Tips Tampil Anggun dengan Kebaya dari Didiet Maulana: Utamakan Kenyamanan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Perancang busana Didiet Maulana akan meluncurkan buku Kisah Kebaya pada 24 Februari 2021. Instagram/@kisahkebayabydm

Perancang busana Didiet Maulana akan meluncurkan buku Kisah Kebaya pada 24 Februari 2021. Instagram/@kisahkebayabydm

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perancang busana Didiet Maulana memberi tips dalam memakai kebaya untuk berbagai kesempatan. Menurut Didiet, sekarang kebaya sudah banyak pilihannya dan bisa digunakan tidak hanya untuk acara formal tapi juga kasual. 

"Untuk kasual bisa pilih bahan yang menyerap keringat kemudian bisa disesuaikan mau dipakai outdoor atau indoor, sehingga buat saya sih yang utama adalah kenyamanan," kata Didiet Maulana yang dikutip dari video Reels Instagram @indonesia_kaya

Didiet menjelaskan, karena ketika orang merasa nyaman dalam berkebaya maka tampilannya akan terlihat anggun. "Maka tampilannya itu akan terlihat indah karena dia bahagia dari inner-nya," ucap Didiet yang banyak merancang kebaya pernikahan.

Dia mengajak wanita Indonesia mengembalikan tren fashion Indonesia dengan berkebaya. "Saya punya impian agar kebaya itu bisa menjadi ciri khas dari busana Nasional Indonesia seperti halnya kimono di Jepang dan sari di India," tuturnya.

Sejumlah model berpose menggunakan busana kebaya di Museum Nasional, Jakarta, Selasa, 16 Juli 2019. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Komunitas Perempuan Berkebaya yang bertujuan untuk melestarikan busana kebaya bagi masyarakat Indonesia. TEMPO/Muhammad Hidayat

Dikutip dari Antara, Didiet juga mengatakan bahwa memadu-padankan kebaya tradisional dengan menambahkan sentuhan modern adalah cara yang cukup efektif untuk mengenalkan kebaya ke khalayak luas termasuk generasi muda Indonesia.

"Kebaya sekarang bukan hal formil, ada banyak bentuk inspirasi kebaya saat ini. Misalnya dengan tidak mengenakan kain (tradisional, untuk bawahan) dan malah dipadukan dengan celana, lalu lebih kasual," kata Didiet dalam peluncuran buku "Kisah Kebaya", yang dihelat secara virtual, 2021 lalu.

Ketika disinggung mengenai bagaimana minat dan peran anak muda Indonesia dalam menggunakan kebaya dan kain tradisional, Didiet menilai generasi muda Tanah Air mampu mengenalkan kedua produk tekstil kebanggaan negeri lebih luas lagi.

"Banyak gerakan anak-anak muda yang inspiratif lewat TikTok dan platform media sosialnya dengan memakai kebaya dan kain (tradisional). Saya optimis bahwa Indonesia mudah-mudahan bisa mengenal diri sendiri dan tidak mengagungkan negara lain," kata Didiet.

"Banyak pula influencer muda yang tulus dan suportif untuk memajukan budaya Indonesia. Jika semakin banyak yang mempopulerkannya, maka akan semakin kita melihat kalau hal itu relevan dengan kita. Mulai dari yang simpel, kita bisa lakukan banyak modifikasi," imbuhnya.

Pilihan Editor: 5 Gaya Fashion Hetty Andika Perkasa Memakai Kebaya, Cantik dan Anggun

ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."