Perankan Film Biopik Maria Callas, Intip Profil dan Perjalanan Karier Angelina Jolie

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Angelina Jolie/Foto: Instagram/Angelina Jolie Vietnam

Angelina Jolie/Foto: Instagram/Angelina Jolie Vietnam

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Angelina Jolie mengungkapkan kebahagian dan rasa haru dalam film biografi terbarunya, Maria Callas. Dalam wawancara baru-baru ini, ia membuka diri tentang apakah ia memiliki hubungan pribadi dengan karakter tersebut.

Film ini akan menunjukkan kisah nyata dalam kehidupan Maria Callas yang menggambarkan "kisah penuh gejolak, indah, dan tragis tentang kehidupan penyanyi opera terhebat di dunia, yang dihidupkan kembali dan dibayangkan kembali selama hari-hari terakhirnya di Paris pada tahun 1970-an." 

Profil Angelina Jolie

Angelina Jolie lahir 4 Juni 1975, Los Angeles, California, AS adalah seorang aktris dan sutradara Amerika yang dikenal karena daya tariknya yang menawan dan sifatnya yang gelisah serta karena pekerjaan kemanusiaannya. Ia memenangkan Academy Award untuk peran pendukungnya sebagai pasien gangguan jiwa dalam Girl, Interrupted (1999).

Jolie, putri aktor Jon Voight, menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di New York sebelum pindah ke Los Angeles pada usia 11 tahun. Ia bersekolah di Lee Strasberg Theatre and Film Institute selama dua tahun dan kemudian mendaftar di Beverly Hills High School. Ia kemudian belajar drama di New York University. Selain berakting dalam produksi teater, ia menjadi model dan tampil dalam video musik.

Perjalanan Karier Bintang Film

Angelina Jolie memerankan penyanyi opera legendaris Maria Callas dalam film Maria. Foto: Instagram

Peran utama pertama Jolie dalam film adalah Hackers (1995), saat syuting film tersebut ia bertemu dengan suami pertamanya, aktor Inggris Jonny Lee Miller (menikah tahun 1996; bercerai tahun 1999). Film tersebut gagal mendapatkan penonton, begitu pula dengan serangkaian film berikutnya. Namun, pada tahun 1997, Jolie menarik banyak perhatian saat memerankan istri gubernur Alabama yang menganut segregasi dalam film televisi George Wallace, dan ia kemudian memenangkan Golden Globe Award untuk perannya tersebut. 

Tahun berikutnya, ia memerankan seorang supermodel yang berjuang melawan kecanduan narkoba dalam film HBO Gia, sebuah penampilan yang membuatnya mendapatkan banyak penghargaan, termasuk Golden Globe dan Screen Actors Guild Award. Pada tahun 1999, ia tampil dalam komedi Pushing Tin bersama John Cusack dan Billy Bob Thornton, dan tahun berikutnya ia menikahi Thornton (bercerai tahun 2003).

Setelah memenangkan Oscar dalam film Girl, Interrupted, Jolie membintangi serangkaian film laga. Ia berperan sebagai pacar seorang pembajak mobil (Nicolas Cage) dalam film Gone in Sixty Seconds (2000) dan kemudian menggunakan aksen Inggris dan menguasai pertarungan jalanan dan kickboxing untuk peran utama dalam film Lara Croft: Tomb Raider (2001) dan Lara Croft Tomb Raider: The Cradle of Life (2003). Pada tahun 2004, ia memerankan ibu Alexander Agung dalam film Alexander karya Oliver Stone dan juga beradu akting dengan Gwyneth Paltrow dan Jude Law dalam film Sky Captain and the World of Tomorrow, film thriller fiksi ilmiah yang berlatar di New York City pada tahun 1930-an. 

Kedua film tersebut mengecewakan di pasaran, tetapi Jolie sukses besar dalam film Mr. & Mrs. Smith (2005), di mana ia berperan sebagai seorang pembunuh yang berpura-pura menjadi ibu rumah tangga biasa; saat mengerjakan film tersebut, ia bertemu Brad Pitt, yang menjadi pasangannya. Dalam film Robert De Niro The Good Shepherd (2006), ia menjadi istri yang dirugikan dari agen CIA terdahulu (Matt Damon). Jolie mendapat pujian kritis atas penampilannya sebagai Mariane Pearl dalam A Mighty Heart (2007).

Berdasarkan kisah nyata, film ini mengisahkan upaya penyelamatan suami Pearl, Daniel, yang diculik dan kemudian dibunuh oleh ekstremis Islam saat meliput berita di Pakistan untuk The Wall Street Journal. Jolie melanjutkannya dengan Beowulf (2007) dan Wanted (2008). Keterlibatannya dalam peran sebagai seorang ibu yang putranya diculik dan kemudian digantikan oleh anak lain dalam film Clint Eastwood Changeling (2008) menghasilkan nominasi Oscar lainnya.

Pada tahun 2010, Jolie berperan sebagai agen CIA yang dituduh memata-matai Rusia dalam film thriller laga Salt dan tampil bersama Johnny Depp dalam film The Tourist. Ia kemudian berperan sebagai penjahat utama dalam Maleficent (2014). Film live-action ini mencoba untuk menampilkan peri jahat dari film animasi klasik Disney tahun 1959 Sleeping Beauty dalam cahaya yang lebih simpatik. Jolie kemudian membintangi sekuelnya (2019). 

Pada tahun 2020 ia membintangi petualangan fantasi Come Away, memerankan ibu dari Peter Pan dan Alice (dari Alice's Adventures in Wonderland), karakter yang diciptakan oleh J.M. Barrie dan Lewis Carroll, masing-masing. Dalam film laga-thriller Those Who Wish Me Dead (2021), Jolie memerankan seorang petugas pemadam kebakaran yang melindungi seorang anak laki-laki yang dikejar oleh para pembunuh. Juga pada tahun 2021 ia muncul sebagai prajurit abadi Thena di Eternals, sebuah film laga yang merupakan bagian dari Marvel Cinematic Universe. Selain itu, Jolie memberikan suara untuk beberapa film, termasuk film animasi Kung Fu Panda (2008) dan sekuelnya (2011 dan 2016) serta The One and Only Ivan (2020).

Angelina Jolie berpose di karpet merah saat tiba di pemutaran film "Maria", dalam Venice Film Festival ke-81, Venesia, Italia, 29 Agustus 2024. REUTERS/Louisa Gouliamaki

Debut Sutradara 

Pada tahun 2011, Jolie memulai debutnya sebagai sutradara dan penulis skenario dengan film berbahasa Bosnia In the Land of Blood and Honey, sebuah kisah cinta yang bergejolak yang berlatar konflik Bosnia pada tahun 1990-an. Ia kemudian menyutradarai drama Perang Dunia II Unbroken (2014). Naskah film tersebut, yang berdasarkan kisah nyata seorang pelari Olimpiade dan perwira Angkatan Udara AS yang menjadi tawanan perang Jepang setelah pesawatnya jatuh, ditulis oleh Coen bersaudara. 

Pada tahun 2015, ia menyutradarai, menulis, dan membintangi By the Sea, yang berfokus pada pasangan yang bermasalah di Prancis tahun 1970-an; drama tersebut juga dibintangi oleh Pitt. Jolie kemudian membintangi First They Killed My Father: A Daughter of Cambodia Remembers (2017), sebuah adaptasi dari memoar Loung Ung tentang masa kecilnya selama rezim Khmer Merah yang brutal pada tahun 1970-an.

Kehidupan Filantropis

Pekerjaan kemanusiaannya juga menarik perhatian. Pada tahun 2001, ia diangkat menjadi Duta Besar untuk Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR). Setelah pengangkatan itu, ia melakukan perjalanan ke sejumlah negara miskin dan mengadopsi anak-anak dari Kamboja dan Ethiopia—masing-masing Maddox dan Zahara. Pitt kemudian mengadopsi anak-anak tersebut, dan pada tahun 2007 pasangan tersebut mengadopsi seorang anak laki-laki, Pax, dari Vietnam. 

Pada tahun 2013 Jolie menjadi berita karena melakukan mastektomi ganda preventif setelah menemukan mutasi pada gen BRCA1 miliknya, yang meningkatkan kemungkinan terkena kanker payudara atau ovarium. Tahun itu ia juga menerima Penghargaan Kemanusiaan Jean Hersholt dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

Pilihan Editor: Cerita di Balik Pemotretan Angelina Jolie untuk Sampul Majalah Vogue, Mimpi Besar untuk Atelier Jolie

PINK VILLA | BRITANNICA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."