Weton Tulang Wangi Apa Saja? Ini 12 Daftar Lengkapnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Seseorang dengan weton tulang wangi diyakini memiliki kekuatan spiritual yang besar dan disukai makhluk gaib. Berikut ini ciri-cirinya.  Foto: Canva

Seseorang dengan weton tulang wangi diyakini memiliki kekuatan spiritual yang besar dan disukai makhluk gaib. Berikut ini ciri-cirinya. Foto: Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Weton adalah salah satu kepercayaan masyarakat Jawa. Weton merupakan hari lahir seseorang dengan pasarannya yang meliputi Legi, Pahing, Pon, Wage serta Kliwon. Dari beberapa weton, ada satu weton yang disebut memiliki keistimewaan dan kelebihan dibanding weton lainnya, yakni weton tulang wangi.

Tulang Wangi Weton Apa?

Weton tulang wangi adalah istilah dalam budaya jawa yang merujuk pada orang yang memiliki weton dengan daya tarik yang kuat. Pemilik weton tulang wangi biasanya memiliki aura atau aroma khas yang membuat makhluk gaib tertarik kepadanya.

Hal inilah yang menyebabkan weton tulang wangi termasuk dalam salah satu weton yang paling peka terhadap makhluk tak kasat mata di sekitarnya.

Tak hanya itu, orang-orang dengan weton tulang wangi juga dipercaya memiliki beberapa keistimewaan di antaranya, memiliki intuisi yang kuat, berjiwa pemimpin, rezekinya dipermudah, dan punya aura wibawa yang kuat. 

Lantas, weton tulang wangi apa saja? Yuk simak daftar weton tulang wangi berikut ini!

1. Senin Kliwon

Weton tulang wangi yang pertama yaitu Senin Kliwon. Seseorang yang memiliki weton ini berarti mempunyai neptu yang besar, yaitu 12 karena nilai Senin 4 dan nilai pasaran Kliwon 8.

Berdasarkan ramalan kamus Primbon Jawa Kuno, salah satu sifat buruk yang dimiliki oleh weton Senin Kliwon adalah mereka termasuk dalam kategori orang yang mudah panik.

Selain itu, Senin Kliwon juga memiliki beberapa sifat buruk lainnya, seperti mudah resah dan overthinking. Namun, kelebihan weton Senin Kliwon adalah memiliki IQ di atas rata-rata dan berwawasan luas.

2. Senin Wage

Weton yang termasuk tulang wangi berikutnya adalah Senin Wage. Seseorang yang memiliki weton ini mempunyai neptu kecil, yaitu 8 dengan nilai Senin 4 dan nilai pasaran Wage sebesar 4.

Untuk wataknya, pemilik weton Senin Wage dinilai keras dan berapi-api, baik dalam hal positif maupun negatif. Senin Wage juga diramal sebagai sosok yang pendedam lho, Sahabat Cantika!

3. Senin Pahing

Seseorang yang memiliki weton tulang wangi ini berarti mempunyai neptu yang besar, yaitu 13 dengan nilai Senin 4 dan nilai pasaran Pahing 9.

Menurut weton, orang-orang yang lahir dengan weton Senin Pahing, cenderung pemalu dan pendiam. Saking malunya, weton Senin Pahing lebih suka menyendiri dan tergolong ke dalam kategori orang introvert.

Meski pemalu, weton Senin Pahing adalah tipe orang yang mandiri dan baik pada orang di sekitarnya.

4. Selasa Legi

Weton tulang wangi hari apa saja? Nah, Selasa Legi juga termasuk daftar weton ini.

Seseorang yang memiliki weton Selasa Legi berarti mempunyai neptu 8 dengan nilai hari Selasa 3 dan nilai pasaran Legi sebesar 5.

Orang-orang yang lahir di bawah weton Selasa Legi dikenal sebagai orang yang mudah tersulut emosi. Mereka juga mudah marah dan dapat meledak-ledak.

Namun, sifat positifnya yaitu ambisius dan mandiri dibandingkan weton lainnya. Karena ketika Selasa Legi memiliki keinginan, mereka akan berusaha maksimal dan melakukan segala hal untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

5. Rabu Pahing

Weton tulang wangi selanjutnya adalah Rabu Pahing. Orang yang memiliki weton ini berarti mempunyai neptu yang besar, yaitu 16 dengan nilai Rabu 7 dan nilai pasaran Pahing 9.

Salah satu ciri khas dari karakter pemilik weton Rabu Pahing adalah tenang dan tidak mudah marah. Mereka juga dikenal dengan segudang sifat baiknya, mulai dari suka menolong, mudah beradaptasi, dan memberikan atmosfer bahagia pada orang sekitarnya.

Namun, sifat buruknya yaitu weton ini cenderung serakah, khususnya dalam perhitungan keuangan.

6. Rabu Kliwon

Orang dengan weton tulang wangi yang satu ini memiliki neptu 15. Mereka dikenal baik, pintar, serta disiplin. 

Meski demikian, weton ini juga memiliki beberapa sifat buruk, seperti mudah marah dan tersinggung. Mereka juga suka membantah.

7. Kamis Wage

Weton tulang wangi ini memiliki jumlah neptu 12. Dengan jumlah neptu ini, weton Kamis Wage memiliki beberapa keistimewaan dalam hal karier, watak, dan cinta.

Dikutip dari laman Budaya Jawa, secara umum, weton Kamis Wage mempunyai watak yang baik hati. Namun, memiliki sisi keras kepala dan mudah marah.

Sikap tersebut yang kerap membuat masalah bagi para pemilik Kamis Wage karena tindakannya sering disalahpahami. Namun kelebihannya, mereka bertanggung jawab dan memiliki kemampuan untuk hidup susah dan menderita.

8. Sabtu Wage

Pada hitungan Jawa, orang dengan kelahiran hari Sabtu mempunyai neptu bernilai 9 serta Wage mempunyai neptu bernilai 4. Weton tulang wangi satu ini cenderung lebih introvert dan selalu ingin menghabiskan waktu sendirian.

Sayangnya, perilaku tertutup ini justru memunculkan prasangka bagi orang lain dan kerap dipandang remeh oleh orang di sekitarnya. Namun, orang dengan weton Sabtu Wage selalu memiliki watak sabar, tidak pendendam, dan tegar.

Mereka juga tidak takut untuk menghabiskan hidupnya sendirian tanpa teman karena sudah terbiasa untuk mandiri.

9. Sabtu Legi

Weton Sabtu Legi berarti mempunyai neptu yang besar, yaitu 15 dengan nilai hari Sabtu 9 dan nilai pasaran Legi sebesar 5. Weton tulang wangi ini dikenal dengan sifat baiknya yang mampu mengayomi orang-orang di sekitarnya.

Mereka juga mudah bergaul dan pandai beradaptasi. Sisi buruknya, weton ini sulit ditebak dan juga kerap boros, lho!

10. Minggu Pon 

Minggu Pon adalah weton tulang wangi yang memiliki 12 neptu dan termasuk memiliki karakter yang unik.

Menurut Primbon Jawa, orang yang lahir pada Minggu Pon memiliki watak Pancasuda Bumi Kapetak, yang menandakan beberapa sifat positif seperti giat bekerja dan tekun, aktif dan usil, tahan menderita, serta penuh cinta kasih.

Namun, weton ini juga perlu belajar untuk menemukan keseimbangan antara keberanian dan kebijakan dalam mengambil keputusan.

11. Minggu Kliwon

Weton tulang wangi Minggu Kliwon memiliki watak yang serupa dengan bintang. Maksudnya, orang dengan weton ini sifatnya cenderung tertutup, pendiam, dan penyendiri.

Meski pendiam, weton ini memiliki persahabatan dan pertemanan yang luas dan terbilang asyik untuk dijadikan sahabat dan teman ngobrol. Mereka juga suka menolong dan dermawan.

Namun, watak buruknya adalah, weton ini rela disakiti, angkuh, serta mudah percaya dengan banyak orang.

12. Minggu Pahing

Selain 11 weton tulang wangi di atas, ada juga Minggu Pahing. Seseorang yang memiliki weton satu ini mempunyai neptu besar, yaitu 14 dengan nilai hari Minggu 5 dan nilai pasaran Pahing sebesar 9.

Walaupun Minggu Pahing termasuk ke golongan pendiam, mereka ternyata berwawasan luas dan sangat cerdas, serta teliti.

Berdasarkan Kamus Primbon Jawa, orang yang lahir dengan weton Minggu Pahing memiliki sifat seperti lakuning rembulan atau bulan yang bersinar.

Maknanya adalah mereka dapat menerangkan di tengah kegelapan. Orang yang lahir dengan weton Minggu Pahing diibaratkan seperti bulan yang bersinar di tengah malam gelap.

Nah, Sahabat Cantika, itulah 12 daftar weton tulang wangi yang menjawab soal weton tulang wangi apa saja serta menjadi salah satu kepercayaan dan budaya masyarakat Jawa. Semoga bermanfaat, ya!

Pilihan Editor: Mengenal Primbon Jawa, Neptu, dan Weton yang Tidak Asing Bagi Masyarakat Jawa

AULIA ULVA | BERBAGAI SUMBER

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."