12 Kebiasaan Kerja yang Terasa Menyenangkan, Bikin Cepat Naik Jabatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita karier. Shutterstock.com

Ilustrasi wanita karier. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebanyakan dari kita kembali ke rutinitas kerja dan ekspektasi diri minggu ini. Namun kita mungkin membuat semuanya tampak begitu serius, membosankan, dan penting. 

Hanya karena pekerjaan adalah 'pekerjaan' tidak berarti itu harus menjadi perjuangan. Kita memiliki pilihan untuk membuatnya lebih menyenangkan. Kita harus membuat pekerjaan yang kita lakukan untuk mencari nafkah menjadi menyenangkan.

Berikut adalah 12 kebiasaan kerja yang menyenangkan dan akan membuat Anda cepat naik jabatan, menurut psikologi:

1. Lakukan tugas biasa yang tidak dilakukan orang lain

Hanya memposisikan pikiran kita untuk benar-benar 'memahami' gagasan bahwa menikmati sesuatu membantu kita meningkatkan kinerja kita dalam hal itu sangatlah penting. Anda tidak bisa mengalahkan orang yang bersenang-senang. Hal itu tidak harus berupa meniup balon karakter di pesta ulang tahun.

Itu bisa berupa sesuatu yang biasa saja seperti menyapu teras depan. Sementara semua orang terburu-buru dan memaksakan diri untuk bekerja, Anda tahu kekuatan bersenang-senang. Ini sendiri merupakan kekuatan yang luar biasa.

2. Pilih untuk menikmati pekerjaan Anda, bahkan jika Anda tidak menyukainya

Kesenangan adalah sebuah pilihan. Penelitian dari Universitas Chicago tentang tingkat kinerja yang optimal menyimpulkan bahwa kebahagiaan adalah keadaan internal. 

Individu ditemukan paling kreatif, produktif, dan bahagia saat berada dalam kondisi flow. Flow adalah "kondisi saat orang begitu terlibat dalam suatu aktivitas sehingga tidak ada hal lain yang penting; pengalaman itu begitu menyenangkan sehingga orang akan terus melakukannya bahkan dengan biaya tinggi, hanya demi melakukannya.

3. Tunjukkan kemampuan Anda

Hal-hal menjadi jauh lebih menyenangkan saat Anda telah menunjukkan diri Anda mampu melakukan suatu tindakan. Pikiran tidak perlu membeda-bedakan tindakan seperti apa. 

Itu adalah arah yang kita cari. Lakukan saja sesuatu, dan saat Anda melakukannya, Anda akan menyadari bahwa Anda dapat menikmati diri sendiri.

4. Jangan hanya mengikuti arus

Hal ini masuk akal saat Anda menyadari bahwa kesenangan adalah kondisi bawaan alami kita saat kita membiarkan penilaian mereda. 

Kita tidak menikmati diri sendiri saat kita mencaci, mengkritik, dan melawan. Semua ini akan hilang begitu saja saat kita merasa baik-baik saja dengan apa yang kita lakukan.

5. Nikmati pekerjaan Anda

Meningkatkan kesadaran Anda melalui kehadiran sangatlah hebat. Namun, kita juga dapat menghadirkan sedikit kesengajaan pada kesenangan yang kita miliki dalam pekerjaan yang kita rancang. 

Alih-alih terjebak dalam kesibukan, dapatkah Anda merancang hari Anda sehingga Anda hampir pasti akan menikmatinya?

Seperti apa sesi kerja yang menyenangkan? Anda punya jawabannya. Rencanakan dengan penuh kesengajaan, dan Anda mungkin akan terkejut dengan apa yang Anda temukan.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan memiliki efek moderasi pada hubungan antara kesenangan di tempat kerja dan kesenangan yang dialami. Hipotesis ini didukung dalam penelitian lain, yang melaporkan bahwa kepercayaan interpersonal berdampak signifikan pada hubungan antara aktivitas menyenangkan di tempat kerja dan kesenangan yang dialami.

6. Manfaatkan kelebihan Anda

Banyak dari kita berjuang karena kita kelebihan beban. Sebagian besar dari kita bahkan tidak menyadari bahwa kita telah mengambil terlalu banyak pekerjaan karena semua orang melakukannya, dan kita tidak dapat berkata tidak. Saya mengerti. Semakin sulit untuk fokus pada hal-hal yang lebih sedikit.

Kita mengerjakan lebih banyak hal, secara keliru mengaitkan lebih banyak hal dengan hal-hal baru yang menarik dan kehidupan yang lebih baik. Namun, apakah kehidupan Anda membaik dengan melakukan lebih banyak hal? Anda tahu itu tidak benar. 

Anda akhirnya mengabaikan hal-hal yang membutuhkan waktu dan perhatian Anda karena Anda tidak dapat membatasi diri. Kreativitas dan kegembiraan muncul dari hal-hal yang lebih sedikit.

Batasi diri Anda dan fokuslah pada hal-hal kecil yang memaksimalkan keterampilan dan bakat Anda. Itulah cara menemukan kepuasan sejati dalam pekerjaan Anda.

7. Jangan takut akan ketidaksempurnaan

Sungguh gila betapa tidak menyenangkannya pekerjaan kita karena rasa takut akan ketidaksempurnaan. Inilah sebabnya kita harus membebaskan diri dari ketidaksempurnaan. Terutama pada tahap awal proses Anda, berikan ruang untuk sampah.

8. Teruslah produktif

Ketika kita menetapkan target yang lebih tinggi dan melipatgandakan tindakan kita untuk mencapainya, kita mungkin akan mengerjakan lebih banyak pekerjaan, tapi kemungkinan kita untuk berhasil akan meningkat pesat.

Misalnya, daripada menulis dan menerbitkan satu artikel seminggu, bagikan satu artikel setiap hari. Dengan begitu, Anda akan melihat hasil dan pendapatan lebih cepat dari usaha Anda.

Anda akan melihat dampak yang Anda buat hanya dengan melakukan lebih banyak hal secara langsung. Tidak hanya itu. Ketika kita berkomitmen untuk menghasilkan lebih banyak (hal-hal yang tepat), kita tidak dapat menahan diri untuk tidak keluar dari pikiran kita dan lebih menikmati prosesnya.

9. Ambil risiko

Kebanyakan dari kita bermain terlalu aman. Kita ragu-ragu, dan kurangnya semangat mencemari etos kerja kita. Sebelum kita menyadarinya, kemalasan telah menggantikan keraguan, dan kita telah menjadi siput manusia amuba yang tinggal di sofa.

Jalan pintas terbaik untuk bersenang-senang adalah dengan menjadi sedikit (tidak gegabah) bodoh. Bodoh karena tidak ada yang aneh terjadi ketika yang Anda lakukan hanyalah hal-hal yang masuk akal. 

Tidak ada yang pasti, jadi jangan mengaku berpikir Anda tahu segalanya. Tidak seorang pun dari kita yang tahu. Singkirkan diri Anda dan ambil langkah pertama, bahkan jika Anda tidak tahu semua jawabannya.

10. Ingatkan diri Anda sendiri tentang alasan Anda melakukannya

Sering kali, hal yang menghentikan banyak dari kita untuk mengambil tindakan berani adalah mengetahui — dengan jelas — mengapa kita melakukan apa yang kita lakukan. 

Tidak hanya itu — apa yang hebat tentang apa yang kita lakukan? Apa tujuannya? Jika ini terasa biasa saja, inilah saatnya untuk memantapkan tujuan Anda.

Anda dapat melakukannya dengan menuliskan daftar semua alasan kuat mengapa pekerjaan yang Anda lakukan itu berharga. Buatlah jelas. Berikan warna pada visi Anda lagi. Begitulah cara menemukan makna dan kegembiraan dalam pekerjaan Anda.

11. Ubah hal-hal

Jika Anda bisa, kurangi melakukan hal-hal yang menurut Anda tidak menghibur. Terkadang ini mengharuskan Anda untuk menemukannya atau mengingatkan diri sendiri mengapa pekerjaan yang Anda lakukan itu menghibur.

Namun, sebaliknya, ubahlah hal-hal tersebut sehingga Anda terhibur. Misalnya, saya jarang menulis artikel atau buku yang tidak menghibur saya saat saya menulisnya. Saya ingin tertawa kecil atau sedikit terisak saat melakukannya.

12. Ubah pekerjaan Anda menjadi permainan

Hampir semua hal yang Anda lakukan dapat diubah menjadi permainan jika Anda dapat menggali relung terdalam dari kantong tidur kreativitas Anda. Contoh mendasarnya adalah menggunakan tenggat waktu. 

Aspek menarik lainnya dari gamifikasi adalah dengan melibatkan orang lain dalam proses Anda. Tanyakan kepada orang lain tentang kemajuan Anda dan minta mereka untuk membagikan kemajuan mereka juga.

Pilihan Editor: 11 Cara Sederhana untuk Menciptakan Gaya Hidup Sehat dan Bahagia

YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."