Mengenal Srikandi BUMN, Siapa Saja Sosok di Baliknya?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Pengurus inti Srikandi BUMN 2021-2024, dari kiri Christine Hutabarat (sekretaris), Tina T. Kemala Intan (ketua), dan Winarsih Budiriani (bendahara). Foto: Dok. HIN/Pupuk Indonesia/Srikandi BUMN.

Pengurus inti Srikandi BUMN 2021-2024, dari kiri Christine Hutabarat (sekretaris), Tina T. Kemala Intan (ketua), dan Winarsih Budiriani (bendahara). Foto: Dok. HIN/Pupuk Indonesia/Srikandi BUMN.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sahabat Cantika tahu tentang Srikandi BUMN? Kehadirannya sebagai komunitas perempuan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk saling mendukung dalam berkarya dan berprestasi dengan beragam peran, baik sebagai ibu, istri, maupun pekerja.

Dikutip dari laman srikandibumn.org, tujuan dari komunitas ini yaitu untuk memberi wadah bagi perempuan berkarya di BUMN agar dapat saling mendukung, membangun kapasitas, mampu beradaptasi, serta menjaga keseimbangan perannya.

Srikandi BUMN mempunyai pengurus yang dikukuhkan pada 7 April 2021 oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Ketua Srikandi BUMN, Tina Kemala Intan, dan para pengurus ini bertugas selama periode 2021-2024.

Program Srikandi BUMN antara lain di bidang kajian dan pendampingan perempuan, pendidikan dan pengembangan, kesehatan dan kesejahteraan, komunikasi dan kerjasama, serta sosial masyarakat.

Struktur Organisasi Srikandi BUMN Indonesia terdiri dari:

  • Ketua Srikandi BUMN
  • Sekretariat Jenderal Srikandi BUMN
  • Bendahara Srikandi BUMN
  • Ketua I (Bidang Kajian dan Pendampingan Perempuan)
  • Ketua II (Bidang Pendidikan dan Pengembangan)
  • Ketua III (Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan)
  • Ketua IV (Bidang Komunikasi dan Kerjasama)
  • Ketua V (Bidang Sosial Masyarakat)

Berikut nama-nama dan profil singkat pengurus inti Srikandi BUMN periode 2021-2024: 

1. Tina T. Kemala Intan

Ketua Srikandi BUMN periode 2021-2024, Tina T. Kemala Intan. Foto: Dok. Pupuk Indonesia.

Ketua Srikandi BUMN periode 2021-2024, Tina T. Kemala Intan merupakan Direktur Sumber Daya Manusia, Tata Kelola, dan Manajemen Risiko PT Pupuk Indonesia (Persero). Ia meraih gelar sarjana psikologi dari Universitas Padjadjaran tahun 1985.

Sebelumnya, Tina menjabat sebagai Direktur Human Capital, Umum, dan IT PT Angkasa Pura II (2017-2019) kemudian Direktur Human Capital & Legal PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (2016-2020) dan menjadi Dewan Komisaris PT Angkasa Pura Solusi (2018-2019). 

Dia juga memiliki pengalaman sebagai konsultan di beberapa kementerian, lembaga pemerintah, perbankan, dan BUMN serta perusahaan swasta (2012-2017). 

2. Christine Hutabarat

Christine Hutabarat adalah Sekretaris Jenderal Srikandi BUMN periode 2021-2024. Foto: Dok. PT Hotel Indonesia Natour.

Christine Hutabarat adalah Sekretaris Jenderal Srikandi BUMN. Saat ini dia bertugas sebagai Direktur Strategi Bisnis dan Pemasaran PT Hotel Indonesia Natour (Persero).

Christine lahir tahun 1976 di Denpasar, Bali. Dia menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Kristen Indonesia, Jakarta dengan jurusan Sarjana Sastra Inggris, lalu mengambil Megister Keuangan di Universitas Gajah Mada, Yogjakarta, serta pendidikan S3 dengan gelar Doktor di Universitas Brawijaya, Malang.

Christine sebelumnya adalah Direktur Perencana dan dan Pengembangan PT ASDP Indonesia Ferry, setelah berkiprah meningkatkan Pelayanan di ASDP, dia kini ditantang oleh Menteri BUMN Erick Tohir untuk mengembangkan Hotel Indonesia Natour (HIN).

3. Dewi Aryani Suzana

Dewi Aryani Suzana, Wakil Sekretaris Jenderal Srikandi BUMN periode 2021-2024. Foto: Dok. PT. Jasa Raharja.

Dewi Aryani Suzana adalah Wakil Sekretaris Jenderal Srikandi BUMN. Lahir di Bogor pada 1965, Dewi menempuh pendidikan bisnis administrasi tahun 2002 dan ilmu komunikasi pada 2010. Dia lalu mengikuti Sertifikasi dalam Bidang IT dan Risk Management, seperti Certified Risk Governance Professional (CRGP) dan Certified COBIT 5.

Dewi menjadi Kepala Unit Keuangan Kantor Cabang Utama Ritel pada PT Asuransi Jasa Indonesia pada 1997-2007, kemudian bertugas sebagai Kepala Unit Keuangan Kantor Cabang Utama Korporasi tahun 2007-2012, dan menjabat menjadi Kepala Divisi Teknologi Informasi di PT Asuransi Jasa Indonesia pada tahun 2012-2018. Kini, dia menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum di PT Jasa Raharja sejak tahun 2018.

4. Winarsih Budiriani

Winarsih Budiriani, Bendahara Srikandi BUMN periode 2021-2024. Foto: Dok. PERURI.

Winarsih Budiriani kini menjadi Bendahara Srikandi BUMN. Dia merupakan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI). Winarsih sebelumnya merupakan Direktur SDM dan Umum Peruri. 

5. Merlany Legitasari

Merlany Legitasari, Wakil Bendahara Srikandi BUMN periode 2021-2024. Foto: Dok. PT Virama Karya (Persero).

Merlany Legitasari saat ini adalah Wakil Bendahara Srikandi BUMN. Dia menjabat sebagai Direktur PT Virama Karya (Persero).

Merlany lahir di Jakarta pada 6 Maret 1973. Ia meraih gelar Sarjana Teknik Sipil di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (1997). Lalu mengambil gelar S2 Teknik dari Universitas Indonesia (2004).

Merlany awalnya adalah Kepala Divisi Pemasaran Pada PT Virama Karya (Persero) Tahun 2013.

Itulah profil singkat para pengurus inti Srikandi BUMN, serta penjelasan mengenai komunitas ini. Semoga sukses menjalankan tugas!

Pilihan Editor: Daftar Perempuan Pemimpin BUMN, dari Nicke Widyawati hingga Fetty Kwartati

BERBAGAI SUMBER

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."