9 Tips Mengasuh Anak ADHD agar Lebih Mandiri dan Percaya Diri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi anak marah atau berteriak. shutterstock.com

Ilustrasi anak marah atau berteriak. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagai orang tua, mengasuh anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas atau ADHD bisa jadi menantang dan terkadang membuat frustrasi. Namun, Anda dapat membantu anak mengatasi masalah umum, mengalihkan energinya ke kegiatan yang produktif, dan membawa kedamaian bagi keluarga. Berikut ini adalah tips mengasuh anak ADHD agar lebih mandiri dan percaya diri.

1. Buat Rutinitas Harian

Bagi anak-anak ADHD, konsistensi tetap menjadi faktor kunci yang tidak dapat diabaikan. Agar anak merasa nyaman dan memahami apa yang diharapkan darinya, buatlah rutinitas harian.

Anda juga dapat menggunakan bagan dan kalender untuk mencatat tugas, pekerjaan rumah, dan tenggat waktu kegiatan lainnya.

2. Bagi Tugas menjadi Langkah-langkah Kecil

Anak-anak yang didiagnosis ADHD sering kali merasa sulit menyelesaikan pekerjaan sekolahnya. Orang tua dapat membagi tugas menjadi fase-fase yang lebih kecil dan dapat dicapai dengan instruksi yang tepat.

Pastikan juga untuk mengakui pencapaian terkecil mereka sehingga mereka tetap termotivasi dan memulihkan kepercayaan diri mereka.

3. Dorong Kebiasaan Memecahkan Masalah

Sonam Kothari, salah satu pendiri, CEO, Butterfly Learnings mengatakan mengajarkan keterampilan pemecahan masalah sangat penting untuk mengembangkan kemandirian. Dorong anak-anak Anda untuk memikirkan berbagai masalah dan mengusulkan beberapa solusi.

"Ajukan pertanyaan terbuka yang memotivasi mereka untuk menilai berbagai kemungkinan dan hasil secara kritis,” ucapnya dikutip dari laman Times of India.

4. Dorong Advokasi Diri

Dorong anak-anak Anda untuk memahami gejala ADHD mereka dan kembangkan keterampilan advokasi diri mereka. Anda juga dapat menginstruksikan mereka untuk mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik sehingga mereka dapat dengan percaya diri mencari bantuan kapan pun dibutuhkan.

5. Memberikan Penguatan Positif

Anak-anak ADHD dapat memperoleh keuntungan dari penguatan positif saat mereka menjadi lebih mandiri. Cobalah untuk mengenali dan menghargai setiap upaya atau pencapaian mereka, tidak peduli seberapa kecilnya. Hasilnya, harga diri mereka akan meningkat sambil mendorong perilaku baik mereka.

6. Dorong Kemandirian dalam Aktivitas Sehari-hari

Sangat penting bagi Anda untuk mengajarkan anak Anda untuk bertanggung jawab atas semua yang mereka lakukan setiap hari. Mulailah dengan tanggung jawab dasar seperti membuat camilan, mengemas tas sekolah, dan mengenakan sepatu dan pakaian. Anda dapat secara bertahap meningkatkan kompleksitas tugas saat anak-anak menjadi lebih percaya diri dan mampu.

7. Bangun Lingkungan yang Mendukung

Penting untuk menciptakan lingkungan rumah yang mendukung agar anak ADHD lebih mandiri dan percaya diri. Mulailah melibatkan anak Anda dalam interaksi formal dan kasual untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana perasaan dan pikiran mereka.

Selain itu, libatkan guru, terapis, dan pengasuh lainnya untuk membangun pendekatan yang konsisten terhadap perawatan dan perkembangan mereka.

8. Ajarkan Keterampilan Manajemen Waktu

Manajemen waktu dapat menjadi tugas yang menantang bagi anak-anak ADHD. Bantu mereka membuat jadwal yang teratur dengan menggunakan alat seperti perencana, pengatur waktu, atau alarm. Dengan melakukannya, produktivitas mereka akan meningkat sekaligus mengurangi tingkat frustrasi.

9. Teladankan Perilaku Mandiri

Anak-anak belajar dengan mengamati orang tua mereka. Tunjukkan perilaku mandiri seperti pemecahan masalah, pengorganisasian, dan disiplin diri. Selain itu, cobalah tunjukkan kepada mereka cara Anda mengelola tugas dan tanggung jawab, dan libatkan mereka sedapat mungkin.

Tips-tips yang disebutkan di atas dapat secara efisien memastikan perkembangan anak-anak, tetapi mungkin memerlukan beberapa percobaan dan kesalahan. Namun, begitu Anda mempelajari cara menangani anak ADHD dan membantu mereka mengelola kondisinya, hidup akan menjadi lebih mudah.

Pilihan Editor: Cerita Lily Allen Alami Gangguan Mental ADHD: Sudah Merasa Sejak Lama

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."