Daftar Pilkada Kota Batu, Intip Profil dan Karier Politik Kris Dayanti

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Relawan Kris Dayanti atau KD telah mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Kota Batu, Jawa Timur atas nama KD dari kader PDI Perjuangan (PDIP). Menurut Koordinator Relawan KD, Yani Andoko, keputusannya mewakili mengambil formulir pendaftaran lantaran yakin terhadap kemampuan dan komitmen KD membawa perubahan positif berdasarkan permintaan masyarakat Kota Batu. Instagram

Relawan Kris Dayanti atau KD telah mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Kota Batu, Jawa Timur atas nama KD dari kader PDI Perjuangan (PDIP). Menurut Koordinator Relawan KD, Yani Andoko, keputusannya mewakili mengambil formulir pendaftaran lantaran yakin terhadap kemampuan dan komitmen KD membawa perubahan positif berdasarkan permintaan masyarakat Kota Batu. Instagram

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memastikan Kris Dayanti maju dalam pemilihan bakal calon Wali Kota Batu, Jawa Timur di Pilkada 2024. Sang diva percaya diri karena telah mendapat surat tugas.  "Saya pantang untuk mundur. Jadi, inshaallah saya akan memastikan diri untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Batu 2024 ini," katanya yang dikutip dari antara.

Di Pilkada serentak 2024, istri Raul Lemos ini akan bersaing dengan beberapa tokoh politik dari Kota Batu, misalnya Firhando Gumelar atau akrab disapa Mas Gum yang telah didiukung tiga partai politik, yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Golkar, dan Demokrat.

Secara hitungan, tiga partai pendukung Mas Gum memiliki tujuh kursi di DPRD Kota Batu berdasarkan hasil Pemilu 2024. Dengan rincian PAN dua kursi, Golkar empat kursi, dan Demokrat satu kursi. Sedangkan, dari pihak PDIP yang mengusung Kris Dayanti memperoleh enam kursi.

Di pemilihan legislatif, Kris Dayanti gagal menduduki kursi parlemen di Dapil Jawa Timur V. Hasil rekapitulasi suara pemilihan legislatif Pemilu 2024 di Jawa Timur menunjukkan sejumlah inkumben terempas dari Senayan. Dari sejumlah nama tersebut, Kris Dayanti dipastikan gagal melenggang ke Senayan. Perolehan suara Kris Dayanti juga menyusut drastis dari Pemilu 2019. Alhasil, jatah dua kursi PDIP di Dapil Jawa Timur V ditempati oleh Ahmad Basarah dan Ma’ruf Mubarok.

Profil dan Karier Politik Kris Dayanti

Kris Dayanti, sering ditulis Krisdayanti atau disingkat KD, lahir 24 Maret 1975 adalah seorang penyanyi, diva pop, pemeran, dan politikus Indonesia. Ia dibesarkan di kota kelahirannya sebelum pindah ke Jakarta pada tahun 1984. Ia merekam lagu tema film anak-anak Megaloman saat usianya masih sembilan tahun. 

Ketika berusia 12 tahun, Kris Dayanti merilis album pertamanya, Biasa Saja, tetapi gagal di pasaran. Ia kemudian merintis kariernya dengan mengikuti berbagai kompetisi bernyanyi. Berawal dari kemenangannya di festival Asia Bagus di Jepang pada tahun 1992, nama Kris Dayanti melambung di industri musik. Ia kemudian bergabung dengan Warner Music Indonesia dan merilis album profesional perdananya bertajuk Terserah (1995).

Kris Dayanti terus meretas sukses kritikal dan komersial di Indonesia melalui serangkaian album yang rilis mulai dari pertengahan era 1990-an. Setelah kesuksesan single "Menghitung Hari" di Malaysia pada tahun 1998, Kris Dayanti turut naik daun di Asia Tenggara. 

Puncak kariernya ditandai dengan keberhasilan konser tunggal perdananya, Konser KD, pada tahun 2001, yang mengantarkannya pada gelar Diva Pop Indonesia. Lagu-lagunya yang banyak menjadi hit dan seringnya mengadakan konser menjadikannya penyanyi termahal selama dasawarsa 2000-an, bahkan, majalah bisnis Swa menulis penghasilan Kris Dayanti dalam setahun lebih besar dari Presiden Indonesia.

Setelah sebelumnya sempat hampir menjadi calon legislatif dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) pada Pemilu 2014, Kris Dayanti akhirnya resmi maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) pada Pemilu 2019 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). 

Ia mewakili daerah kelahirannya yaitu Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur V yang meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu.Berdasarkan hasil rekapitulasi pemilu legislatif yang dilakukan KPUD Jawa Timur pada 14 Mei 2019, Krisdayanti berhasil terpilih sebagai anggota DPR-RI periode 2019-2024 dengan mengumpulkan 132.131 suara sah.

Sebelum percaya diri maju dalam Pilkada 2024 ini, Kris Dayanti mengawali karier nya dalam dunia perpolitikan Indonesia dan bergabung dengan PDIP. Bersama partai banteng, Kris Dayanti maju menjadi anggota DPR periode 2019-2024. Menjadi anggota DPR, menurut Kris Dayanti merupakan amanah yang harus dijalaninya dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Setelah dilantik menjadi anggota DPR RI, KD berjanji akan menyerap aspirasi dari daerah pemilihannya serta menuntaskan tugas-tugas yang belum tuntas dari DPR periode sebelumnya. KD pun terpilih menjadi anggota DPR RI dari Dapil V Jawa Timur.

Kini, Sang Diva Pop Tanah Air ini akan maju dalam Pilkada 2024 menjadi bakal calon Wali Kota Batu Jawa Timur. Pengamat politik dari Universitas Brawijaya Wawan Sobari menilai, Kris Dayanti tidak bisa hanya mengandalkan popularitas ketika bersaing di kontestasi pemilihan kepala daerah atau Pilkada Kota Batu 2024.

Pilihan Editor: Kris Dayanti Bakal Gelar Konser di Jakarta 5 Agustus 2023, Siapkan 5 Kostum dari Glamor hingga Jumpsuit

HAURA HAMIDAH I ANTARA I ANDI ADAM FATURAHMAN | HISYAM LUTHFIANA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."