Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Pakai Baju Adat Kustin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Presiden Joko Widodo (keempat kanan) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo (kanan) didampingi Menhan  Prabowo Subianto (keempat kiri) memberikan penghormatan kepada peserta upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di lapangan upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu 17 Agustus 2024. Upacara dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-79 RI tersebut mengusung tema Nusantara Baru Indonesia Maju. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Presiden Joko Widodo (keempat kanan) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo (kanan) didampingi Menhan Prabowo Subianto (keempat kiri) memberikan penghormatan kepada peserta upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di lapangan upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu 17 Agustus 2024. Upacara dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-79 RI tersebut mengusung tema Nusantara Baru Indonesia Maju. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu pagi, 17 Agustus 2024. Ini merupakan kali pertama Upacara 17 Agustus dihelat di IKN. Di momen bersejarah itu, Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan baju adat Kustin.

Baju adat tersebut merupakan pakaian khas suku Kutai dan terinspirasi dari Kesultanan Kutai Kertanegara.

Bapak tiga anak itu tampak mengenakan atasan bahan beludru warna hitam. Baju itu dihiasi corak payet emas dan kancing emas di bagian depan yang memberikan kesan mewah.

Baju itu dipadukan dengan celana panjang hitam dan kain dodot coklat bermotif batik. Jokowi juga melengkapi penampilan dengan hiasan kepala bahan beludru warna hitam beludru berhias corak emas dan detail bulu-bulu yang mewarnai bagian atasnya. Alas kaki yang dipakai Jokowi adalah sepatu hitam.

Adapun Ibu Negara Iriana memakai kebaya beludru berwarna hitam dihiasi corak payet emas dipadu dengan kain batik coklat bercorak sama dengan Presiden Jokowi. Ibu Gibran Rakabuming Raka itu melengkapi penampilannya dengan sanggul besar dan rapi dihiasi dua tusuk konde keemasan yang menjulang di sisi kirinya.

Iriana juga memakai anting subeng, kalung panjang, dan gelang model bangle warna emas. Dan, saat menuruni tangga Istana Negara IKN, Iriana membawa kipas warna hitam.

Untuk riasannya, Iriana tampil dengan gaya andalannya, flawless dan lipstik berwarna fuchsia favoritnya. Soal alas kaki, nenek Jan Ethes itu memakai selop warna hitam.

Baju adat Kustin sendiri merupakan warisan Kesultanan Kutai Kertanegara. Baju ini memiliki makna kebesaran.

Pada masanya, baju adat Kustin hanya dikenakan oleh Sultan dan keturunannya.  Selain acara penting, Sultan memakai baju adat Kustin di upacara Erau, yang merupakan perhelatan terbesar dan termegah di Kesultanan Kutai Kartanegara.

Tak heran bila baju ini dikenal sebagai baju bangsawan ala Kalimantan Timur. Namun seiring waktu, baju adat Kustin juga dikenakan oleh masyarakat umum pada momen-momen tertentu.

Dikutip dari Antara, berdasarkan informasi yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang mengikuti upacara Detik-Detik Proklamasi dari Istana Merdeka Jakarta, mengenakan pakaian adat Pontianak, Kalimantan Barat. Wapres Ma'ruf mengenakan pakai suku Melayu Sambas, Pontianak, Kalimantan Barat.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan diselenggarakan di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur dan diikuti secara hybrid dari Istana Merdeka, Jakarta.

Sebagai informasi, ini merupakan tahun terakhir Presiden Jokowi memimpin upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Pilihan Editor: 4 Fakta Menjelang Upacara 17 Agustus di IKN, Jumlah Tamu Kenegaraan Dikurangi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."