Kisah Cinta Kamala Harris dan Douglas Emhoff, Berawal dari Dijodohkan Teman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Kamala Harris (dua dari kanan) bersama suaminya Douglas Emhoff dan kedua anak tirinya Cole dan Ella. Instagram.com/@kamalaharris

Kamala Harris (dua dari kanan) bersama suaminya Douglas Emhoff dan kedua anak tirinya Cole dan Ella. Instagram.com/@kamalaharris

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Amerika memilih wakil presiden perempuan, keturunan India, dan kulit hitam pertamanya ketika Kamala Harris dilantik pada tahun 2021. Suaminya yang berkulit putih berdiri di sampingnya dalam peran pendukung.

Setelah menjalin asmara selama setahun, Harris menikahi Douglas Emhoff 10 tahun yang lalu di California saat ia masih menjabat sebagai Jaksa Agung dan ia adalah seorang pengacara hiburan yang berkuasa.

Sekarang setelah Harris menggantikan Joe Biden dalam perlombaan Demokrat untuk menang melawan Donald Trump dan bersiap untuk memenangkan nominasi partai untuk Presiden, suaminya, Emhoff, juga mungkin akan membuat sejarah bersamanya — sebagai First Gentleman pertama Amerika Serikat.

Saat Doug dan Kamala Bertemu Tahun 2013

Pasangan ini bertemu pada tahun 2013 pada kencan buta yang diatur oleh seorang teman bersama, Chrisette Hudlin, seperti yang diceritakan Harris dalam memoarnya tahun 2019, The Truths We Hold: An American Journey.

Temannya bercerita tentang seorang pria "imut" di Los Angeles yang tampak cocok untuk Harris. "Namanya Doug Emhoff, tapi janjilah kamu tidak akan mencarinya di Google. Jangan terlalu dipikirkan," tulis Harris tentang ucapan temannya. "Temui saja dia. Aku sudah memberinya nomor teleponmu. Dia akan menghubungimu." 

Dalam wawancara tahun 2021 dengan CBS News, Harris mengungkapkan bahwa dia memang mencari Emhoff di Google sebelum kencan mereka. Beberapa hari kemudian, Emhoff mengirim pesan singkat kepada Harris saat sedang menonton pertandingan basket. Mereka bertukar pesan singkat sebelum berencana untuk berbicara di telepon keesokan harinya. Keesokan paginya, Emhoff meninggalkan Harris pesan suara yang "panjang dan sedikit bertele-tele."

"Pesan suara itu, yang masih saya simpan hingga hari ini, panjang dan sedikit bertele-tele. Namun, dia terdengar seperti orang yang baik, dan saya tertarik untuk mengetahui lebih lanjut," tulis Harris.

Tidak ada kepura-puraan atau berpura-pura dengan Doug, tidak ada kesombongan atau bualan,” tulis Harris tentang pertemuan pertama mereka. “Ia tampak begitu nyaman dengan dirinya sendiri. Itulah sebagian alasan mengapa saya langsung menyukainya.”

Kamala Bertemu dengan Anak-anak Doug, Cole dan Ella

Emhoff sebelumnya menikah dengan Kerstin Emhoff, dan mereka memiliki dua orang anak, Cole dan Ella, yang diberi nama sesuai John Coltrane dan Ella Fitzgerald. Dalam artikelnya di Elle pada Mei 2019, Harris mengungkapkan niatnya untuk bersikap santai saat bertemu dengan anak-anak Emhoff.

“Sebagai anak korban perceraian, saya tahu betapa sulitnya saat orang tua mulai berpacaran dengan orang lain,” tulisnya. “Dan saya bertekad untuk tidak mencampuri kehidupan mereka sampai Doug dan saya memastikan bahwa kami akan menjalani hubungan ini untuk jangka panjang.”

Harris mengatakan mereka menunggu “sekitar dua bulan” setelah kencan pertama mereka agar ia bisa bertemu dengan anak-anak, tetapi anak-anak “sangat ramah.”

"Mereka adalah anak-anak yang cerdas, berbakat, dan lucu yang telah tumbuh menjadi orang dewasa yang luar biasa," tulisnya. "Saya sudah terpikat pada Doug, tetapi saya yakin Cole dan Ella-lah yang menarik saya."

Saat Doug Melamar Kamala

Harris menceritakan bahwa Emhoff melamarnya saat ia sedang stres mencari celana yang hilang sebelum pergi ke Italia. Setelah setuju untuk memesan makanan, Emhoff mengajukan pertanyaan, dan Harris awalnya tidak menyadarinya. "Aku ingin menghabiskan hidupku bersamamu," kata Emhoff padanya.

"Aku sama sekali tidak menyadari pentingnya apa yang dikatakannya. Aku bahkan tidak mendongak. Pikiranku masih tertuju pada celana hitam itu," tulisnya.

"'Tidak, aku ingin menghabiskan hidupku bersamamu,' katanya lagi," Harris menceritakan. "Saat aku mendongak, ia berlutut. Dia berencana melamar di depan Ponte Vecchio, tetapi begitu dia mendapatkan cincin itu, dia tidak bisa merahasiakannya.” Harris menulis bahwa dia menangis dan berkata ya.

Kamala Harris dan Doug Menikah Tahun 2014

Harris dan Emhoff menikah pada 22 Agustus 2014, dalam sebuah upacara kecil yang dipimpin oleh adik perempuan Harris, Maya. Anak-anak Emhoff dan Harris sepakat untuk tidak menggunakan istilah “ibu tiri”, dan memilih “Momala”.

Harris dan Emhoff menghabiskan lebih banyak waktu di Washington, D.C., setelah Harris terpilih sebagai salah satu senator California. Pada Januari 2020, Emhoff mulai mengajar hukum di Georgetown University Law Center.

Pilihan Editor: Jadi Calon Presiden Perempuan Kulit Hitam Pertama di Amerika, Kamala Harris Ingat Pesan Ibu

INDIAN EXPRESS 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."