10 Cara Mengencangkan Payudara Agar Terlihat Naik Tanpa Oplas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi kesehatan payudara. shutterstock.com

Ilustrasi kesehatan payudara. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Payudara kendur adalah perubahan alami dari penuaan tubuh. Payudara turun juga dapat terjadi karena berbagai faktor seperti kehamilan, menyusui, penurunan berat badan, merokok, menopouse, atau genetika.

Meskipun penting untuk menerima tubuh kita dalam segala bentuk dan rupa, tidak dapat disangkal bahwa rasa percaya diri meningkat ketika kita merasa nyaman dengan penampilan diri sendiri.

Jangan khawatir, ada berbagai cara mengencangkan payudara yang kendur agar naik kembali. Proses ini bukan operasi yang membutuhkan biaya mahal, lho! Berikut uraiannya!

1. Latihan Kekuatan Otot

Latihan kekuatan yang menargetkan otot dada dapat membantu mengangkat dan mengencangkan payudara yang kendur. Gabungkan latihan seperti chest press, push-up, dan dumbbell flies ke dalam rutinitas latihan Anda sebagai cara mengencangkan payudara.

Latihan-latihan ini tidak hanya memperkuat otot-otot di bawah payudara, tapi juga memperbaiki postur tubuh. Latihan ini dapat membuat payudara Anda tampak lebih kencang.

2. Bra yang Mendukung

Berinvestasilah pada bra yang pas dan mendukung. Ini jadi cara mengencangkan payudara secara alami sekaligus cara mengencangkan payudara setelah menyusui.

Cari bra dengan kawat dan tali lebar yang memberikan dukungan yang cukup. Bra olahraga yang bagus juga penting, terutama selama aktivitas tinggi, untuk meminimalkan gerakan payudara dan mencegah kendur lebih lanjut.

3. Pertahankan Berat Badan yang Ideal

Fluktuasi berat badan dapat menyebabkan payudara kendur. Berusahalah untuk mempertahankan berat badan yang sehat melalui diet seimbang dan olahraga teratur. 

Menurunkan berat badan secara bertahap dan menghindari diet ketat dapat membantu mencegah perubahan cepat pada ukuran payudara, sehingga jadi cara mengencangkan payudara kendur.

4. Hidrasi Kulit

Menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap dapat meningkatkan elastisitas dan kekencangannya. Oleskan pelembap atau losion yang mengandung bahan-bahan seperti kolagen, vitamin E, atau shea butter ke payudara Anda setiap hari. 

Tetap terhidrasi dengan minum banyak air juga membantu menjaga elastisitas kulit. Program ini bisa jadi cara mengencangkan payudara sebelum tidur.

5. Koreksi Postur

Cara mengencangkan payudara kendur lainnya yaitu dengan memperhatikan postur tubuh. Postur yang buruk dapat menonjolkan payudara yang kendur. 

Latih postur yang baik dengan berdiri dan duduk tegak dengan bahu ke belakang dan dada terangkat. Melibatkan otot inti Anda juga dapat memberikan dukungan tambahan pada payudara Anda dan meningkatkan keselarasan tubuh secara keseluruhan.

6. Latihan Dada

Selain latihan kekuatan, latihan khusus yang menargetkan dada dan tubuh bagian atas dapat menjadi cara mengencangkan payudara secara alami dalam waktu 1 minggu.

Gabungkan latihan seperti chest press, chest flies, dan wall push-up ke dalam rutinitas kebugaran Anda. Konsistensi adalah kuncinya, jadi usahakan untuk melakukan latihan ini setidaknya dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil yang nyata.

7. Jangan Merokok atau Berhenti Merokok

Cara mengencangkan payudara secara alami salah satunya adalah berhenti merokok bagi Anda yang memiliki kebiasaan ini. Merokok mempercepat proses penuaan. 

Penuaan menyebabkan jaringan — termasuk ligamen payudara — kehilangan kekencangan. Merokok secara khusus mempercepat penuaan dengan menghancurkan elastin, protein yang membantu kulit tetap kenyal.

8. Jalani Tes Hormon

Penurunan hormon estrogen, yang biasanya terjadi selama menopause, dapat dikaitkan dengan penurunan kolagen jaringan. Menemukan cara yang sehat untuk meningkatkan kadar estrogen (seperti dengan fitoestrogen atau suplemen) dapat memperbaiki bentuk dan bentuk payudara.

Bicaralah dengan dokter Anda dan lakukan tes sebelum mencoba meningkatkan kadar estrogen Anda. Hal ini bisa jadi cara mengencangkan payudara agar naik kembali.

9. Pertimbangkan Kehamilan dengan Hati-hati

Jika keinginan Anda lebih besar untuk memiliki penampilan payudara tidak berubah daripada menambah keluarga, pertimbangkan untuk tidak hamil saat ini.

Dikutip dari Healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa semakin banyak kehamilan yang dialami seorang wanita, semakin besar kemungkinan ia akan mengalami payudara kendur.

10. Pilih Outfit yang Cocok

Cara mengencangkan payudara tanpa banyak usaha bisa dengan membuka lemari pakaian Anda. Kemeja dan gaun dengan leher berbentuk V, leher rendah, atau leher berbentuk hati adalah yang terbaik untuk memamerkan belahan dada Anda dan memberikan ilusi dada terangkat.

Hal yang hebat tentang trik ini adalah Anda dapat menggabungkannya dengan trik lain untuk efek yang maksimal.

Nah, Sahabat Cantika, itulah 10 cara mengencangkan payudara yang kendur agar naik kembali, tanpa proses operasi. Tertarik mencoba?

Pilihan Editor: Pekan ASI Sedunia, Ibu Menyusui Tidak Disarankan Pakai Bra Berkawat

HEALTHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."