Profil Pengurus Bidang Pendidikan dan Pengembangan Srikandi BUMN

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Pengurus Bidang Pendidikan dan Pengembangan Srikandi BUMN: Ira Puspadewi (kiri), Endang Suraningsih, Viviana Dyah Ayu R.K. Foto: Dok. Srikandi BUMN.

Pengurus Bidang Pendidikan dan Pengembangan Srikandi BUMN: Ira Puspadewi (kiri), Endang Suraningsih, Viviana Dyah Ayu R.K. Foto: Dok. Srikandi BUMN.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagai komunitas perempuan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, Srikandi BUMN punya beberapa bidang untuk berbagai programnya. Setelah kita membahas Bidang I atau Bidang Kajian dan Pendampingan, kali ini kita akan membahas pengurus Srikandi BUMN untuk Bidang II atau Bidang Pendidikan dan Pengembangan.

Dikutip dari laman Srikandi BUMN, Bidang Pendidikan dan Pengembangan Srikandi BUMN terdiri dari Koordinator Bidang Pendidikan dan Pengembangan serta Koordinator Bidang Srikandi Muda.

Program utama bidang ini adalah untuk penyelenggaraan kegiatan berkaitan dengan pendidikan untuk perempuan dan pengembangan perempuan pemimpin (women leaders).

Program yang dikembangkan antara lain yaitu pendidikan spesifik untuk perempuan serta pendidikan dan pengembangan kepemimpinan perempuan untuk pengetahuan dan kompetensi yang belum efektif di era hari ini dan mendatang.

Bidang ini diisi oleh 5 pengurus. Mereka ada pemimpin dan direktur di berbagai kantor BUMN. Berikut profil singkatnya!

1. Endang Suraningsih

Endang Suraningsih, Direktur Human Capital PT Bio Farma (Persero) dan Ketua II Bidang Pendidikan & Pengembangan Srikandi BUMN. Foto: Srikandi BUMN.

Endang Suraningsih adalah Ketua II atau Ketua Bidang Pendidikan dan Pengembangan Srikandi BUMN. Saat ini, Endang bekerja sebagai Direktur Human Capital PT. Bio Farma (Persero). Perempuan kelahiran Jakarta, 19 April 1968, ini meraih Sarjana Psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (1991).

Dia lalu meraih gelar Magister Manajemen di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Atma Jaya (1995) dan mendapat gelar Doktor Psikologi Industri Organisasi Universitas Gadjah Mada (2010).

Sebelum menjabat sebagai Direktur Human Capital PT. Bio Farma (Persero), dia pernah menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia PT. Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)/ID Food (Holding Pangan) pada 2021-2023.

2. Ira Puspadewi

Ira Puspadewi Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan Koordinator Bidang Pendidikan dan Pengembangan Srikandi BUMN. Foto: Dok. Srikandi BUMN.

Ira Puspadewi adalah Koordinator Bidang Pendidikan dan Pengembangan Srikandi BUMN. Dia merupakan Direktur Utama PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ferry Indonesia. Dua pekan lalu, muncul berita yang mengabarkan dirinya tersangkut kasus dugaan korupsi. 

Mengutip laman LinkedIn miliknya, wanita asal Malang ini tercatat pernah mengenyam pendidikan S1 Departemen Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian UB Fakultas Peternakan di Universitas Brawijaya, Malang pada 1984 hingga 1990. 

Kemudian di tahun 1993, Ira melanjutkan pendidikan magister di Asian Institut of Management, Filipina dan berhasil meraih gelar master Development Management. Pada tahun 2011, ia melanjutkan pendidikan Doktoral di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Ira berhasil meraih gelar Doktor Filsafat pada 2018.

Ira pernah menjabat sebagai Direktur Global Initiative Regional Asia pada perusahaan busana GAP dan Banana Republic asal Amerika Serikat untuk Regional Asia yang membawahi 7 negara sejak 2006. Setelah berkarir selama lebih dari 17 tahun di perusahaan Amerika, ia bertemu Menteri BUMN Dahlan Iskan pada sebuah acara di Tiongkok pada 2014

3. Rena Latsmi Puri

Rena Latsmi Puri Direktur Keuangan PT Taspen (Persero) dan Wakil Koordinator Bidang Pendidikan dan Pengembangan Srikandi BUMN. Foto: Dok. Srikandi BUMN.

Rena Latsmi Puri saat ini menjadi Wakil Koordinator Bidang Pendidikan dan Pengembangan Srikandi BUMN. Dia adalah Direktur Keuangan PT. Taspen (Persero).

Perempuan kelahiran Bandung, 26 September 1964, itu adalah Sarjana Akuntansi Universitas Padjadjaran tahun 1988 dan magister Manajemen jurusan Manajemen Keuangan, Universitas Indonesia pada 2003.

Rena pernah menjabat Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) periode 2021-2022 serta Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Istaka Karya (Persero) (2019 - 2021).

4. Viviana Dyah Ayu R.K

Viviana Dyah Ayu R.K Direktur Keuangan BRI dan Koordinator Bidang Srikandi Muda Srikandi BUMN. Foto: Dok. Srikandi BUMN.

Viviana adalah Koordinator Bidang Srikandi Muda di Srikandi BUMN. Dia kini menjabat Direktur Keuangan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau yang dikenal BRI.

Berangkat dari ilmu peternakan, tak membuat Viviana kesulitan dalam menapaki karirnya di dunia perbankan. Ia lulus dari IPB University.

Di usia yang terbilang muda, Viviana mulai menjajaki perjalanan karier di dunia perbankan. Kemudian ia perkuat dengan melanjutkan pendidikan di Universitas Rochester, Amerika Serikat dan meraih gelar Magister Administrasi Bisnis. Setelahnya, wanita kelahiran 30 September 1978 ini berhasil mencapai beberapa posisi di BRI.

Sejak 2003 ia bergabung di BRI dengan menjadi Account Officer. Kemudian pada 2006 ia berhasil menduduki jabatan Investor Relations Officer, dan Juli 2010 Viviana menjadi Corporate Planer. Pencapaiannya berikutnya pada 2015, Viviana berhasil menempati posisi sebagai Assistant Vice President-Corporate M&A and Equity Management.

5. Rizka Syafittri Siregar 

Rizka Syafittri Siregar Direktur Keuangan, Administrasi, dan Manajemen Risiko PT Surabaya Industrial Estate Rungkut. Dia juga Wakil Koordinator Bidang Srikandi Muda Srikandi BUMN. Foto: LinkedIn.

Wakil Koordinator Bidang Srikandi Muda di komunitas Srikandi BUMN ini adalah Direktur Keuangan, Administrasi, dan Manajemen Risiko PT Surabaya Industrial Estate Rungkut.

Dia lulusan Universitas Airlangga, Surabaya dan memulai kariernya sebagai akuntan.

Nah, Sahabat Cantika, itu dia 5 profil singkat pengurus Srikandi BUMN di Bidang Pendidikan dan Pengembangan Srikandi. Semoga menginspirasi, ya!

Pilihan Editor: Daftar Perempuan Pemimpin BUMN, dari Nicke Widyawati hingga Fetty Kwartati

TEMPO | BIOFARMA | TASPEN | IPB | LINKEDIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."