Kenalan dengan Filantropis Alice Walton, Perempuan Terkaya di Dunia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Alice Walton. Foto: Alicelwaltonfoundation.org

Alice Walton. Foto: Alicelwaltonfoundation.org

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Filantropis, Alice Walton berada di peringkat teratas sebagai perempuan terkaya di dunia saat ini menurut Forbes Real Time Billionaires. Nilai kekayaan putri pendiri Walmart, Sam Walton, itu mencapai USD88,9 miliar atau sekitar Rp1.367,66 triliun.

Dengan jumlah kekayaan tersebut, Walton telah menggeser Françoise Bettencourt Meyers, pemilik perusahaan kosmetik raksasa L’Oréal, yang merupakan perempuan terkaya di dunia tahun lalu. Jumlah kekayaan Meyers saat ini sekitar USD88,1 miliar.

Setahun sebelumnya, pada tahun 2023, Alice Walton berada di posisi kedua sebagai perempuan terkaya di dunia. Lalu, di tahun 2020, dia menempati urutan teratas.

Profil Alice Walton

Perempuan dengan nama lengkap Alice Louise Walton itu lahir pada 7 Oktober 1949, di Newport, Arkansas, Amerika Serikat. Alice dikenal sangat menggunakan kekayaannya dalam aksi amal dan seni. Dia terlibat mengelola Museum Seni Amerika Crystal Bridges di Bentonville, Arkansas, yang didirikan olehnya pada tahun 2006 dan dimulai pada 2011. 

Alice juga mendirikan Alice L. Walton Foundation, yang secara signifikan menekankan peningkatan akses yang lebih baik ke seni serta kesehatan.

Yayasan Art Bridges-nya telah mencurahkan lebih dari USD377 juta sejak tahun 2016, memperoleh dan meminjamkan seni Amerika untuk lebih dari 230 museum di seluruh negeri. Selain itu, ia telah memberikan kontribusi yang signifikan lebih dari USD5 miliar untuk beberapa organisasi nirlaba keluarga.

Terlepas dari kontribusinya di bidang seni, Alice Walton juga berencana untuk membuka Sekolah Kedokteran Alice L. Walton di Bentonville pada tahun 2025. Inisiatif ini bagian dari misi keseluruhannya untuk memperkuat pendidikan dan perawatan kesehatan.

Meskipun dia tinggal di Fort Worth, di mana dia memegang beberapa properti, Alice sangat terlibat dalam upaya filantropis dan keterlibatan masyarakat dan kontribusi di kota asalnya, Bentonville.

Sebagai perempuan terkaya di dunia, Alice Walton tidak hanya menampilkan pencapaian ekonominya, tetapi juga komitmen penuh dalam kegiatan filantropi dan seni.

Pilihan Editor: 10 Komunitas Perempuan di Indonesia: Ibu Punya Mimpi hingga Perempuan Berkisah

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."