Profil Scarlett Johansson yang Masuk dalam Daftar TIME100 AI 2024

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Aktris Scarlett Johansson saat menghadiri penayangan perdana film Marriage Story dalam Toronto International Film Festival (TIFF) di Toronto, Ontario, Kanada, 8 September 2019. Peran Scarlett Johansson dalam film Marriage Story merupakan penampilannya yang terbaik dibandingkan perannya dalam sebagai Natasha Romanoff di serial Film Marvel. REUTERS/Mark Blinch/File Photo

Aktris Scarlett Johansson saat menghadiri penayangan perdana film Marriage Story dalam Toronto International Film Festival (TIFF) di Toronto, Ontario, Kanada, 8 September 2019. Peran Scarlett Johansson dalam film Marriage Story merupakan penampilannya yang terbaik dibandingkan perannya dalam sebagai Natasha Romanoff di serial Film Marvel. REUTERS/Mark Blinch/File Photo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Majalah TIME telah merilis edisi kedua dari daftar TIME100 AI, yang menyoroti 100 orang berpengaruh yang membentuk masa depan kecerdasan buatan atau artificial inteligence. Di antara nama-nama terkenal tahun ini adalah aktris Hollywood Scarlett Johansson.

Bintang tersebut mendapat penghargaan atas pendiriannya yang tegas terhadap penggunaan AI yang tidak sah untuk meniru suara, gambar, dan rupa dirinya. Daftar tersebut, yang menghormati para pelopor, regulator, dan juru kampanye AI, mencakup mereka yang mengadvokasi peraturan yang lebih ketat untuk mencegah penyebaran gambar dan deepfake yang dihasilkan AI tanpa persetujuan.

Pencantuman Johansson muncul setelah pertikaian publiknya dengan OpenAI, yang meningkat ketika perusahaan tersebut diduga merilis suara yang sangat mirip dengannya untuk chatbot mereka, ChatGPT, meskipun ia menolak untuk bekerja sama. Tim hukum Johansson segera menangani masalah tersebut, menuntut penghapusan suara tersebut. 

Meskipun OpenAI membantah melakukan kesalahan, mengklaim suara itu milik aktor lain, perusahaan itu akhirnya menghapus bot tersebut setelah mendapat reaksi keras. Kasus Johansson telah menyoroti kekhawatiran yang lebih luas tentang perlindungan identitas di era replikasi AI yang merajalela, dengan majalah TIME menggambarkannya sebagai "tokoh publik paling terkemuka dalam kontingen yang sedang naik daun yang menyuarakan kekhawatiran tentang pertumbuhan dan taktik keamanan perusahaan."

Menanggapi insiden tersebut, Senator AS Brian Schatz menyerukan regulasi yang lebih ketat, memperkenalkan undang-undang yang bertujuan untuk mendidik masyarakat tentang mengidentifikasi deepfake dan memastikan perlindungan suara dan rupa individu di era digital. Advokasi Johansson menggarisbawahi meningkatnya kebutuhan akan perlindungan hukum seiring dengan terus berkembangnya AI.

Profil Scarlett Johansson Berakting Sejak Usia Dini

Scarlett Johansson. Instagram.com/@frankieboyd

Scarlett Johansson dikenal publik berkat perannya dalam Marvel Cinematic Universe, terkhusus Avengers, sebagai Black Widow berulang tahun ke-38 tahun pada hari ini, Selasa, 22 November 2022. 

Dikutip dari situs Biography, Scarlett Johansson lahir di New York City pada 22 November 1984. Ia diketahui memiliki darah seni dari keluarga besarnya. Salah satu kakinya berasal dari Denmark dan bekerja sebagai penulis skenario sekaligus sutradara. Sementara itu, ibunya diketahui bekerja sebagai produser.

Minat Johansson dalam dunia seni peran telah sejak ia berusia delapan tahun. Kala itu, ia berperan dalam sejumlah teater Broadway di Amerika Serikat. 

Alhasil, minat tersebut mengantarkan Johansson untuk bersekolah di PCS Manhattan, lembaga pendidikan swasta yang terkenal dengan sejumlah alumni aktor dan aktris kenamaan, seperti Carrie Fisher, Rita Moreno dan Sarah Michelle Gellar. 

Scarlett Johansson telah memulai karier profesionalnya sebagai pemeran utama saat berusia 13 tahun. Dalam usia masih belia ini, ia berperan sebagai Grace MacLean dalam film The Horse Whisperer (1998). Film ini pun dikabarkan mendapatkan apresiasi kritis dari sejumlah figur penting dalam perfilman Hollywood.

Sebelumnya, Johansson juga pernah tercatat beradu peran dengan Elijah Wood, pemeran Frodo Baggins dalam serial fantasi legenda Lord of the Rings. Keduanya sempat bermain dalam film komedi keluarga, North (1994).

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."