Benarkah Minyak Sereh Bisa Atasi Rambut Rontok?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minyak sereh. Foto: Freepik.com/jcomp

Ilustrasi minyak sereh. Foto: Freepik.com/jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaRambut rontok merupakan masalah umum yang dialami jutaan orang di seluruh dunia. Berbagai faktor penyebabnya seperti genetik, stres, ketidakseimbangan hormon, pola makan yang buruk, dan kondisi lingkungan turut menyebabkan masalah ini. Meskipun ada banyak produk yang tersedia di pasaran yang menjanjikan untuk mengatasi rambut rontok, sejumlah orang memakai cara alami seperti minyak sereh

Dikenal karena aromanya yang menyegarkan dan khasiat terapeutiknya, minyak sereh dapat mengubah rutinitas perawatan rambut Anda. Yuk, kita kulik manfaat minyak sereh dan bagaimana minyak ini dapat membantu mengatasi rambut rontok.

Apa itu minyak sereh?

Minyak sereh diekstrak dari daun dan batang tanaman serai (Cymbopogon citratus). Minyak ini telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional karena khasiatnya sebagai antimikroba, antijamur, dan antiradang.

Minyak ini kaya nutrisi penting seperti vitamin A, C, dan B kompleks, serta mineral seperti magnesium, fosfor, juga kalsium. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Cara minyak sereh membantu mengatasi rambut rontok

1. Memperkuat folikel rambut

Minyak sereh membantu memperkuat folikel rambut, yang berperan penting untuk mencegah rambut rontok. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam minyak menutrisi kulit kepala dan akar rambut, sehingga rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

Penggunaan minyak serai secara teratur dapat membantu mengurangi kerusakan rambut dan ujung rambut bercabang, sehingga rambut menjadi lebih tebal dan lebih kuat.

2. Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Kulit kepala yang sehat adalah fondasi rambut sehat. Minyak sereh memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang kuat yang membantu menjaga kulit kepala tetap bersih dan bebas dari infeksi. Kondisi seperti ketombe, jerawat kulit kepala, dan infeksi jamur dapat melemahkan folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok. Minyak sereh membantu mengatasi masalah ini, memastikan lingkungan yang sehat untuk pertumbuhan rambut.

3. Mengurangi stres

Stres merupakan salah satu penyebab utama rambut rontok. Aroma minyak sereh yang menenangkan memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh. Aromaterapi dengan minyak serai dapat membantu mengurangi tingkat stres, sehingga dapat mencegah rambut rontok akibat stres.

4. Menyeimbangkan produksi minyak

Produksi minyak berlebih pada kulit kepala dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan folikel rambut melemah. Minyak sereh membantu menyeimbangkan produksi minyak pada kulit kepala, mencegahnya menjadi terlalu berminyak atau terlalu kering.

Kulit kepala yang seimbang mendorong pertumbuhan rambut sehat dan mengurangi risiko rambut rontok.

Cara menggunakan minyak sereh untuk rambut rontok

1. Pijat kulit kepala

Salah satu cara paling efektif untuk menggunakan minyak sereh untuk rambut rontok adalah melalui pijat kulit kepala. Berikut cara melakukannya:

- Campurkan beberapa tetes minyak serai dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak jojoba.

- Hangatkan campuran sedikit untuk meningkatkan penyerapannya.

- Oleskan campuran minyak ke kulit kepala Anda dan pijat lembut dengan gerakan memutar selama 10-15 menit.

- Diamkan setidaknya selama satu jam atau semalaman untuk hasil yang lebih baik.

- Keramas dengan sampo dan kondisioner ringan.

- Pijat kulit kepala secara teratur dengan minyak serai dapat melancarkan peredaran darah, menutrisi folikel rambut, dan mendorong pertumbuhan rambut.

2. Masker rambut

Membuat masker rambut dengan minyak sereh dapat memberikan kondisioner dan nutrisi yang mendalam pada rambut Anda. Berikut resep sederhananya:

- Campurkan 2 sendok makan yogurt dengan beberapa tetes minyak serai.

- Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk rata.

- Oleskan masker secara merata pada kulit kepala dan rambut Anda.

- Diamkan selama 30-45 menit.

- Bilas hingga bersih dengan air hangat dan sampo.

Masker rambut ini tidak hanya memperkuat rambut Anda, tetapi juga menambah kilau dan kelembutan.

Pilihan Editor: Alami Kerontokan Rambut, Begini Cara Laudya Cynthia Bella Merawat Rambut

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."