Kenang Sosok Faisal Basri, Sri Mulyani: Bang Faisal Ingin Indonesia Maju dan Bebas Korupsi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Sri Mulyani melayat Faisal Basri, Kamis, 5 September 2024. Foto: Instagram/@smindrawati.

Sri Mulyani melayat Faisal Basri, Kamis, 5 September 2024. Foto: Instagram/@smindrawati.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melayat ke kediaman pakar ekonomi, Faisal Basri, Kamis, 5 September 2024. Sore harinya, Sri Mulyani mengunggah foto-foto Faisal Basri, foto bersama saat mereka mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, hingga suasana rumah duka.

Sri Mulyani tampak terpukul dengan kepergian sang sahabat. Dengan memakai kerudung putih corak hitam serta blus hitam putih, Sri Mulyani menyapa keluarga hingga membacakan surat Yasin di depan jenazah Faisal Basri.

Dalam keterangan fotonya, Sri Mulyani menceritakan tentang sosok Faisal Basri. "Subuh tadi saya mendapat berita duka cita. Sahabat dan kawan lama saya sejak di FEUI (sekarang FEB-UI) Bang Faisal Basri telah berpulang dipanggil kembali oleh Sang Pencipta. Duka cita saya yang mendalam," tuturnya memulai paragraf.

Sri Mulyani mengenal Faisal Basri pada awal 1980-an, sebagai asisten dosen mata kuliah Perekonomian Internasional, lalu mereka bersama menjadi peneliti di Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat atau LPEM-FEUI.

Sri Mulyani mengunggah foto saat kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia bersama Faisal Basri, Kamis, 5 September 2024. Foto: Instagram/@smindrawati.

Sepulang dari sekolah di Amerika Serikat, Sri Mulyani dan Faisal bersama memimpin LPEM-FEUI. Faisal sebagai Kepala LPEM dan Sri Mulyani sebagai Wakil Kepala Bidang Diklat periode 1993-1995. 

"Saya kemudian menggantikan Bang Faisal sebagai Kepala LPEM, dan Bang Faisal berkarier di luar Kampus dengan mendirikan INDEF," ucap Sri Mulyani. 

Di Era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, awal tahun 2000, Faisal dan Sri Mulyani ditunjuk menjadi staf Widjojo Nitisastro dan Ali Wardhana sebagai Penasihat Ekonomi Presiden. Tugas mereka terutama dalam proses negosiasi Paris Club dan IMF Program.

"Bang Faisal selalu sangat passionate bekerja dan berbicara dengan hati, karena kecintaannya yang luar biasa kepada Indonesia. Bang Faisal ingin Indonesia maju dan bebas korupsi, dan selalu tergerak berjuang bila melihat ketidak-adilan. Pemikiran, peran, dan posisi Bang Faisal tidak pernah berubah, konsisten, jujur, tegas, dan bekerja sepenuh hati" kenang Sri Mulyani.

Dia mengaku selalu menghargai pandangan dan kritikan Faisal, karena dia tahu Faisal selalu punya niat yang baik, tulus, dan jujur untuk memperbaiki Indonesia. "Kita dan Indonesia kehilangan sosok dan suara jujur itu... Selamat jalan Bang Faisal. Semoga jalanmu kembali kepada Allah SWT Sang Pencipta yang penuh kasih dan sayang dimudahkan dipenuhi rahmat dan hidayah dan diridhoi-Nya."

Sri Mulyani berdoa semoga amal kebaikan dan sumbangannya bagi Indonesia mendapat balasan terbaik dari Sang Pencipta. Dia pun mengucapkan selamat beristirahat dengan tenang dan damai di sisi-Nya. Sebuah akhir perjalanan yang Insha Allah husnul khotimah.

Sri Mulyani juga berharap keluarga yang ditinggalkan dapat diberi kesabaran, keikhlasan, dan ketabahan. Aamiin.

Pilihan Editor: Keponakan Ayu Ting Ting Meninggal, Berharap Keluarga Tabah dan Ikhlas

INSTAGRAM 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."