Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan Kulit, Cegah Kulit Kering dan Terbakar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Tanaman Aloe Vera atau Lidah Buaya. Pixabay.com/Devanath

Tanaman Aloe Vera atau Lidah Buaya. Pixabay.com/Devanath

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaAloe vera atau lidah buaya merupakan salah satu obat herbal yang paling banyak digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit. Hal ini dikarenakan komponen tanaman yang seperti gel ini diketahui dapat menyembuhkan kulit dari berbagai penyakit ringan. Bahkan, Anda mungkin pernah menggunakan aloe vera untuk mengatasi kulit terbakar, luka kecil, atau lecet kecil.

Meskipun memiliki kekuatan penyembuhan, Anda mungkin bertanya-tanya apakah lidah buaya aman digunakan pada wajah. Secara umum, jawabannya adalah ya. Jika digunakan dengan benar, aloe vera dapat membantu mengatasi berbagai penyakit yang mungkin menyerang kulit Anda. 

Aloe vera yang kita gunakan pada kulit dalam bentuk gel yang dijual bebas (OTC) berasal dari tanaman dengan nama yang sama.

Bahkan, ada lebih dari satu jenis aloe, dengan perkiraan 420 spesies berbedaSumber Tepercaya. Bentuk yang paling umum digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit adalah tanaman yang disebut aloe barbadensis Miller.

Dalam pengobatan konvensional, aloe vera digunakan sebagai gel topikal, yang terbuat dari zat seperti gel di dalam daun tanaman. Anda juga dapat menggunakan daunnya secara langsung dengan memecahnya dan memeras gelnya.

Namun, jauh lebih mudah menggunakan gel yang siap pakai, terutama dalam kasus luka bakar dan luka darurat. Gel aloe yang dijual bebas juga dapat mengandung bahan-bahan lain yang menenangkan kulit, seperti echinacea dan calendula.

Berikut 10 manfaat aloe vera untuk kesehatan kulit: 

1. Luka bakar

Untuk luka bakar ringan, oleskan gel lidah buaya ke area yang terkena hingga tiga kali sehari. Anda mungkin juga perlu melindungi area tersebut dengan kain kasa.

2. Terbakar sinar matahari

Meskipun lidah buaya membantu meredakan sengatan matahari, penelitian menunjukkan bahwa ini bukanlah cara yang efektif untuk mencegah sengatan matahari, jadi pastikan Anda memakai pelindung sinar matahari setiap hari!

3. Lecet kecil

Jika dagu atau dahi Anda lecet, Anda bisa mengoleskan lidah buaya ke area tersebut untuk menghilangkan rasa sakit dan sensasi terbakar dengan cepat. Gunakan tiga kali sehari.

4. Pemotongan

Jika Anda terbiasa menggunakan Neosporin untuk luka kecil, pertimbangkan untuk mencoba lidah buaya. Struktur molekulnya membantu menyembuhkan luka dengan cepat dan meminimalkan jaringan parut dengan meningkatkan kolagen dan melawan bakteri. Terapkan hingga tiga kali sehari.

5. Kulit kering

Gel lidah buaya mudah menyerap sehingga ideal untuk kulit berminyak. Namun, ini juga bisa membantu mengatasi kulit kering. Pertimbangkan untuk mengganti pelembap biasa Anda dengan lidah buaya setelah mandi.

6. Radang 

Radang dingin adalah kondisi serius yang memerlukan perawatan medis darurat. Meskipun gel aloe vera telah lama digunakan sebagai obat radang dingin, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mencobanya.

7. Luka herpes

Tidak seperti sariawan, luka dingin tumbuh di bagian luar mulut Anda. Aloe vera dapat membantu mengobati virus herpes, yang juga merupakan penyebab utama luka dingin. Oleskan sedikit gel ke luka dingin Anda dua kali sehari hingga hilang.

8. Eksim

Efek pelembap aloe vera dapat membantu meredakan kulit kering dan gatal yang terkait dengan eksim. Gel aloe vera juga dapat membantu meredakan dermatitis seboroik. Meskipun bentuk eksim berminyak ini paling sering ditemukan di kulit kepala, eksim ini juga dapat memengaruhi bagian wajah dan belakang telinga Anda.

9. Psoriasis

Seperti halnya eksim, aloe vera dapat membantu meredakan peradangan dan gatal akibat psoriasis. Untuk hasil terbaik, oleskan gel aloe vera dua kali sehari ke area kulit yang terkena.

10. Jerawat yang meradang

Karena efek antiperadangan dari aloe vera, gel ini dapat membantu mengobati jerawat yang meradang, seperti pustula dan nodul. Oleskan gel dengan kapas langsung ke jerawat tiga kali sehari.

Jika Anda mengalami kondisi kulit kronis, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggunakan produk apa pun ke wajah Anda. 

Pilihan Editor: Beda Cara Pakai Produk Kecantikan Aloe Vera 90 dan 99 Persen

HEALTH LINE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."