Mengenal Lebih Dekat Cut Intan Nabila: Dulu Atlet Anggar, Kini Selebgram

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Cut Intan Nabila. Foto: Instagram/@cut.intannabila

Cut Intan Nabila. Foto: Instagram/@cut.intannabila

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selebgram dan mantan atlet anggar, Cut Intan Nabila tengah menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Dia menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh suaminya, Armor Toreador Gustifante.

Setelah Intan mengungkapkan kekerasan yang dialaminya melalui media sosial Instagram pada Selasa siang, 13 Agustus 2024, pihak kepolisian pun bergerak cepat untuk menangkap Armor Toreador. Di hari yang sama, Polres Bogor berhasil meringkus Armor di sebuah hotel di kawasan Kemang, Jakarta Selatan dan menetapkannya sebagai tersangka pelaku KDRT.

Atas tindakannya, Armor pun terancam dijerat pasal berlapis, yakni Pasal KDRT, Pasal Kekerasan Terhadap Anak, dan Pasal Penganiayaan. Dia juga terancam pidana penjara maksimal 10 tahun penjara.

Menjadi sorotan publik, informasi terkait sosok Intan pun dicari publik. Berikut beberapa fakta mengenai sosok Cut Intan Nabila yang menjadi korban KDRT suaminya.

1. Menikah Muda

Cut Intan Nabila adalah perempuan asal Aceh yang lahir pada 23 Maret 2001 silam. Saat ini, dia berusia 23 tahun dan sudah menjalani kehidupan rumah tangga selama lima tahun.

Setelah lulus SMA dan baru berusia 18 tahun, Intan memutuskan untuk menikah muda bersama Armor Toreador. Hal ini diungkapkan Intan saat menjadi bintang tamu di acara bincang-bincang pada kanal YouTube Nadzira Shafa.

Aku nikah muda dan itu muda banget teman-teman. Mungkin kalau Tami, Dzira, itu kalian udah 20 tahun menikah, tapi aku masih belasan tahun nikah. Tepatnya lulus SMA aku langsung nikah,” ucap Intan kala itu.

2. Ibu Tiga Anak

Dari pernikahan dia dengan Armor, mereka dikaruniai tiga orang anak yang masing-masing berusia 4 tahun, 3 tahun, dan 1 bulan. Anak pertama Intan dan Armor lahir pada tahun 2020. Kemudian anak kedua mereka lahir pada 2021, dan Juli 2024 lalu Intan baru saja melahirkan anak ketiganya.

3. Mantan Atlet Anggar Berprestasi

Sejak sekolah, Intan dikenal sebagai seorang atlet dari cabang olahraga anggar. Dia bahkan pernah mengikuti ajang Kejuaraan Nasional atau Kejurnas Anggar pada 2018 silam.

Selain aktif di olahraga, Intan juga merupakan siswa yang berprestasi saat masih sekolah. Dia pernah menjadi Juara Harapan III Duta Pelajar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Kamtibmas 2018. Pada 2017, dia juga pernah membawa pulang gelar juara III Duta Pelajar Sadar Hukum Jenjang SMA Tingkat Kota Banda Aceh.

4. Jadi Selebgram

Setelah memutuskan untuk menikah dengan Armor, Intan pun melepas kariernya sebagai seorang atlet anggar. Dia bahkan merelakan pendidikannya untuk fokus menjadi ibu rumah tangga.

Kini, Intan menekuni karier sebagai seorang selebgram dengan jumlah pengikut di akun Instagram yang mencapai satu juta pengikut. Dia kerap menerima endorsement dari berbagai macam produk lokal, mulai dari hijab, gamis, hingga perlengkapan anak untuk kedua buah hatinya.

5. Korban KDRT

Intan membongkar kasus KDRT yang dilakukan suaminya melalui unggahan di akun Instagram pribadinya pada Selasa, 13 Agustus 2024. Melalui keterangan unggahannya, Intan mengatakan bahwa ini bukan kali pertama dirinya menjadi korban KDRT. Dia pun menyimpan puluhan video bukti kekerasan yang dilakukan sang suami.

Selama ini saya bertahan karna anak, ini bukan pertama kalinya saya mengalami KDRT, ada puluhan video lain yang saya simpan sebagai bukti,” tulis Intan pada keterangan unggahannya, Selasa, 13 Agustus 2024.

Dalam video itu, pada awalnya terlihat perdebatan panas antara Intan dan suaminya. Armor juga terdengar beberapa kali mengucapkan kata-kata kasar. Suasana yang awalnya hanya diwarnai dengan cekcok mulut, lalu berubah menjadi aksi kekerasan fisik. 

Tubuh Intan tampak dipukul beberapa kali oleh Armor Toreador, dengan tangan Armor yang menjambak rambut Intan. Meskipun istrinya sudah berteriak kesakitan dan meminta ampun, namun Armor tetap melanjutkan aksinya.

Bahkan, anak bayi mereka yang baru lahir bulan lalu terlihat ikut tertendang oleh kaki Armor di atas kasur. Bayi berusia satu bulan yang sedang tidur itu pun sampai berubah posisi karena terkena kaki Armor.

Doa terbaik dan peluk erat untuk Cut Intan Nabila bersama ketiga anaknya.

Pilihan Editor: Menjadi Korban KDRT Seperti yang Dialami Cut Intan Nabila, Ini Langkah Meminta Bantuan

RADEN PUTRI | JIHAN RISTIYANTI | INTAN SETIAWANTY

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."