Berkunjung ke Pameran Modest Fashion The House of AZ Karya Ayu Dyah Andari dan Zeta Prive

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Trisha Chas (kiri) dan Ayu Dyah Andari di pameran karya The House of AZ di D Gallerie, Jakarta Selatan, Rabu, 7 Agustus 2024. Foto: CANTIKA/Rezki Alvionitasari.

Trisha Chas (kiri) dan Ayu Dyah Andari di pameran karya The House of AZ di D Gallerie, Jakarta Selatan, Rabu, 7 Agustus 2024. Foto: CANTIKA/Rezki Alvionitasari.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Karya kolaborasi dua jenama, Ayu Dyah Andari dan Zita Prive, bernama The House of AZ, bisa dinikmati lewat pameran mode di D Gallerie, Jalan Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu hingga Kamis, 7-8 Agustus 2024.

Bagi undangan bisa langsung datang ke ruang galeri tersebut, namun, pengunjung bisa juga mendaftar lewat pesan atau DM Instagram.

Trisha Chas (kiri) dan Ayu Dyah Andari di pameran karya The House of AZ di D Gallerie, Jakarta Selatan, Rabu, 7 Agustus 2024. Foto: CANTIKA/Rezki Alvionitasari.

Kenapa karya The House of AZ dipajang di galeri? Menurut desainer Zita Prive, Trisha Chas, dia pengagum fine art. "Biasanya kan yang dipajang di sini (D Gallerie) adalah lukisan-lukisan mahal, sama seperti tas-tas branded. Aku mem-value hasil karya seni Zeta Prive dan Ayu Dyah Andari sebagai fine art atau karya seni yang penuh dengan extension yang lebih tinggi," tuturnya di D Gallerie, Rabu, 7 Agustus 2024.

Alasan lainnya, kata Trisha, mereka ingin menampilkan hasil karya dalam bentuk lain dan suasana baru daripada fashion show yang lebih singkat. "Jadi bisa dinikmati dan dirasakan dengan semua indra. Dan kami lihat untuk bisnis modest fashion masih jarang memakai cara exhibition seperti ini."

Perancang busana Ayu Dyah Andari juga memilih pameran karena ingin menampilkan karya-karyanya dengan cara yang berbeda. "Orang bisa melihat secara dekat dan bisa see now, buy now. Bisa dicoba dan bisa langsung dibeli. Jadi lebih dekat, lebih intimate," ucap Ayu Dyah Andari yang memakai long dress buatannya.

Ada Apa Saja di The House of AZ?

Menariknya, pameran The House of AZ bukan hanya memamerkan baju-baju atau produk kedua desainer ini. Mereka menceritakan perjalanan kolaborasi pertama sahabat itu.

Trisha Chas (kiri) dan Ayu Dyah Andari di pameran karya The House of AZ di D Gallerie, Jakarta Selatan, Rabu, 7 Agustus 2024. Foto: CANTIKA/Rezki Alvionitasari.

Memasuki pintu D Gallerie, kita akan disuguhi kolase foto model yang mengenakan busana The House of AZ. Lalu pada dinding kiri, terdapat quote berbahasa Inggris yang menjelaskan tema serta isi pameran, seperti ini:

"Dua ide yang berbeda telah digabungkan menjadi sebuah koleksi yang mengangkat busana sopan ke tingkat yang baru. Kolaborasi antara Zeta Prive dan Ayu Dyah Andari mewujudkan transformasi seni ke dalam serangkaian modest fashion. House of AZ adalah sebuah platform yang menghidupkan kreasi, imajinasi, dan inovasi dalam mode. AZ bukan hanya inisial tapi juga merupakan singkatan dari "dari A hingga Z," yang mewakili komitmen untuk memperhatikan detail dalam setiap aspek, tidak peduli seberapa kecilnya."

Lalu di samping kutipan terdapat dua manekin yang memakai baju rancangan Trisha Chas dengan warna biru muda, serta karya Ayu Dyah Andari dengan dress pink.

Namun, koleksi itu dikerjakan berdua, bukan masing-masing. "Seluruh koleksi di galeri ini mengkombinasikan kami berdua," tutur Ayu Dyah.

Bergeser ke bagian tengah, kita akan melihat jejak-jejak proses kreatif mereka. Ada potongan-potongan kain, kertas-kertas desain baju, kancing, hingga payet. "Pameran ini menceritakan perjalanan karya diciptakan," ujar Ayu.

Bukan cuma soal pemilihan bahan dan desain, Ayu dan Trisha juga mengkolaborasikan detail masing-masing seperti lambang bunga mawar dan melati yang dipadukan jadi sebuah gambar. "Khas Ayu Dyah Andari adalah rose, sedangkan Zita Prive melati," ucap Trisha.

Trisha Chas (kiri) dan Ayu Dyah Andari di pameran karya The House of AZ di D Gallerie, Jakarta Selatan, Rabu, 7 Agustus 2024. Foto: CANTIKA/Rezki Alvionitasari.

Untuk koleksinya sendiri, Trisha dan Ayu kompak menyebut jika busana-busana yang dipamerkan ini bisa dipakai di beragam kesempatan. "Dari baju antar anak sekolah pagi (koleksi ready to wear) sampai arisan. Mau acara pagi sampai kondangan malam, ready semua," tutur Ayu.

Trisha mencontohkan dari satu pasang baju yang dipakainya. Dia bisa gunakan dari pagi hingga malam. Untuk pagi sampai siang, ia hanya mengenakan kemeja, celana, dan hijab. Sedangkan pada malam hari, dia memadukan atasannya dengan outer untuk menghadiri undangan atau pesta.

Meski ragam koleksi yang dikeluarkan terbatas namun ditawarkan dalam varian warna yang lebar dan diproduksi dengan jumlah banyak. Setelah pameran di D Gallerie koleksi busana ini akan dipajang di store ADA dan Zita Prive. 

The House of AZ mengeluarkan 11 desain busana yang dikelompokkan sebagai busana luxury, hadir dalam enam pilihan warna yaitu champagne, coklat, pink, biru, hitam, dan putih.

Kelompok luxury menggunakan bahan brokat yang menjadi signature style Zeta Prive yang diberi sentuhan lace sebagai ciri khas ADA. Keduanya sepakat dengan gayanya masing-masing untuk melabuhkan beads yang disusun oleh tangan yang piawai membentuk pola tertentu pada bagian depan busana agar terlihat lebih mewah. 

Ayu Dyah Andari bermain-main dengan potongan lengan menggelembung dan terusan dengan bagian rok melebar sedangkan Zeta memilih menggarap blus-blus perpotongan longgar yang dipadankan dengan celana Palazzo.

Koleksi selanjutnya berupa 4 desain pret a porter. Busana-busana ready to wear ini masing-masing dipersembahkan dalam tiga warna yang menggunakan bahan printing. Di atas gaun terusan maupun two piece busana siap pakai berpadu serasi rancangan cetak motif mawar sebagai ciri ADA dan melati yang menjadi karakter Zeta Prive.

Koleksi terakhir berupa satu desain knitwear yang effortless sekaligus cantik dalam tiga warna. Untuk gaun dan baju pesta dihargai mulai Rp 5 juta per pasang dan koleksi ready to wear mulai harga Rp 1 juta.

House of AZ juga menghadirkan koleksi hijab menggunakan teknik watercolor ciri khas dari Zeta dalam desain ADA. Item lainnya yang mereka ciptakan sebagai pelengkap adalah bros dan scarf ring dalam pilihan warna rosegold, gold, dan emas putih.

Sebuah desain tas diluncurkan dalam 4 warna dengan edisi terbatas menjadi pelengkap busana yang manis ini. 

Pilihan Editor: The House of AZ, Modest High Fashion yang Ringan dan Artsy Karya Kolaborasi Ayu Dyah Andari - Zeta Prive

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."