Pesona Istri Agus Gumiwang, Loemongga Haoemasan saat Berkebaya Encim hingga Klasik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Loemongga Haoemasan/Foto: Instagram/Loemongga Haoemasan

Loemongga Haoemasan/Foto: Instagram/Loemongga Haoemasan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Model dan pembawa acara televisi Indonesia, Loemongga Haoemasan Ia memulai kariernya dari modeling dengan menjadi finalis pada pemilihan GADIS Sampul tahun 1989.
Setelah menjadi presenter beberapa acara televisi, istri Menteri Perindustrian Agus Gumiwang ini merintis karier menjadi seorang pengusaha properti. 

Kiprahnya dalam bisnis properti ini berhasil membuatnya menjadi salah satu wanita yang berpengaruh di Indonesia. Beragam penghargaan diberikan kepada Loemongga termasuk sebagai 2016 Forbes Indonesia "Most Inspiring Women” dan SWA Magazine (2016) ”100 Business Women of The Year.”

Loemongga Haoemasan menikah dengan Agus Gumiwang Kartasasmita, putra Ginandjar Kartasasmita pada April 1998 dan dikaruniai tiga orang putra dan satu putri angkat: Gania Kartasasmita, Gasia Kartasasmita, Ghibran Kartasasmita, dan Gemma Zuleykha Kartasasmita (Mahlagha Kaylana).

Perempuan kelahiran 6 September 1973 yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Asiana Lintas Cipta Kemang, pengembang proyek apartemen mewah di kawasan Kemang, Jakarta Selatan kini semakin sibuk setelah menjabat menjadi Presiden Direktur Asiana Group, pengembang proyek apartemen mewah di kawasan Senopati, Jakarta Selatan; Senopati Suites Tower 1, Tower 2, Tower 3 dan beberapa proyek apartemen baru di daerah Senopati dan TB Simatupang.

Sebelumnya Loemongga juga pernah menjadi pendiri dan pemilik rumah produksi KEP Media yang kemudian membidani kelahiran beberapa sinetron bergenre religi, termasuk Rahasia Ilahi. Selain bisnis properti (apartemen) dan production house (PH), Loemongga juga pernah menggeluti bisnis distribusi sepatu asal Malaysia, bermerk Vincci, bersama tiga sahabatnya.

Kini, Loemongga juga menjadi bagian dari pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) sebagai Wakil Ketua Harian 1. Dalam beberapa unggahan di laman instagram, ia kerap membagikan gayanya saat berkebaya dalam berbagai momen. Penasaran, yuk intip gayanya. 

1. Kebaya Encim 

Mengikuti acara Istana Berkebaya tahun lalu di Istana Merdeka, Loemongga tampil di runway dalam balutan kebaya encim warna putih dari Roemah Kebaya Vielga dengan bordir colorful, terdapat aksen penari ondel-ondel di bagian bawah. Ia memadukannya dengan kebaya batik khas Betawi warna merah marun. 

Roemah Kebaya Vielga memang concern pada kebaya encim desain potongan klasik, kasual, dan glamor.Alasan Vielga fokus pada bordir buatan perajin karena detail dan teknik lebih bagus pengerjaannya dibanding dengan bordir komputer yang lebih mass production.

2. Kebaya Klasik 

Kebaya klasik tak lekang oleh zaman, begitu pula yang dikenakan Loemongga saat di acara OASE Kabinet Indonesia Kerja.  "Berpose sejenak setelah rapat OASE pagi tadi, mulai pose diatur sampai yang kurang anggun." tulisnya di keterangan foto. 

Dalam foto tersebut ia mengenakan kebaya klasik khas Kartini yang dipadukan kain batik warna cokelat dan mustard. Tak lupa ia menambahkan brooch sebagai aksesori dan tata rambut dicepol modern. 

3. Kebaya Bali 

Loemongga berkunjung ke Desa Penglipuran, desa yang dinobatkan oleh Organisasi Pariwisata PBB sebagai Desa Terbersih di Dunia melihat kembali keindahan akhir tahun 2023 lalu, bersama Ibu-ibu DWP Kementerian Perindustrian. 

"Dalam perjalanan, kami juga menyempatkan untuk berkunjung ke Desa Tenganan, menyaksikan keindahan proses pembuatan tenun double ikat kain Gringsing. Sebuah pengalaman langka yang tak terlupakan," tulisnya. 

Dalam foto tersebut, Loemangga tampil anggun berbalut kebaya khas Bali  warna dark grey dengan tambahan senteng atau kain pengikat corak batik warna ungu dengan padanan kain batik tang sama. Rambut panjangnya diikat ekor kuda dan membawa kipas kain. 

Pada foto lainnya, ia juga pernah mengenakan kebaya khas Bali saat menghadiri acara  Parade Perempuan Berkebaya Adat Bali.  "Sekilas dari kegiatan pada hari Jumat yang lalu, dimana saya berkesempatan berpartisipasi dalam acara Parade Perempuan Berkebaya Adat Bali," tulisnya. 

Kali ini, Loemangga tampil anggun mengenakan kebaya dari desainer Ikat Indonesia, Didiet Maulana dengan padanan kain batik warna merah marun senada dengan kain senteng yang jadi pengikat. Terdapat brooch susun yang menambah etnik penampilannya.

Senteng atau selendang adalah selembar kain panjang 1-2 meter dan lebar sekitar 10 sentimeter yang diikat di pinggang. Orang Bali mengenakannya pada upacara adat seperti di Pura, kremasi, hari raya, dan acara keagamaan.

4. Kebaya Kurung 

Saat menghadiri peresmian Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi.  "Turut hadir Bapak Wakil Presiden Kyai Haji Ma’ruf Amin dan ibu Wury, para menteri Kabinet Indonesia maju dan ibu ibu OASE KIM. Kamipun berkesempatan berfoto dengan pasangan ganteng dan cantik, Mas Kaesang dan Mba Erina," tulisnya. 

Loemangga mengenakan kebaya kurung warna fuschia lengan sepertiga berbahan satin premium yang dipadukan dengan kain songket warna peach, sepatu fuchia, dan clutch bag, dan brooch. 

"Wajah baru TMII indah dan apik, dengan 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan. Ada fasilitas beberapa museum yang seru untuk dikunjungi. Jadi jangan ketinggalan berkunjung ke TMII bersama keluarga ya," ajak dia. 

Pilihan Editor: Loemongga Haoemasan Sarankan Membeli Emas 10 Gram untuk Investasi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."