10 Tips dari Psikolog Agar Hidup Ibu Lebih Bahagia dan Bebas Burnout

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi ibu bahagia saat mencium anaknya. Foto: Unsplash/Humberto Chavez

Ilustrasi ibu bahagia saat mencium anaknya. Foto: Unsplash/Humberto Chavez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Sahabat Cantika seorang ibu yang selalu merasa lelah atau sibuk terus-menerus? Apakah Anda suka bersikap sinis di rumah atau membentak anak-anak?

Apakah Anda menghindari keintiman dengan pasangan, berfantasi tentang melarikan diri, atau lebih buruk lagi, berharap Anda sakit sehingga Anda akhirnya dapat beristirahat dan dibiarkan sendiri untuk sementara waktu? Jika demikian, kemungkinan besar Anda mengalami burnout atau kelelahan.

Anda tidak harus menjadikan kesibukan sebagai lambang kehormatan. Anda tidak harus diam-diam membenci anak-anak Anda karena menghalangi kehidupan yang Anda kira akan Anda jalani. Dan yang terpenting, Anda tidak harus terus mengejar citra ibu yang sempurna. 

Sahabat Cantika bisa menjalani kiat-kiat hidup berikut untuk mengatasi kelelahan. Tips ini diberikan oleh seorang psikolog, dikutip dari Your Tango:

1. Jadwalkan perawatan diri setiap hari

Kendalikan hari Anda dan jadwalkan untuk menghindari perasaan jenuh. Perawatan diri memiliki banyak arti bagi kita masing-masing. 

Hal ini dapat bergantung pada tahap apa anak-anak Anda saat ini, apakah Anda bekerja di dalam atau di luar rumah, dan apakah Anda orang tua tunggal atau tidak.

Misalnya, Anda menjadwalkan manikur untuk beberapa hari. Dan hari lainnya meringkuk dengan buku di sudut toko buku, kafe, atau perpustakaan. 

Hal ini bergantung pada jadwal ibu, jadi tetaplah berpikiran terbuka dan ketahuilah jika Anda menjadwalkannya dalam hari Anda, hal itu lebih mungkin terjadi.

2. Berlatihlah 10 menit sehari untuk diam dan tenang

Juga dikenal sebagai meditasi, latihan ini menghasilkan lebih banyak ketenangan dan perhatian serta dapat membantu Anda terhindar dari perasaan jenuh. Ini adalah salah satu kiat tersulit bagi para ibu untuk dibayangkan, apalagi dipraktikkan, tapi ini penting untuk kesehatan mental kita.

Waktu 10 menit ini benar-benar terasa seperti "waktu untuk diri sendiri" — dan itu adalah hadiah untuk membantu diri terhindar dari rasa jenuh sebagai ibu.

3. Berolahraga setiap hari

Beberapa saran olahraga yang bisa dilakukan yaitu berjalan cepat di luar setiap hari hingga menemukan jenis olahraga yang benar-benar Anda nantikan. Anda juga lebih mungkin berhasil dalam olahraga teratur jika Anda memiliki teman olahraga. Jadi, cobalah pound, pilates, yoga, zumba, kickboxing, atau treadmill, dan temukan yang Anda sukai.

4. Prioritaskan waktu istirahat Anda

Tidur nyenyak dan tidur siang mungkin terdengar seperti kemewahan yang tidak mampu dimiliki kebanyakan ibu yang sibuk. Tapi jika Anda tidak tidur nyenyak, Anda akan merasa sulit untuk menghindari kelelahan — sesederhana itu.

Sulit untuk menghindari efek stres kronis dan kelelahan emosional dan fisik tanpa mengistirahatkan pikiran dan tubuh Anda di malam hari. Tidur Anda harus menjadi prioritas utama seperti halnya tidur siang dan waktu tidur anak-anak Anda.

Jadi, jika itu berarti tidur dengan beberapa hal yang belum diselesaikan, mungkin itu sepadan. Jika itu berarti mengatur waktu tidur untuk diri sendiri yang membantu Anda tidur pada waktu yang sama setiap malam, lakukanlah. Karena untuk merasakan manfaatnya, tidur malam dan tidur siang yang berkualitas membutuhkan konsistensi dan latihan.

Apa pun yang diperlukan agar Anda mendapatkan tidur yang nyenyak, panjang, dan tanpa gangguan sebisa mungkin adalah fokus Anda. Dan jika memungkinkan, tidur sebentar di siang hari. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang membantu menjaga kestabilan suasana hati dan produktivitas, dan itu baru sebagian manfaatnya.

5. Catat kemajuan Anda

Cobalah menulis setiap hari, dan jika tidak memungkinkan, tulislah beberapa kali seminggu. Dalam jurnal Anda, cantumkan semua hal yang telah Anda capai hari atau minggu itu.

Mengingatkan diri sendiri bahwa kita telah menyelesaikan lebih dari sekadar mencuci pakaian seratus kali dan memasak beberapa kali makan malam — tapi juga mendapatkan undangan pesta ulang tahun, menjadi sukarelawan, mendaftarkan anak-anak ke perkemahan musim panas, dan sebagainya — akan memberi Anda rasa pencapaian yang luar biasa untuk hal-hal kecil yang mungkin luput dari perhatian, kecuali Anda meluangkan waktu untuk menuliskannya.

Anda dapat melakukannya dengan cara membuat jurnal singkat sehingga tidak terlalu bertele-tele atau memakan waktu. Tapi ini benar-benar membantu Anda merasa lebih baik tentang bagaimana Anda menghabiskan hari atau minggu Anda. Dan rasa pencapaian ini dapat mencegah Anda merasa terlalu lelah.

6. Luangkan waktu istirahat

Ya, Anda bisa beristirahat! Saat kita bersama anak-anak dan segala sesuatunya membuat frustrasi (mulai dari pekerjaan rumah, kaus kaki yang hilang, hingga kamar tidur yang berantakan), kita sering kali kesulitan melepaskan diri dari masalah yang sedang dihadapi. 

Jadi, catat untuk diri sendiri: Saat Anda menyadari bahwa Anda bertengkar dengan anak Anda, katakan dengan lantang, "Ibu akan mengambil waktu istirahat karena saya merasa frustrasi. Saat saya sudah tenang, saya akan kembali untuk menyelesaikan pembicaraan ini." 

Ini cocok untuk Anda karena Anda dapat meninggalkan ruangan dengan niat (untuk menenangkan diri) sambil mencontohkan keterampilan manajemen stres yang sehat kepada anak Anda.

Selama waktu istirahat, Anda harus fokus untuk menarik napas dalam-dalam beberapa kali dan menenangkan diri. Saat Anda kembali kepada anak Anda, Anda akan menemukan bahwa waktu yang Anda habiskan jauh akan tergantikan dengan melakukan percakapan yang jauh lebih efektif.

7. Ubah rutinitas Anda

Salah satu masalah dalam hidup kita yang dapat memicu kelelahan adalah perasaan seperti kita terjebak dalam kebiasaan. Ketika para ibu merasa bahwa mereka bangun pagi, memasak, membersihkan, mengurus kebutuhan anak, bekerja, dan melakukan hal yang sama setiap hari, mereka dapat kehilangan rasa gembira dalam hidup mereka.

Gagasan bahwa hidup kita dapat diprediksi dan kurang menyenangkan membuat para ibu bertanya, "hanya ini saja?" Jadi, pastikan bahwa setiap minggu Anda sedikit mengubah segalanya.

Hal-hal sederhana — seperti mengubah apa yang Anda masak untuk makan malam, rute perjalanan Anda ke sekolah anak-anak Anda, pergi makan siang dengan teman-teman yang berbeda, dan bersikap spontan kapan pun memungkinkan — dapat sangat membantu mencegah burnout.

8. Makan dengan baik

Ini adalah nasihat lain yang sering kita dengar tapi sulit untuk dilakukan. Sangat membantu jika Anda mengisi pikiran dan tubuh Anda dengan makanan utuh yang sehat, daripada mengemil sisa makanan anak-anak Anda atau makan keripik untuk melewati sore hari.

Lonjakan dan penurunan gula darah itu sangat nyata. Bagi banyak dari kita, penurunan kadar gula darah ini terjadi tepat saat kita menjemput anak-anak kita dari sekolah, yang menyebabkan kita merasa lelah dan mudah tersinggung. 

Jadi, dari perspektif menjaga suasana hati yang positif dari sarapan hingga makan malam, cobalah makan makanan kaya protein untuk membantu kemampuan Anda mengatasi stres hari itu.

9. Luangkan waktu tanpa teknologi setiap hari

Penelitian semakin menunjukkan kepada kita bahwa paparan media sosial, terus-menerus berbelanja daring, dan bekerja sepanjang hari di depan layar dapat merusak kesejahteraan kita. Semakin sering Anda melihat halaman Facebook atau Instagram orang lain, semakin buruk perasaan Anda terhadap diri sendiri, anak-anak, atau hidup Anda.

Jadi, bantulah diri Anda sendiri dan batasi waktu yang Anda habiskan untuk online. Jika mengikuti akun media sosial seseorang membuat Anda merasa buruk tentang diri sendiri, pertimbangkan untuk tidak mengikutinya lagi. Meskipun kita lebih terhubung secara daring, kita kurang bersosialisasi dengan orang lain di kehidupan nyata daripada sebelumnya.

Luangkan waktu yang biasanya Anda habiskan untuk menelusuri umpan media sosial tanpa berpikir dan terhubunglah dengan seseorang yang Anda cintai atau ingin Anda kenal lebih baik. Atur panggilan telepon atau makan malam, dan lakukan percakapan nyata. Ini akan membantu mengurangi stres dan kejenuhan Anda.

10. Ingatlah bahwa ini adalah tahapan — ini akan berubah

Jika Anda memiliki anak kecil dan terus-menerus membersihkan rumah, kurang tidur, atau selalu emosi, penting untuk diingat bahwa ini akan berlalu. Jika Anda memiliki anak remaja yang memutar mata ke arah Anda dan membanting pintu, ini juga merupakan tahap.

Ingat bahwa hidup terus berubah. Ketika kita stres, hari-hari tidak selalu terasa cepat berlalu dan harapan dapat mulai memudar.

Jadi ingatlah: Anak-anak Anda akan tumbuh dan berkembang, rutinitas harian Anda akan berubah, dan kembali menjadi seorang wanita, teman, saudara perempuan, pelari, atau anak perempuan — di luar sekadar menjadi "ibu Budi" — akan kembali, seperti halnya mendefinisikan ulang tujuan hidup Anda.

Pilihan Editor: 10+ List Kado untuk Ibu Melahirkan yang Bisa Terus Digunakan

YOUR TANGO 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."