Rangkaian Basic Skincare untuk Pemula Menurut Ahli, Pemula Wajib Tahu!

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita memakai tabir surya. Freepik.com/Lookestudio

Ilustrasi wanita memakai tabir surya. Freepik.com/Lookestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Usia remaja adalah waktu yang tepat untuk memulai perawatan kulit dasar. Namun, jangan khawatir, bagi yang sudah lewat dan belum memulai rutinitas yang satu ini, belum terlambat untuk melakukan basic skincare.

Lantas, basic skincare apa saja buat pemula? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Basic Skincare Menurut Ahli

Menurut Dhaval Bhanusali, dokter kulit bersertifikat dan pakar Skincare.com, saat memulai rutinitas perawatan kulit untuk pertama kalinya, lebih sedikit tahap lebih baik. "Jika Anda memiliki lebih dari lima produk, hentikan," katanya. 

Menggunakan terlalu banyak produk basic skincare untuk pemula, dapat menyebabkan masalah kulit seperti kulit kering, iritasi, atau bahkan jerawat. Rutinitas perawatan kulit yang baik tidak harus rumit agar efektif.

Kita tahu betapa menggodanya untuk menimbun produk-produk menarik seperti masker wajah, esensial, dan ampul, tapi beri waktu untuk itu. Bhanusali menyarankan untuk tetap menggunakan produk-produk dasar yaitu, pembersih, serum, pelembap, dan SPF sebagai permulaan.

Dalam hal urutan perawatan kulit, Anda biasanya ingin mengaplikasikan produk berdasarkan beratnya, dengan produk yang paling ringan diaplikasikan terlebih dahulu dan yang paling berat diaplikasikan terakhir. Namun, pada siang hari, tabir surya harus selalu diaplikasikan terakhir—meskipun lebih ringan dari pelembap wajah.

Setelah Anda terbiasa dengan rutinitas perawatan inti Anda, Anda dapat bereksperimen dengan menambahkan produk lain ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

Rangkaian Basic Skincare untuk Pemula Menurut Ahli

Berikut ini adalah beberapa rangkaian basic skincare untuk pemula. Silakan masukkan ke daftar rutinitasmu!

Langkah 1: Cleanser 

Tahap Basic skincare yang pertama yaitu membersihkan wajah. Aturannya yaitu membersihkan muka dua kali sehari, yakni sekali di pagi hari dan malam hari.

Membersihkan wajah di pagi hari akan membantu menghilangkan sisa keringat atau minyak dari bantal dan rambut saat Anda tidur.

Ada satu pengecualian umum untuk aturan dua kali sehari yaitu bagi kulit kering. Jika kulit Anda cenderung kering, tidak masalah membasuh air putih saja di pagi hari.

Namun, membersihkan wajah di malam hari tidak boleh diabaikan. Di penghujung hari, penting untuk membersihkan wajah agar tidak hanya menghilangkan produk perawatan kulit dan riasan yang Anda aplikasikan di pagi hari, tapi juga minyak berlebih, keringat, sel kulit mati, polutan, dan kotoran lain yang terkumpul di kulit sepanjang hari.

Saat memilih pembersih wajah, para ahli mengatakan bahwa pemula harus memilih pembersih yang lembut dan menghidrasi. Semua jenis kulit akan cocok dengan pembersih yang menghidrasi.

Carilah pembersih yang bebas pewangi, memiliki sedikit bahan (untuk menghindari iritasi), dan memiliki ceramide dan gliserin untuk memulihkan dan menjaga lapisan kulit.

Langkah 2: Pelembab 

Basic skincare untuk pemula selanjutnya yaitu gunakan pelembap, atau produk pelembap. Rekomendasi ahli adalah pelembap bebas minyak dan pewangi, karena ini akan ditoleransi dengan baik pada semua jenis kulit, dari yang rentan berjerawat hingga sensitif.

Anda juga dapat memanfaatkan langkah ini untuk mengatasi masalah kulit tertentu secara bersamaan dengan mencari pelembap yang diformulasikan dengan bahan tambahan yang menargetkan kebutuhan khusus. 

Beberapa bahan utama yang perlu diketahui terkait dengan pelembap:

  • Asam hialuronat: Mengencangkan kulit dan mengembalikan hidrasi yang hilang.
  • Ceramide: Penting untuk kekuatan pelindung kulit dan kesehatan secara keseluruhan (dan penting bagi mereka yang memiliki kulit kering dan eksim).
  • Vitamin C: Memberikan perlindungan antioksidan dan mencerahkan kulit secara keseluruhan.

Langkah 3: Sunscreen

Tabir surya adalah garis pertahanan dan perlindungan pertama Anda terhadap kanker kulit, menurut ahli. Jika Anda tidak melakukan hal lain untuk kulit Anda, perlindungan matahari adalah yang terpenting.

Pilih tabir surya yang SPF 30 atau lebih tinggi, dan oleskan setiap hari (bahkan saat cuaca mendung), selalu gunakan sebagai langkah terakhir dalam rutinitas basic skincare Anda di pagi hari.

Ingat Tips Penting Ini:

Lebih Sedikit Lebih Baik

Seiring dengan perkembangan dan evolusi rutinitas perawatan kulit Anda, mungkin informasi terpenting yang perlu diingat saat Anda menggunakan produk adalah ini lebih sedikit sering kali lebih baik.

Mengurangi rutinitas basic skincare Anda dan tetap menggunakan bahan aktif utama yang penting akan jauh lebih baik daripada menggunakan terlalu banyak produk. Tetap gunakan produk yang tidak mengandung terlalu banyak bahan dan bebas pewangi, dan cobalah produk baru satu per satu sehingga Anda dapat melihat bagaimana reaksi kulit Anda.

Bersabar untuk Hasil Terbaik

Jika rutinitas basic skincare baru tampaknya tidak langsung "berhasil", ketahuilah bahwa dalam hal perawatan kulit, kesabaran adalah suatu keharusan (dan jika ada produk yang menjanjikan hasil langsung, berhati-hatilah).

Jangan terlalu banyak bereksperimen, kata ahli. Berikan kesempatan pada kulit Anda untuk terbiasa dengan suatu produk atau agen aktif setidaknya selama dua hingga tiga bulan sebelum beralih.

Pengecualiannya adalah jika suatu produk perawatan kulit memicu iritasi atau reaksi alergi apa pun — dalam hal ini, hentikan penggunaan segera.

Konsisten adalah Kuncinya

Tetaplah konsisten, yang terkait dengan bagian kesabaran tadi. Seperti banyak hal dalam hidup, konsistensi — menjalani langkah-langkah rutinitas perawatan kulit yang sama setiap hari. 

Pagi dan malam adalah kunci untuk menghasilkan dan mempertahankan hasil yang nyata. Intinya, percayalah pada proses dan kulit Anda sendiri. Ikuti rencana apa pun yang Anda tetapkan untuk diri sendiri.

Nah, Sahabat Cantika, itu dia tahap basic skincare apa saja yang cocok untuk pemula dan remaja. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Pilihan Editor: Cara Double Cleansing yang Tepat Menurut Para Ahli, Agar Skin Barrier tetap Sehat

SKINCARE | ALLURE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."