Demi Menjaga Kesehatan Kulit, Berikut Makanan yang Wajib Dikonsumsi sekaligus Dihindari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan sayuran. Freepik.com

Ilustrasi wanita makan sayuran. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kulit merupakan organ tubuh terbesar. Terbuat dari air, protein, lemak, dan mineral, kulit berfungsi melindungi tubuh dari kuman dan mengatur suhu tubuh. Untuk menjaga kesehatan kulit, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan termasuk makanan. Sebab makanan yang kita konsumsi berperan besar dalam mencapai dan mempertahankan kulit yang sehat.

Demi menjaga kesehatan kulit, berikut makanan yang wajib dikonsumsi sekaligus dihindari.

Makanan dan Minuman yang Wajib Dikonsumsi untuk Kesehatan Kulit

1. Buah dan Sayuran

Konsumsi buah dan sayuran secara rutin. Pilihan makanan berwarna -warni ini dapat memberi kulit semua vitamin, mineral, dan antioksidan yang diperlukan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan.

2. Protein

Konsumsi protein dalam jumlah moderat dan seimbang untuk mendukung proses perbaikan dan regenerasi kulit. Anda dapat memasukkan beberapa sumber protein tanpa lemak dalam menu makanan harian seperti tahu, ikan, kacang, dan lentil.

3. Probiotik

Makanan kaya probiotik, seperti yogurt dan kefir dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri usus yang sehat. Asupan tersebut dapat meningkatkan kesehatan kulit.

4. Air dan Teh Hijau

Selain makanan, pilihan minuman juga berperan besar dalam menjaga kesehatan kulit. Pastikan Anda minum air minimal delapan gelas dalam sehari.

Pertimbangkan juga konsumsi teh hijau. Minuman ini akan membantu mendetoksifikasi tubuh dari dalam dan meningkatkan cahaya kulit. Minum teh hijau dapat meningkatkan kesehatan kulit dan melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari

1. Gula dan Makanan Olahan yang Berlebihan

Konsumsi makanan tinggi gula dan makanan olahan dapat berkontribusi pada masalah kulit seperti jerawat dan penuaan dini. Sebagai gantinya, konsumsi untuk makanan utuh dan tidak diproses demi menjaga kesehatan tubuh, termasuk kulit.

2. Batasi Konsumsi Susu

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara konsumsi susu dan jerawat, terutama dengan produk susu non-organik. Jika Anda berjerawat, pertimbangkan mengurangi asupan susu atau beralih ke alternatif susu nabati seperti susu almond atau oat.

3. Batasi Kafein

Perlu kita ketahui bersama kafein yang berlebihan dapat merusak kulit. Jika Anda mengonsumsi kafein, seimbangkan dengan banyak air sepanjang hari untuk menjaga kulit terhidrasi.

4. Batasi Alkohol atau Rokok 

Konsumsi alkohol atau merokok bisa memicu dehidrasi kulit dan merusak kemampuan tubuh untuk menyiram racun. Moderasi adalah kuncinya; Pilihlah minuman menghidrasi seperti air atau teh herbal bila memungkinkan.

Itulah sederet makanan dan minuman yang wajib dikonsumsi sekaligus dihindari untuk mendukung kesehatan kulit.

Pilihan Editor: 8 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi setelah Olahraga

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."