Benarkah Kacang Bisa Menurunkan Berat Badan? Intip Jawabannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kacang tanah. Foto: Freepik.com/topntp26

Ilustrasi kacang tanah. Foto: Freepik.com/topntp26

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak ada satu pun makanan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mencapai target penurunan berat badan. Namun, ada beberapa yang — jika dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat — dapat membantu Anda mencapai tujuan lebih cepat. 

Salah satu makanan tersebut adalah kacang, menurut pelatih yoga bersertifikat Saurabh Bothra yang mengatakan bahwa kacang ini bergizi, mengenyangkan, ekonomis, dan padat energi. "Ini bukan sekadar kacang, tetapi sangat berharga bagi Anda. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, kacang bermanfaat dalam mengelola berat badan," kata Bothra dalam cuplikan Instagram.

Apa yang membuat kacang ideal untuk menurunkan berat badan?

Menyoroti kemampuan kacang untuk membantu menahan keinginan makan, para ahli mengatakan kacang memang dapat mendukung penurunan berat badan jika dikonsumsi sebagai bagian dari diet seimbang. Kaya akan lemak sehat, protein, dan serat, kacang meningkatkan rasa kenyang dan membantu mengelola asupan kalori secara keseluruhan. 

"Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kacang tanah dapat menjadi suplemen yang bermanfaat untuk program penurunan berat badan. Kandungan protein dan seratnya yang tinggi mendorong rasa kenyang dan menurunkan konsumsi kalori total," kata Sushma PS, kepala ahli gizi, Jindal Naturecure Institute.

Selain itu, kacang tanah menyediakan lemak baik yang meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi keinginan makan. “Kacang tanah merupakan pilihan camilan yang bijak; meskipun komposisinya tinggi kalori dan kaya nutrisi, kacang tanah menawarkan vitamin dan mineral penting,” kata Sushma.

Jenis kacang tanah apa yang ideal untuk dikonsumsi?

Untuk memaksimalkan manfaatnya, pilih kacang tanah tanpa rasa dan tanpa garam daripada yang mengandung gula dan garam tambahan, yang dapat meniadakan efek menguntungkannya, saran Sushma.

Anda bahkan dapat merebus kacang tanah dan memakannya, ungkap Bothra, seraya menambahkan bahwa secara tradisional, kacang tanah ditambahkan dalam hidangan seperti poha, upma, chutney, dan selai kacang buatan sendiri.

“Menggabungkan kacang tanah ke dalam makanan atau sebagai camilan, bersama dengan berbagai buah, sayuran, dan biji-bijian utuh, dapat meningkatkan kualitas nutrisi dan mendukung tujuan manajemen berat badan secara efektif,” tegas Neelima Bisht, kepala nutrisi klinis, departemen dietetika, Paras Health, Gurugram.

Seperti biasa, panduan diet yang dipersonalisasi dari profesional perawatan kesehatan direkomendasikan untuk memastikan kebutuhan nutrisi individu terpenuhi.

Pilihan Editor: Tips Menurunkan Berat Badan ala Jennifer Lopez, Beras Merah dan Berhenti Minum Alkohol

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."