Sebulan Lebih, Ariel Tatum Berlatih untuk Perannya di Teater Sang Kembang Bale

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ariel Tatum sebagai penari ronggeng di pementasan teater Sang Kembang Bale di NuArt Sculpture Park Bandung, 9 Agustus 2024. Foto: TEMPO| ANWAR SISWADI.

Ariel Tatum sebagai penari ronggeng di pementasan teater Sang Kembang Bale di NuArt Sculpture Park Bandung, 9 Agustus 2024. Foto: TEMPO| ANWAR SISWADI.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Artis, Ariel Tatum menjadi salah satu pemeran di pentas teater berjudul Sang Kembang Bale di NuArt Sculpture Park Bandung, 9-11 Agustus 2024. Pada lakon itu, dia menjadi pemeran utama bernama Pijar sebagai penari ronggeng gunung. Untuk mendalami karakter Pijar, Ariel berlatih lebih dari sebulan.

“Proses menghafal naskah, belajar bahasa Sunda, dan tariannya yang sudah ada pakemnya itu semua lima minggu,” katanya seusai pertunjukan Jumat malam, 9 Agustus 2024.

Setiap pekan, Ariel latihan tiga hari secara intensif selama enam hingga delapan jam. Materi pelajarannya seperti naskah, menari, dan tembang yang dinyanyikan. “Kesulitannya adalah semua tembang yang dinyanyikan terutama dengan cengkok Sunda dan aku baru mempelajarinya semua,” ujarnya.

Urusan menyanyi seperti itu diakuinya lebih sulit jika dibandingkan dengan tugasnya yang lain seperti menghafal naskah untuk monolog dan menari. Sementara untuk monolog, kata Ariel, tebal naskahnya sebanyak 20 halaman. 

Ariel Tatum seusai pementasan teater Sang Kembang Bale di NuArt Sculpture Park Bandung, 9 Agustus 2024. Foto: TEMPO| ANWAR SISWADI.

Lewat pertunjukkan itu Ariel Tatum ingin menyampaikan pesan soal kesenian ronggeng gubung yang belum diketahui banyak orang. Kemudian dia juga ingin mengenalkan proses menjadi seorang penari ronggeng gunung yang tidak mudah.

“Sampai hari ini untuk menjadi seorang seniman itu tidak mudah apalagi di Indonesia,” kata dia.

Sutradara teater Heliana Sinaga mengatakan, monolog adalah uji coba untuk mengetahui kualitas keaktoran seseorang. Dia memuji penampilan Ariel Tatum yang dinilainya punya kecerdasan tubuh dan emosional sehingga bisa mengatur perpindahan karakter dari menyanyi, menari, akting. “Buat saya dia membaginya dengan sangat baik,” ujarnya. Dia berharap penampilan Ariel tetap stabil dan staminanya terjaga baik.

Jejak Karier Ariel Tatum

Ariel Tatum mengawali kariernya di dunia hiburan dengan menjadi model iklan yang tayang di televisi pada 2004. Setahun kemudian memulai debut ke film layar lebar bergenre drama musikal anak berjudul Ariel dan Raja Langit arahan Harry Dagoe Suharyadi.

Masuk ke dunia tarik suara, dia pernah berduet dengan Ari Lasso saat berusia 16 tahun, kemudian dengan Glenn Fredly di lagu 'Coklat'. Setelah membintangi beberapa judul sinetron dan puluhan film televisi, cucu Murry Koes Ploes itu memutuskan jeda alias hiatus pada 2017.

Kembali lagi ke dunia seni peran pada 2021 dalam film Selesai besutan Tompi, penampilannya berlanjut ke film keluarga garapan Garin Nugroho berjudul Sepeda Presiden yang mengangkat kisah impian anak-anak Papua. Kiprah berikutnya di film Sayap-sayap Patah serta film drama perang. Di luar itu, Ariel Tatum giat berkampanye soal kesehatan mental sejak 2019.

Pilihan Editor: Alasan Ariel Tatum Suka Gaya Rambut Panjang, Lebih Beridentitas sebagai Perempuan

ANWAR SISWADI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."