Kreasi Resep Cake Kelapa yang Gurih Berpadu Krim Glaze Lembut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Cake Kelapa/Foto: Instagram/Foodie in New York

Cake Kelapa/Foto: Instagram/Foodie in New York

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda menyukai kelapa, kreasi resep cake kelapa adalah impian yang jadi kenyataan. Lembut dan lumer dengan sedikit kunyahan kelapa, ini dimulai dengan lapisan tipis kue kelapa lembut. Lapisan tebal puding kelapa yang lezat dan gurih yang diakhiri dengan krim glaze berbahan dasar krim kental yang memberikan permukaan mengilap. 

Biarkan kelapa apa adanya untuk efek serba putih klasik; panggang untuk mendapatkan lebih banyak warna dan rasa. Atau berikan sentuhan klasik pada kue camilan kelapa dengan mencampur sedikit pewarna makanan gel ke dalam kelapa Anda untuk mewarnainya dengan warna cerah.

Kreasi Resep Cake Kelapa

Bahan-bahan:

2 cangkir tepung
2 sendok teh bubuk pengembang
1 sendok teh garam laut halus
1/2 cangkir ditambah 2 sendok makan mentega tawar, pada suhu ruangan
1 3/4 cangkir gula putih
4 butir telur
4 sendok teh ekstrak vanili
1/2 sendok teh ekstrak kelapa
1 cangkir buttermilk, pada suhu ruangan
1 cangkir kelapa parut manis
1 kaleng (13 ons) santan kental
1/2 cangkir krim kocok
1/4 cangkir tepung maizena
4 cangkir kelapa parut manis panggang
5 ons lapisan permen rasa vanili (kulit almond), cincang
4 cangkir gula bubuk
1/4 cangkir sirup jagung 
4 hingga 6 sendok makan air panas

Cara Membuat: 

1. Letakkan rak di tengah oven dan panaskan hingga 350°F. Lapisi loyang berukuran 9x13 inci dengan cooking spray. Lapisi bagian bawah loyang dengan kertas perkamen dan lapisi kertas perkamen dengan cooking spray.

2. Kocok tepung, baking powder, dan 1/2 sendok teh garam dalam mangkuk sedang.

3. Dalam mangkuk stand mixer yang dilengkapi dengan paddle attachment, kocok 1/2 cangkir mentega dan 1 cangkir gula putih dengan kecepatan sedang hingga ringan dan mengembang, 4 hingga 5 menit. Tambahkan 2 butir telur, satu per satu, aduk dengan kecepatan sedang dan kikis mangkuk dengan baik setelah setiap penambahan. Campurkan 11/2 sendok teh vanili dan ekstrak kelapa hingga tercampur.

4. Tambahkan sekitar sepertiga campuran tepung ke dalam mixer, dan aduk dengan kecepatan rendah hingga tercampur. Campurkan setengah buttermilk. Kikis mangkuk dengan baik. Ulangi, bergantian antara campuran tepung dan buttermilk, hingga keduanya tercampur sepenuhnya dan adonan menjadi halus. Campurkan 1 cangkir kelapa parut manis.

5. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan dan ratakan. Panggang hingga kue sedikit mengembang saat disentuh di bagian tengah, 20 hingga 25 menit. Pindahkan loyang ke rak kawat dan biarkan dingin sepenuhnya.

6. Untuk puding, didihkan santan dan krim di atas api sedang dalam panci sedang. Sementara itu, dalam mangkuk sedang, kocok bersama tepung maizena dan sisa 3/4 cangkir gula putih dan 1/2 sendok teh garam. Kocok sisa 2 butir telur hingga tercampur rata.

7. Saat campuran santan mendidih, kocok sekitar seperempat cairan panas ke dalam campuran telur. Tambahkan campuran telur ke dalam panci, aduk terus-menerus hingga tercampur.

8. Masak puding di atas api sedang, aduk terus-menerus, hingga campuran mengental dan gelembung besar muncul di permukaan, 3 hingga 4 menit. Angkat dari api dan kocok bersama 11/2 sendok teh vanili dan sisa 2 sendok makan mentega.

9. Saring puding melalui saringan bermata halus ke dalam mangkuk sedang dan aduk dengan 2 cangkir kelapa panggang. Tutupi permukaan puding dengan bungkus plastik. Biarkan dingin selama 15 menit pada suhu ruangan, lalu pindahkan ke lemari es hingga dingin sepenuhnya.

10. Balikkan kue yang sudah dingin ke atas talenan. Buang kertas perkamen. Gunakan pisau bergerigi panjang untuk memotong kue menjadi dua bagian secara horizontal untuk membuat dua lapisan yang rata. Sendokkan puding yang sudah dingin ke bagian tengah lapisan bawah; ratakan, lalu tambahkan lapisan atas kue.

11. Tutupi kue dengan plastik pembungkus dan bekukan hingga mengeras, minimal 2 jam atau hingga 4 jam.

12. Gunakan pisau tajam yang panjang untuk memotong kue menjadi 12 persegi panjang yang rata. Lapisi loyang dengan kertas perkamen, letakkan rak kawat di atas loyang, dan susun potongan kue di rak.

13. Untuk fondant, masukkan kulit almond ke dalam microwave dengan suhu tinggi dalam mangkuk kaca kecil, aduk setiap 20 detik, hingga meleleh dan halus. Dalam mangkuk sedang, kocok gula bubuk, sirup jagung, 4 sendok makan air panas, dan sisa 1 sendok teh vanili. Kocok kulit almond yang sudah meleleh.

14. Sendokkan 3 sendok makan fondant di atas setiap potongan kue; gunakan spatula kecil untuk meratakannya, biarkan kelebihan fondant menetes. Segera hiasi kue secara merata dengan sisa 2 cangkir kelapa panggang. Dinginkan dalam wadah kedap udara hingga siap disajikan, hingga 4 hari.

Pilihan Editor: Mau Nasi Padang Gurih dan Lezat, Pilih Kelapa Terbaik

ALL RECIPES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."