Oksidasi Makeup Adalah Kondisi Alas Bedak Jadi Lebih Gelap, Ini Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi makeup. Foto: ANTARA/Shutterstock.

Ilustrasi makeup. Foto: ANTARA/Shutterstock.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernahkah Sahabat Cantika mengalami oksidasi makeup? Oksidasi makeup adalah kondisi alas bedak jadi lebih gelap. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Oksidasi dalam Makeup?

Riasan teroksidasi adalah hasil makeup yang terlihat tidak merata. Permukaan kulit pun terasa kurang halus. Oksidasi dapat terjadi dengan segala jenis riasan, termasuk foundation, concealer, dan blush on.

Penyebab oksidasi pada makeup bukan karena perlengkapan makeup Anda kadaluarsa atau tidak lagi aman untuk digunakan. Riasan teroksidasi hanya menunjukkan bahwa pigmen telah berubah karena interaksi antara produk dan kulit Anda atau lingkungan luar.

Cara Mengatasi Oksidasi Makeup

Oksidasi makeup sering disebabkan oleh lingkungan Anda atau kesalahan langkah kulit sederhana, seperti tidak mencuci tangan sebelum mengoleskan riasan atau meninggalkan case kecantikan perjalanan Anda di luar di bawah sinar matahari terlalu lama.

Tapi dengan tips, trik, dan produk yang tepat, Anda dapat mencegah oksidasi makeup saat bepergian dengan mudah. Begini caranya:

1. Oleskan riasan dengan kuas, bukan jari Anda

Tahukah Anda bahwa tangan Anda memiliki minyak dan kontaminan lain yang dapat menyebabkan riasan Anda teroksidasi jika bercampur? Karena ini, penting untuk menggunakan kuas dan tidak pernah memakai jari atau tangan Anda.

Melakukan hal itu tidak hanya akan menghasilkan aplikasi yang lebih halus dan lebih sempurna, tapi juga akan menjaga integritas riasan Anda sambil mencegah oksidasi makeup.

Sebaiknya hindari mencuci muka pakai sabun mandi. Sebab, sabun mandi memiliki pH tinggi, sehingga bisa mengiritasi kulit. Ketahui informasinya. Foto: Canva

2. Selalu bersihkan wajah sebelum berhias

Kulit bersih adalah kulit yang sehat, dan kulit sehat adalah kulit bercahaya. Kita semua tentu ingin kulit berkilau bukan?

Meskipun mungkin Anda tergoda untuk dengan cepat melakukan makeup tanpa mencuci muka, perjalanan Anda bisa menunggu beberapa menit. Pastikan untuk selalu membersihkan wajah Anda setiap pagi, di mana pun Anda untuk menghindari oksidasi makeup.

3. Gunakan translucent powder

Sebagai pelancong yang sibuk, pagi hari mungkin adalah satu-satunya waktu Anda dapat menerapkan riasan, jadi Anda harus memastikan bahwa makeup tetap ada sepanjang hari.

Bubuk tembus cahaya tidak berwarna dan digunakan untuk mencerahkan, mengurangi kilau, menyerap minyak, dan memperpanjang waktu riasan Anda. Karena sifatnya yang cerah, area terbaik di wajah untuk mengoleskan bubuk tembus cahaya berada di bawah mata, di sekitar hidung, dan di tengah dagu.

Translucent Powder membantu untuk menurunkan risiko oksidasi makeup. Ini juga melindungi kulit Anda dari efek berbahaya dari cahaya biru dan mengunci riasan Anda untuk pakaian sepanjang hari.

Pilihan Editor: Cara Wulan Guritno Menjaga Kesehatan Kulit Wajah dan Cegah Penuaan

SUBTL STAKS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."