Rayakan HUT ke-79 RI, Yuk Intip Pesona Farra Jaidi Pamerkan Gaya Makeup 10 Provinsi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Farra Jaidi/Foto: Instagram/Farra Jaidi

Farra Jaidi/Foto: Instagram/Farra Jaidi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak cara merayakan HUT ke-79 RI salah satunya mengikuti tren makeup 38 Provinsi yang kini tengah viral di sosial media. Salah satu konten kreator yang mencoba kemampuan dalam mengekspresikan kreaititasnya lewat riasan ini adalah Farra Jaidi. 

Melalui akun Instagram pribadinya @Farrajaidi, ia mengunggah video aksinya alam berbagai riasan dan baju adat dari berbagai wilayah di Indonesia, dikutip Minggu 18 Agustus 2024. Hingga hari ini, tayangan tersebut telah mendapat 41.400 like, 2,690 komentar dan dibagikan sebanyak 1.664 kali.

Sementara di akun TikTok pribadinya, video serupa meraih 2,2 juta likes, 19.600 komentar dan disimpan oleh 112.800 pengguna TikTok. Farra Jaidi memilih berbagai sound untuk tren 38 Provinsi, mulai dari Wonderland karya Alffy Rev, Nurlela - Trio Lestari, Tari Raroeh Jaroe, Lingsir Wengi - Nurhana dan Milikku dari A. Rafiq.

Perempuan keturunan Arab itu menyematkan tulisan Indahnya Keberagaman Budaya Indonesiaku (emoticon love) serta Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia di dalam video buatannya.

Lebih lanjut, Farra Jaidi turut membacakan teks proklamasi lewat tulisan kertas berwarna merah yang dibuatnya, lho. Seperti apa detail penampilannya? Yuk, intip.

1. Tampil manis ala penari Saman 

Farra Jaidi mengenakan baju penari Saman dari Aceh/Foto: TikTok/Farra Jaidi

Farra Jaidi tampak berpakaian ala penari Saman, yakni tarian tradisional dari suku Gayo, Aceh Tenggara. Untuk diketahui,tarian ini memiliki keunikan dari para penari yang bergerak bersama seiring dengan syair lagu yang dinyanyikan.

Tari Saman juga telah diakui sebagai warisan budaya tak benda asli Indonesia oleh UNESCO pada 24 November 2011 silam. Konten kreator keturunan Aceh itu telihat memakai lambang bulung teleng (tengkuluk) atau dasar kain hitam berbentuk empat persegi di bagian atas kepala dengan kombinasi warna hitam dan emas. 

Sementara untuk busananya, penari Saman wajib menggunakan baju Kerawang Gayo, lengkap dengan celana dan kain sarung. Farra Jaidi memilih Kerawang Gayo warna biru muda, hitam dan emas, sehingga membuat penampilannya makin manis. Sedangkan soal riasan wajah, ia memilih silver eyeshadow, peach blush on dan coral lipstick untuk memaksimalkan visual videonya.

2. Tampil glamor dengan pakaian adat Lampung

Farra Jaidi mengenakan baju adat Lampung/Foto: TikTok/Farra Jaidi

Farra Jaidi tampak glamor dengan busana adat Lampung yang terdiri dari kebaya warna maroon, kain tapis, ikat pinggang (bebet) dan sandal selop. Lebih lanjut, ia juga mengenakan silver statement earrings, gold siger dan lipstick warna merah. 

Sebagai informasi, siger Lampung memiliki bentuk seperti tanduk dengan hiasan bunya yang ditatak bertitik-titik. Benda ini mempunyai makna 'Jurai Sembilan' yang artinya 9 suku pertama yang menempati Lampung, serta 9 sungai besar yang mengaliri Lampung, yakni Way Semangka, Way Sekampung, Way Seputih, Way Pangubuan, Way Abung Sarem, Way Sungkai, Way Kanan, Way Tulangbawang, dan Way Mesuji.

3. Tampil colorful dengan kebaya encim Betawi

Farra Jaidi mengenakan kebaya encim Betawi ala Abang-None dari Betawi/Foto: TikTok/Farra Jaidi

Konten kreator dengan total followers TikTok sebanyak 1,6 juta di atas tampak nyentrik dengan kebaya encim Betawi warna merah dan kerudung warna kuning. Farra Jaidi juga merias wajahnya dengan lipstik merah, high arch eyebrow shape serta kontak lens warna silver. 

4. Tampil eksotis dengan baju adat Papua

Farra Jaidi mengenakan baju ada Papuadari Aceh/Foto: TikTok/Farra Jaidi

Terakhir Farra Jaidi tampil kece dengan busana khas Papua yakni baju kain rumput warna cokelat, lengkap dengan hiasan rumbai yang terbuat dari bulu burung kasuari warna cokelat dan putih. Ia juga menambahkan kalung aksen kulit kerang dan hiasan kayu yang bikin penampilannya makin kece.

Itu dia cara kece Farra Jaidi yang turut merayakan HUT ke-79 RI dengan mengikuti tren 38 Provinsi. Kalau kamu lebih suka nomor berapa nih, Sahabat Cantika?

Pilihan Editor: Sambut HUT ke-79 RI, Ini 9 Diskon Makanan dan Minuman 17 Agustus 2024

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."