Benarkah Konsumsi Minuman Kolagen Bisa Bikin Kulit Wajah Sehat?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi minuman berkolagen. wpengine.netdna-cdn.com

Ilustrasi minuman berkolagen. wpengine.netdna-cdn.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMinuman kolagen memiliki manfaat tersendiri. Butuh asupan protein cepat? Tambahkan satu sendok krimer kolagen ke kopi pagi Anda. Ingin memberi otot Anda sedikit cinta setelah latihan keras? Minum smoothie yang mengandung kolagen untuk membantu perbaikannya. 

Namun, apakah rutin minum kolagen bermanfaat bagi kulit Anda? Mari kita bahas lebih dalam. Kami meminta tiga dokter kulit dan seorang ahli gizi untuk memberi tahu kami tentang manfaat satu sendok kolagen bagi kulit, cara memasukkannya ke dalam rutinitas Anda, dan apakah mengonsumsi kolagen menimbulkan risiko.

Apa itu Kolagen?

"Kolagen adalah protein yang dibuat secara alami di dalam tubuh dan merupakan fondasi kulit, rambut, dan tulang kita. Kolagen berperan untuk membuat kulit wajah sehat, awet muda, dan glowing," kata Kayleigh Christina, ahli gizi holistik dan salah satu pendiri CLEARSTEM Skincare.

Singkatnya, protein superstar dianggap sebagai perancah yang menyatukan tubuh. Khususnya di kulit, kolagen membantu membentuk jaringan serat, sehingga sel-sel kulit baru dapat tumbuh. Dengan bantuan elastin, kolagen menjaga kulit tetap montok dan awet muda. Berikut fakta menarik: kata "kolagen" berasal dari kata Yunani "kólla" yang berarti lem.

Bagaimana Suplemen Kolagen Bekerja? Teori di balik suplemen kolagen yang dapat diminum atau ditelan adalah bahwa suplemen tersebut dapat meningkatkan kolagen tubuh kita dan meningkatkan produksinya, yang menghasilkan peningkatan kualitas kulit, manfaat anti-penuaan, dan manfaat medis lainnya seperti perbaikan sendi dan otot.

Bagaimana kaitannya dengan kulit? Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen tidak hanya menurun, tetapi kualitas kolagen juga memburuk, kata dokter kulit Lindsey Zubritsky. Hal ini menyebabkan kulit kendur, garis-garis halus, dan kerutan. Gunakan suplemen kolagen, yang tersedia dalam berbagai bentuk.

Bentuk kolagen yang paling populer dalam suplemen adalah kolagen terhidrolisis. Hal ini karena kolagen memiliki berat molekul rendah dan kelarutan air yang tinggi, yang berarti kolagen dapat larut dalam minuman dan makanan dengan lebih mudah. Kolagen terhidrolisis paling sering ditemukan dalam bentuk bubuk yang dapat ditambahkan ke kopi atau smoothie.

Suplemen kolagen juga tersedia dalam bentuk gummy, kapsul, dan cair, tablet effervescent yang dapat larut dalam air, bubuk protein, bubuk super greens, dan batangan pengganti makanan. Anda mungkin juga pernah mendengar tentang kaldu tulang kolagen yang mengandung kolagen selain beberapa nutrisi lainnya.

Pilihan Editor: Tips Merawat Kulit Wajah saat Kolagen Mulai Menurun, Pakai Serum Berbahan Salisilat

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."