dan toleransi kulit Anda terhadap bahan aktif.

- Mulai dari konsentrasi rendah: Konsentrasi asam kojic berkisar antara 1% hingga 4%. Seseorang harus memulai dengan konsentrasi yang lebih rendah dan secara bertahap meningkatkannya sesuai dengan jenis kulit mereka.

Konsentrasi yang lebih tinggi mungkin lebih efektif tetapi juga membuat seseorang berisiko lebih tinggi mengalami iritasi. Selain itu, kojic acid tidak stabil saat terkena cahaya dan udara, jadi disarankan untuk memilih produk dengan kemasan yang tidak tembus cahaya.

- Lembapkan: kojic acid dapat mengeringkan jadi gunakan pelembap yang menghidrasi dengan baik untuk menjaga pH kulit tetap seimbang dan menghindari kekeringan.

- Hindari berbagai aktivitas: Saat Anda menggunakan kojic acid hindari menggunakan berbagai produk dengan kojic acid sebagai bahan aktif. Melakukan aktivitas secara perlahan dapat memberikan manfaat yang lebih banyak.

- Bersabarlah: Saat menggunakan kojic acid harap bersabar, setiap tindakan memerlukan waktu sendiri untuk melakukan aksinya.

Pilihan Editor: Manfaat Kojic Acid untuk Atasi Jerawat di Bokong

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."