Apa Saja Kuliner Favorit Wisatawan di Korea Selatan?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ayam goreng Korea. Pixabay.com/Janyoung

Ayam goreng Korea. Pixabay.com/Janyoung

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Anda, ayam goreng salah satu di antara 15 kuliner favorit wisatawan asing di Korea. Menurut BC Card, perusahaan pemrosesan pembayaran terbesar di negara tersebut, wisatawan menghabiskan lebih banyak uang untuk makan ayam goreng selama tinggal di luar Seoul. 

Menurut BC Card, ayam goreng Korea, hidangan yang paling mewakili Daegu di Korea Tenggara, menduduki peringkat teratas dalam hal pembayaran yang dilakukan wisatawan asing untuk hidangan lokal selama tiga tahun dari 2022 hingga 2024, kata BC Card. Daegu dikenal sebagai rumah bagi sejumlah waralaba ayam goreng lokal.

Kini semakin banyak wisatawan mancanegara yang mengonsumsi makanan khas setempat dan rata-rata pengeluaran mereka untuk makanan tersebut 4,8 kali lebih tinggi dibandingkan warga Korea. Selain itu, wisatawan asing yang terbiasa menggunakan sarana transportasi ke daerah pedesaan, menghabiskan rata-rata 50 persen atau lebih untuk menyantap hidangan lokal di Korea dibandingkan dengan mereka yang tidak.

BC Card menyimpulkan, temuan mengenai (tren pengeluaran) makanan lokal menunjukkan preferensi konsumen internasional terhadap makanan Korea berubah seiring waktu.

"Kami akan berupaya keras untuk berbagi data yang relevan guna membantu pemerintah dalam meningkatkan pariwisata," penyataan BC Card, seperti dikutip dari laman Korea Times

Hidangan lainnya

Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata dan Organisasi Pariwisata Korea bersama-sama mendaftarkan 15 spesialisasi musim panas ini untuk enam wilayah di luar ibu kota negara tersebut. Daftar tersebut memuat total 33 hidangan, makanan ringan, bahan-bahan, dan minuman beralkohol yang mewakili tradisi kuliner masing-masing daerah. Sedangkan enam wilayah tersebut adalah Korea timur laut, tengah, tenggara, dan barat daya, sebelah barat Seoul, dan Pulau Jeju paling selatan negara itu.

Setelah ayam goreng Korea, jajangmyeon berada di peringkat berikutnya. Mi Cina bergaya Korea dengan saus kacang hitam itu menduduki peringkat kedua selama tiga tahun yang sama. Jajangmyeon tercatat sebagai salah satu hidangan paling representatif di wilayah barat Seoul, atau wilayah yang meliputi Provinsi Gyeonggi dan Incheon. Tak heran, karena kawasan Pecinan terbesar di Korea ada di Incheon. 

Selain jajangmyeon, hidangan dari wilayah barat Seoul lainnya, kepiting yang diasinkan dengan kecap asin menempati posisi ketiga, naik dari posisi keenam pada tahun 2022. Ada alasan khusus mengapa kepiting kecap asin termasuk favorit wisatawan. Padahal hidangan ini tidak termasuk makanan yang umum dicoba karena rasa dan penampilannya.

Dari temuan BC Card diketahui bahwa peningkatan penjualan kepiting yang direndam kecap asin terkait dengan popularitas global drama, film, dan media Korea lainnya, yang menampilkan berbagai hidangan Korea dan membangkitkan rasa ingin tahu pemirsa internasional. Di antara kuliner khas lainnya yang kurang populer di masa lalu tetapi menarik bagi wisatawan asing adalah tahu lembut dari Korea timur laut dan sup nasi babi dari Korea tenggara.

Pilihan Editor: Disebut Ayam Goreng Terenak di Dunia, Berikut Resep Ayam Karaage

NIA PRATIWI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."