Michelle Obama Beri Pesan Menyentuh Lewat Gaya Rambut Kepang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Michelle Obama /Foto: Instagram/PS. Beauty

Michelle Obama /Foto: Instagram/PS. Beauty

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Ada banyak sekali wanita kulit hitam yang telah membuktikan lagi bahwa segala sesuatu mungkin terjadi. Selama masa jabatannya sebagai Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama tidak mengira ia bisa mengepang rambutnya — bukan hanya karena hal itu belum pernah dilakukan sebelumnya, tetapi juga karena, terlepas dari apakah orang-orang memilih untuk mengakuinya atau tidak, rambut bersifat politis. 

Pada 20 Agustus, ia mengenakan gaya rambut protektif di panggung dunia terbesar: di Konvensi Nasional Demokrat 2024 di Chicago. Dalam pidatonya, Michelle Obama berbicara tentang persatuan, perubahan, dan harapan yang datang bersama dengan kepresidenan Kamala Harris. Ia juga menyinggung tentang ketakutan dan diskriminasi yang ditimbulkan oleh pemerintahan Trump yang merusak keberhasilan seorang wanita kulit hitam yang terpelajar dan pekerja keras (berkata kepada orang banyak, "Siapa yang akan memberi tahu dia bahwa pekerjaan yang sedang ia cari saat ini mungkin hanya salah satu dari pekerjaan orang kulit hitam itu?"

Michelle Obama melakukan semua ini sambil mengepang rambut mikro ke samping dan ekor kuda panjang yang dikepang. Itu juga mengirimkan pesan yang perlu didengar dunia. Ini bukan pertama kalinya dia membagikannya secara luas; faktanya, saat melakukan tur pers untuk bukunya, "The Light We Carry: Overcoming in Uncertain Times" Michelle Obama menyebutkan bahwa dia ingin mengepang rambutnya selama masa jabatannya sebagai ibu negara Amerika Serikat, tetapi akhirnya memutuskan untuk tidak melakukannya. "Ya, kami harus bersikap lunak terhadap orang-orang," katanya di acara tersebut.

Kemudian, dalam percakapan dengan Revolt pada tanggal 14 Desember, dia menjelaskan: "Sejujurnya, kami adalah [presiden dan ibu negara kulit hitam pertama di Gedung Putih]. Mereka harus terbiasa dengan kami. Sekarang saya bisa muncul dengan kepang dan sekarang hanya itu yang kami bicarakan. Ketika kami saling beradu tinju, mereka mengubahnya menjadi aksi teroris. Hanya saja, siapa yang butuh kerepotan? Biar saya saja yang meluruskan rambut saya. Saya memakai rambut palsu, ekstensi, gaya rambut pelindung, karena Anda menata rambut setiap hari dan terkadang dua kali sehari. Saya tidak akan punya rambut di kepala saya jika saya meluruskannya sebanyak yang saya harus lakukan."

Selain beban mental yang mungkin dialaminya karena memikirkan penampilan dengan begitu saksama selama delapan tahun, keraguan Michelle Obama untuk menata rambutnya seperti yang benar-benar diinginkannya juga merupakan pengingat yang mengejutkan bahwa masyarakat masih memiliki jalan panjang untuk mencapai keadilan sejati. 

Pengungkapan tersebut menyoroti fakta bahwa tidak peduli seberapa kaya, seberapa terpelajar, atau seberapa diidolakannya wanita kulit hitam, standar kecantikan Eropa kulit putih masih membentuk cara orang diharapkan untuk hidup dalam peradaban Barat. Hal yang sama berlaku dalam perbincangan baru-baru ini seputar pilihan gaya rambut Kamala Harris.

Menurut Studi Penelitian CROWN Dove 2019 untuk Wanita, wanita kulit hitam 3,5 persen lebih mungkin dianggap "tidak profesional" karena rambut mereka, 30 persen lebih mungkin mengetahui kebijakan penampilan formal di tempat kerja, dan 80 persen lebih mungkin mengubah rambut alami mereka untuk memenuhi norma atau harapan sosial di tempat kerja. Fakta bahwa Michelle Obama, yang bisa dibilang salah satu tokoh paling berkuasa di dunia, masih merasakan tekanan yang sama seperti yang dirasakan wanita kulit hitam pada umumnya dalam hal menata rambut, sungguh menyedihkan sekaligus mengundang amarah.

Itulah sebabnya melihatnya di atas panggung di DNC 2024 dengan rambut kepang terasa seperti jari tengah bagi setiap orang yang telah membuatnya atau wanita kulit hitam lainnya meragukan pilihan gaya rambut mereka. Dari memakainya saat liburan di Martha's Vineyard hingga gaya rambut kepang setengah sanggulnya untuk acara pers resmi, era rambut kepang baru Obama hampir terasa seperti izin untuk menempati ruang — dan rasanya menyenangkan untuk melihat, menjadi model, dan dimuliakan dalam diam.

Sudah saatnya wanita kulit hitam merasa aman dan berdaya untuk menata rambut sesuai keinginan kita — tanpa pemikiran dan wacana yang menyertainya. Tidak adil bagi seluruh kelompok orang untuk harus mempertimbangkan sesuatu yang sekecil keputusan kecantikan dengan reaksi yang berpotensi berlebihan yang dapat memengaruhi mata pencaharian mereka. 

Selain itu, jika Anda menghabiskan begitu banyak waktu untuk sesuatu yang dianggap remeh oleh sebagian besar orang di negara ini, hal itu akan menghilangkan hal-hal yang dapat Anda sumbangkan untuk masyarakat yang lebih baik. Jadi, meskipun prestasi yang terus dicapai oleh perempuan kulit hitam lebih dari sekadar mengesankan, sudah saatnya bagi kita untuk menjadi diri sendiri — dengan cara (dan gaya rambut) apa pun yang kita anggap pantas.

Pilihan Editor: Ungkapan Sayang Michelle Obama untuk Putri Sulungnya yang Berulang Tahun ke-24

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."