Begini Cara Bepergian ke Macau dari Hong Kong dengan Naik Kapal Feri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Macau Tower atau Menara Macau. Unsplash.com/Chris Wu

Macau Tower atau Menara Macau. Unsplash.com/Chris Wu

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat berlibur ke Hong Kong, wisatawan juga bisa mengunjungi Macau. Hong Kong identik dengan wisata belanja, kehidupan serba cepat, dan gedung-gedung tinggi, Macau menawarkan suasana berbeda. Tidak hanya dikenal dengan kasino yang mewah, Macau juga menawarkan wisata sejarah dan budaya yang merupakan perpaduan Barat dan Timur.

Secara geografis jarak dari Hong Kong ke Macau hanya satu jam. Jadi jika ingin mengunjungi Macau dari Hong Kong, berikut ini tips perjalanan serta cara berpergian yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman Lifestyle Asia.

Yang Perlu Disiapkan

Hal yang paling penting saat perjalanan dari Hong Kong ke Macau adalah paspor. Sebab Anda akan melalui proses imigrasi, seperti saat bepergian ke negara lain. Saat di Macau, mata uang dolar Hong Kong tetap diterima.

Tapi saat membeli sesuatu di Macau, kembaliannya dalam mata uang Macau, pataca. Jadi pastikan menghabiskan semua uang pataca saat berada di Macau, karena begitu meninggalkan Macau tidak dapat menukarkannnya kembali. 

Untuk waktu terbaik mengunjungi Macau adalah dari bulan Oktober hingga Desember karena cuacanya sejuk. Musim semi (Maret hingga April) juga dianggap ideal untuk bepergian ke sana demi masa inap yang nyaman dan ramah bagi wisatawan.

Cara bepergian ke Macau dari Hong Kong dengan Kapal Feri

Sebagian besar warga Hong Kong, memilih kapal feri untuk bepergian ke Macau.  Ada tiga terminal utama di Hong Kong untuk menaiki feri yang menuju Macau, yaitu, di Pulau Hong Kong, di Kowloon, dan di samping Bandara Internasional Hong Kong.

Pilih rute dan operator antara TurboJET atau Cotai Water Jet, setelah mendapatkan tiket, pastikan menyelesaikan pemeriksaan imigrasi sebelum naik ke kapal. 

Jadwal feri TurboJET dan Cotai Water Jet berangkat setiap 30 hingga 60 menit sampai tengah malam. Biasanya wisatawan memilih terminal feri Hong Kong Macau yang terletak di Shun Tak Centrem di Sheung Wan. Terminal ini merupakan terminal feri terbesar dan utama dari dan ke Macau. 

Jika memiliki tiket pulang pergi Hong Kong dan ingin langsung mengunjungi Macau, dapat naik feri dari terminal Sky Pier di Bandara Internasional Hong Kong. Tapi ingat kalau tidak memiliki tiket pesawat atau paspot yang masih berlaku, tidak bisa naik feri dari Macau ke terminal ini. 

Sedangkan terminal feri Hong Kong China yang terletak di Canton Road, Tsim Sha Tsui, Kowloon hanya ada Cotai Water Jet yang mengoperasikan feri dari Hong Kong ke Macau. Tapi jumlah perjalanannya lebih sedikit daripada dua terminal lainnya.   

Perjalanan dari terminal feri Hong Kong akan mengantar wisatawan ke salah satu dari dua terminal di Macau. Terminal Feri Pelabuhan Luar Macau yang lebih dekat ke pusat kota, dan terminal Taipa, yang tepat di sebelah Bandara Internasional Macau. Pastikan memilih tujuan dengan benar karena kedua terminal tersebut letaknya cukup berjauhan.

Tiket kapal feri bisa dibeli di terminal atau memesan tiket secara daring. Sementara harga tiket kapal feri secara umum adalah dari Hong Kong/Kowloon ke Macau untuk satu kali perjalanan senilai 160 hingga 175 dollar Hong Kong atau sekitar Rp 318 ribu hingga Rp 348 ribu untuk siang hari.

Jika malam hari harga tiketnya 200 dollar Hong Kong atau sekitar Rp398 ribu. Sedangkan dari Bandara Hong Kong ke Macau sekitar 270 dollar Hong Kong atau sekitar Rp527 ribu untuk perjalanan siang hari, dan 300 dollar Hong Kong atau sekitar Rp597 ribu untuk perjalanan malam hari.

Pilihan Editor: Berwisata ke Macau, Temukan Barang Antik hingga Kue Khas Portugis

NIA PRATIWI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."