Langkah Apa yang Perlu Dilakukan Setelah Memencet Jerawat?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi jerawat di dahi. Freepik.com/Cookie_studio

Ilustrasi jerawat di dahi. Freepik.com/Cookie_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebanyakan dari kita pernah melakukan kesalahan perawatan kulit tertentu. Termasuk lupa mengoleskan (dan mengoleskan ulang) tabir surya saat waktunya tiba, tidur dengan riasan wajah yang masih menempel, terlalu sering menyentuh wajah, dan dalam kasus orang dengan kulit yang rentan berjerawat, memencet jerawat yang mengganggu itu.

Orang-orang yang termasuk dalam kategori terakhir sering merasa cemas tentang apa yang harus dilakukan setelah memencet jerawat. Namun, seiring berjalannya waktu dan mereka belajar untuk mengabaikan bekas jerawat di wajah mereka, mereka beralih memencet jerawat berikutnya!

Artikel ini membahas semua hal tentang langkah-langkah yang harus diambil setelah Anda tidak sengaja memencet noda, mengapa disarankan untuk tidak melakukannya, cara mencegahnya, dan bagaimana cara mengobati jerawat secara efektif. Baca terus untuk mendapatkan solusi atas masalah Anda.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Memencet Jerawat? 

Setelah Anda memencet jerawat dan mulai mengeluarkan nanah dan mungkin juga darah, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghentikan keluarnya nanah. Cuci tangan Anda secara menyeluruh dengan sabun, lalu serap cairan tersebut dengan Q-tip atau kapas bersih.

Setelah jerawat yang terinfeksi mengering, cuci wajah Anda dengan pembersih wajah yang lembut di bawah air mengalir, pastikan kulit Anda benar-benar bersih. Tepuk-tepuk wajah hingga kering dengan handuk yang lembut dan bersih, dan tahan keinginan untuk menyentuh area yang terinfeksi.

Tenangkan area kulit dengan es batu. Anda juga dapat menindaklanjutinya dengan mengoleskan hidrokortison ke luka. Hidrokortison adalah kortikosteroid topikal yang disetujui FDA yang digunakan untuk meredakan peradangan kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Jika Anda mengoleskan salep ini, pastikan Anda membiarkannya bekerja beberapa menit sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Tutupi jerawat yang dipencet dengan plester jerawat hidrokoloid untuk melindunginya dari kontak dengan kuman. Banyak plester hidrokoloid saat ini yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, niacinamide, dan bahan-bahan yang menenangkan seperti Centella Asiatica, minyak pohon teh, dan witch hazel untuk menyembuhkan jerawat dan membantu kulit pulih lebih cepat. Meskipun Anda dapat membiarkan plester hidrokoloid menempel dengan aman selama beberapa hari, pastikan Anda setidaknya menunggu selama 6-8 jam sebelum mengelupasnya untuk hasil terbaik

Pilihan Editor: 7 Manfaat Tranexamic Acid untuk Kulit, Mengatasi Jerawat dan Flek Hitam

PINK VILLA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."