Sri Mulyani Takjub dengan Pesan Paus Fransiskus, Harta yang Paling Berharga Adalah Kerukunan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani saat bertemu dengan Paus Fransiskus dalam acara dialog lintas iman, Kamis, 5 September 2024/Foto: Instagram/Sri Mulyani

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani saat bertemu dengan Paus Fransiskus dalam acara dialog lintas iman, Kamis, 5 September 2024/Foto: Instagram/Sri Mulyani

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Momen hangat acara dialog lintas iman bersama Paus Fransiskus menorehkan kesan mendalam. Salah satunya Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani yang juga berkesempatan datang di acara dialog lintas iman dengan Paus Fransiskus. 

"Pagi tadi berkesempatan hadir di Dialog Lintas Iman bersama dengan Yang Mulia Sri Paus @franciscus dan Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA. Ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Kunjungan Apostolik Sri Paus Fransiskus ke Indonesia beberapa hari ini," tulis Sri Mulyani di keterangan unggahan foto. 

Menurut Sri Mulyani, tempat dialognya cukup spesial yakni Masjid Istiqlal dan Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga yang kini tersambung melalui sebuah terowongan persahabatan. Simbol yang bermakna dua tempat ibadah agung tidak hanya berhadapan satu sama lain, namun juga saling terhubung. Manifestasi nyata persaudaraan lintas iman masyarakat Indonesia.

Sri Mulyani pun takjub dengan sederet pesan yang disampaikan Paus Fransiskus. Menurutnya begitu dekat dan relevan bagi kita semua. "Pertama, untuk senantiasa melihat secara mendalam agar kita dapat menemukan apa yang menyatukan semua dibalik segala perbedaan. Memahami apa yang mengalir di dalam kehidupan kita, menemukan bahwa kita semua adalah saudara di bumi ini," tulisnya. 

Kedua, untuk senantiasa menjaga ikatan. Jangan mau dipecah belah hanya karena doktrin dan dogma yang berbeda-beda. Perbedaan justru ada agar kita saling mengenal, saling membangun jembatan persahabatan, bersama-sama membela martabat manusia dalam mencapai perdamaian.

"Harta yang paling berharga bagi sebuah bangsa adalah kemauan agar perbedaan tidak menjadi alasan untuk bertikai, tetapi diselaraskan dalam kerukunan dan rasa saling menghormati," lanjutnya. 

Tidak lupa Sri Mulyani juga merapalkan ucapan terima kasih atas pesan-pesan dalam pertemuan lintas keimanan yang sangat menyejukkan. "Terima kasih atas pesan-pesan dalam pertemuan lintas keimanan yang sangat menyejukkan ini, Yang Mulia Sri Paus," tulisnya. 

Paus Fransiskus soal Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral

Paus Fransiskus bersalaman dengan Yenny Wahid dan Sinta Nuriyah saat berfoto bersama setelah pertemuan antaragama dengan para pemimpin agama di Masjid Istiqlal di Jakarta, Indonesia pada 5 September 2024. YASUYOSHI CHIBA/Pool via REUTERS

Pemimpin umat Katolik Paus Fransiskus, mengatakan Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal- Gereja Katedral Jakarta merupakan simbol persaudaraan nyata bangsa Indonesia. Ia menilai, terowongan itu memungkinkan perjumpaan, dialog, dan membagikan pengalaman spiritual untuk hidup bersama.

"Dapat menjadi pengalaman nyata persaudaraan dalam iring-iringan solidaritas, peziarahan suci," kata Fransiskus saat memberikan sambutan dalam kunjungannya di Masjid Istiqlal, Kamis, 5 September 2024.

Fransiskus mendorong, bangsa Indonesia untuk melanjutkan jalan ini. Sehingga, masyarakat Indonesia bisa mengembangkan spiritualitasnya dan mengamalkan agamanya. Pun, dapat berjalan mencari Allah dan memberikan sumbangsih bagi pembangunan masyarakat yang didirikan atas dasar sikap saling menghormati dan mengasihi.

"Dan bisa mampu melindungi diri dari fanatisme, fundamentalisme dan ekstrimisme, yang selalu berbahaya dan tak pernah dapat dibenarkan," kata Fransiskus. 

Menurut Fransiskus, hal itu bukan sekedar formalitas, melainkan jalan persahabatan masyarakat Indonesia yang didukung para pemimpin sipil dan para pemimpin agama yang berbeda. Akhirnya, semua ini menjadi mungkin karena karakter luhur dari bangsa Indonesia.

Pilihan Editor: Agenda Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia: Bertemu Tokoh Agama dan Misa Suci di GBK

RIDIAN EKA SAPUTRA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."